Comscore Tracker

5 Kebiasaan Buruk yang Menghalangi Tujuan Hidupmu, Logika Juga Perlu!

#IDNTimesLife Boleh bermimpi, tapi ukur usaha dan waktunya

Malas adalah hal yang manusia dan bisa hinggap pada siapa saja. Tak hanya malas, ada juga kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa menghalangimu untuk lebih produktif dan mencapai tujuan hidup.

Yuk, simak kebiasaan buruk yang menghalangi tujuan hidupmu! Semoga setelah selesai membacanya, kamu tidak melakukan lagi ya?

1. Membuat tujuan yang terlalu besar dan mustahil dicapai

5 Kebiasaan Buruk yang Menghalangi Tujuan Hidupmu, Logika Juga Perlu!pexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu tentu ingin meraih apa pun tujuan yang kamu buat. Tapi, terkadang kamu lupa untuk memikirkan estimasi waktu dan usaha untuk mencapainya.

Estimasi waktu dan usaha ini penting sehingga kamu tahu apakah tujuanmu ini mungkin atau tidak untuk kamu capai. Bermimpi itu boleh, tapi harus bisa kamu ukur agar bisa mulai mencicil melakukannya.

2. Berekspektasi bahwa dirimu bisa mencapai tujuan dengan sempurna

5 Kebiasaan Buruk yang Menghalangi Tujuan Hidupmu, Logika Juga Perlu!pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Saat berusaha mencapai tujuanmu, kamu sudah membayangkan bahwa kamu akan mencapainya dengan jalan mulus. Dilansir Verywell Mind, kenyataannya tidak seperti itu lho! Kamu pasti akan menemui jalan berliku dan penuh tantangan dalam perjalanannya.

Baca Juga: 5 Alasan Kebahagiaan Bukanlah Tujuan Akhirmu, Melainkan Proses Hidup

3. Tidak membuat perencanaan mencapai tujuan

5 Kebiasaan Buruk yang Menghalangi Tujuan Hidupmu, Logika Juga Perlu!pexels.com/Bich Tran

Saat menentukan tujuan, kamu terlalu fokus dengan tujuan itu dan tidak merencanakan secara pasti apa yang akan kamu lakukan. Padahal, merencanakan cara mencapai tujuan dengan detail itu penting. Ini agar kamu tahu harus memulai dari mana.

4. Melihat kesalahan sebagai kegagalan

5 Kebiasaan Buruk yang Menghalangi Tujuan Hidupmu, Logika Juga Perlu!pexels.com/Andrea Piacquadio

Setiap perkembangan yang kamu lalui, tidak selalu berjalan lurus. Terkadang, kamu harus mundur teratur dulu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Dilansir Inc.com, Amy Morin, Psikoterapis Berlisensi asal Florida, Amerika Serikat, menyarankanmu agar sadar bahwa kamu akan melakukan kesalahan sesekali dalam perjalanan mencapai tujuanmu. Tapi, gunakanlah itu untuk kembali pada jalur yang tepat!

5. Menyerah sebelum kamu melihat hasilnya

5 Kebiasaan Buruk yang Menghalangi Tujuan Hidupmu, Logika Juga Perlu!pexels.comAnna Shvets

Ketidaksabaran adalah salah satu musuh dari perubahan. Kamu perlu bersabar untuk sampai ke tujuanmu. Kalau kamu belum bisa melihat hasilnya, bukan berarti usahamu sia-sia. Bersabarlah dan jangan menyerah untuk sampai ke titik akhir!

Itu dia beberapa kebiasaan buruk yang menghalangi tujuan hidupmu. Jadi, jangan menyerah dan mulailah perencanaannya dengan baik ya!

Baca Juga: 5 Alasan Hidup Tanpa Tujuan Jelas Gak Melulu Menakutkan, Lebih Seru!

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya