Comscore Tracker

5 Manfaat Menyendiri dan Jadi Pribadi Apa Adanya, Lebih Produktif!

#IDNTimesLife Menyendiri bukan berarti sendirian

Saat berhubungan dengan orang lain, mungkin kamu sering kali tidak menjadi dirimu yang apa adanya. Lantas, kamu lupa bagaimana rasanya menjadi pribadimu yang sesungguhnya.

Namun, jadi diri sendiri itu penting. Kamu harus bisa menyeimbangkan kebutuhan sosial dan dirimu sendiri. Menyendiri dan memberi waktu relaksasi juga bisa membuatmu lebih mengembangkan dirimu. Yuk, simak manfaat menyendiri berikut ini!

1. Punya waktu untuk menjadikan ketertarikanmu sebagai prioritas

5 Manfaat Menyendiri dan Jadi Pribadi Apa Adanya, Lebih Produktif!pexels.com/Palu Malerba

Kamu punya momen untuk lebih fokus pada minatmu. Saat sendirian, kamu bisa mengenal dirimu lebih dalam. Kamu bisa lebih fokus untuk mengeksplorasi minatmu tanpa mengkhawatirkan pendapat orang lain.

2. Meningkatkan kreativitasmu

5 Manfaat Menyendiri dan Jadi Pribadi Apa Adanya, Lebih Produktif!pixabay.com/Yuri_B

Saat kamu bertukar pikiran bersama teman, kamu melihatnya sebagai cara terbaik untuk menemukan ide baru. Padahal penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal INFORMS menyebutkan, orang sering kali lebih baik memecahkan masalah sulit saat bekerja sendiri.

Mengejutkan memang. Tapi, ini bisa terjadi karena kamu akan menemukan inovasi tanpa adanya tekanan sosial.

3. Meningkatkan hubunganmu dengan orang lain

5 Manfaat Menyendiri dan Jadi Pribadi Apa Adanya, Lebih Produktif!unsplash.com/Brooke Cagle

Saat larut dengan hubungan sosial, kamu biasanya lupa meluangkan waktu untuk diri sendiri. Penelitian dalam British Journal of Psychology menunjukkan, orang yang sangat cerdas biasanya kurang puas kalau kebanyakan waktunya dihabiskan dengan teman.

Memang kamu harus memiliki pertemanan sosial dan sistem dukungan sosial yang kuat. Namun, jangan lupa luangkan waktu sejenak untuk diri sendiri! Terlalu larut dalam kehidupan sosial, juga bisa membuatmu lelah lho!

Baca Juga: Belajar Mencintai Diri Sendiri lewat Rangkaian Perawatan Kecantikan

4. Membuatmu lebih produktif

5 Manfaat Menyendiri dan Jadi Pribadi Apa Adanya, Lebih Produktif!unsplash.com/Seth Doyle

Kerja kolaboratif sering dipuja karena bisa meningkatkan kerja sama dan inovasi. Namun, terkadang ini bisa juga mengganggu.

Saat kamu bisa bekerja secara multitasking pun, hal tersebut bisa mengurangi produktivitas juga. Karenanya, ketika kamu memiliki waktu untuk fokus dan produktif dalam kesendirian, lakukanlah selagi bisa!

5. Justru menyendiri bisa membuatmu lebih berempati pada orang lain

5 Manfaat Menyendiri dan Jadi Pribadi Apa Adanya, Lebih Produktif!unsplash.com/Priscilla Du Du Preez

Penelitian di Los Angeles menemukan, meluangkan waktu untuk diri sendiri akan membantumu untuk punya empati besar pada orang di sekitar. Walau punya waktu sendiri di tengah rutinitas itu tak mudah, tapi kamu pasti bisa meluangkan sedikit momen kok!

Kamu bisa melepaskan dirimu dari orang lain, termasuk menjauhi komunikasi secara digital dari mereka. Sedangkan, kamu justru akan meningkatkan kepekaanmu saat memutus komunikasi sementara waktu.

Itu dia manfaat menyendiri dan jadi pribadi apa adanya. Jangan pernah lupa meluangkan waktu demi diri sendiri sehingga kamu siap menghadapi orang lain dan hari esok yang lebih menantang!

Baca Juga: Jangan Jemawa, Ini 5 Hal yang Sering Keliru Dalam Mencintai Diri

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya