Comscore Tracker

"OPPO Art Jakarta Virtual 2020" Sajikan Seni dengan Sensasi Berbeda

Menyiasati hausnya pecinta seni secara virtual

Art Jakarta adalah pameran seni internasional yang sudah dilakukan 11 kali. Terkait pandemik, Tim Art Jakarta pun menunda edisi kedua belasnya ke tahun depan. Namun, mereka tetap mengadakan pameran secara daring bertajuk "OPPO Art Jakarta Virtual 2020" dan dibuka 19 Oktober-15 Desember 2020 melalui tautan artjakarta.com.

"Kekuatan Art Jakarta selama ini dibangun melalui kerja sama yang erat dengan para pelaku dalam ekosistem seni rupa. Kami percaya sekali bahwa di masa-masa sulit sekarang ini justru kerjasama ini harus dijaga dan tetap dijalankan," kata Enin Supriyanto, Artistic Director Art Jakarta, pada Konferensi Pers OPPO Art Jakarta Virtual 2020 (19/10).

Yuk, kita simak apa saja yang bisa dilakukan di OPPO Art Jakarta Virtual 2020! Penasaran kan seperti apa?

1. Menampilkan karya seniman dari 38 galeri dan 10 komunitas seniman

OPPO Art Jakarta Virtual 2020 Sajikan Seni dengan Sensasi BerbedaKonferensi Pers OPPO Art Jakarta Virtual 2020

Pameran seni virtual ini menyuguhkan karya-karya seniman dari bebagai galeri dan komunitas/organisasi seniman. Galeri yang diundang dalam pameran ini terdiri dari 27 galeri Indonesia dan 11 galeri internasional. 

"Ada 38 galeri yang akan menampilkan pameran karya-karya terbaik dari seniman yang mereka wakili dalam OPPO Art Jakarta Virtual 2020. Kami juga berterima kasih kepada 16 artist kolektif yang ikut dalam pameran," kata Tom Tandio, Fair Director Art Jakarta.

2. Memberikan perhatian khusus pada seniman Indonesia

OPPO Art Jakarta Virtual 2020 Sajikan Seni dengan Sensasi BerbedaKonferensi Pers OPPO Art Jakarta Virtual 2020

Meskipun Art Jakarta adalah pameran seni internasional, tim Art Jakarta tetap memberikan perhatian pada seniman-seniman Indonesia.

"Perhatian khusus memang kita berikan pada upaya mendukung produktivitas seniman-seniman indonesia. Jadi, semua galeri yang diundang memang diminta secara khusus untuk menampilkan karya-karya perupa Indonesia," ujar Enin.

3. Karya khusus 10 seniman Indonesia untuk OPPO Indonesia X Art Jakarta

OPPO Art Jakarta Virtual 2020 Sajikan Seni dengan Sensasi BerbedaKonferensi Pers OPPO Art Jakarta Virtual 2020

OPPO Indonesia dan Art Jakarta juga turut menggandeng 10 seniman Indonesia untuk membuat karya khusus untuk ditampilkan dalam OPPO Art Jakarta Virtual 2020 pada ruang virtual OPPO Find Art.

"Karya 10 seniman ini akan dibagi dalam dua kali presentasi. Jadi, untuk saat ini, anda akan menyaksikan 5 seniman dahulu dan kemudian pada periode berikutnya anda akan menyaksikan 5 lagi yang lain," papar Enin.

Baca Juga: Pameran Arsitektur ARCH:ID, Jadi Forum Pertemuan Arsitek dan Industri

4. Lelang karya khusus untuk didonasikan pada komunitas seniman

OPPO Art Jakarta Virtual 2020 Sajikan Seni dengan Sensasi BerbedaKonferensi Pers OPPO Art Jakarta Virtual 2020

Karya khusus 10 seniman dalam kerja sama OPPO Indonesia dan Art Jakarta, akan dilengkapi dengan kegiatan lelang karya dan series OPPO Find X2 edisi khusus karya seniman secara online.

"Secara khusus, seluruh hasil lelang ini akan dihibahkan dan disumbangkan kepada dua organisasi seniman di Indonesia yang saat ini sedang melaksanakan program untuk seniman Indonesia juga, baik itu residensi, lokakarya, atau sejenisnya," kata Enin.

5. Harapan untuk menjadi panggung besar bagi seniman-seniman Indonesia meskipun secara daring

OPPO Art Jakarta Virtual 2020 Sajikan Seni dengan Sensasi BerbedaKonferensi Pers OPPO Art Jakarta Virtual 2020

Art Jakarta yang merupakan wadah bagi seniman memamerkan karyanya secara luas, diharapkan juga bisa terjadi pada OPPO Art Jakarta Virtual 2020. Pameran ini akan dibagi menjadi beberapa periode sehingga bisa menampilkan karya yang lebih banyak dan beragam dari perupa Indonesia.

"Tanggal 15 November nanti, hampir seluruh karya-karya yang tampil di pameran virtual bulan ini, akan diganti dengan karya-karya baru. Jika diperkirakan, satu putaran ada 400-an karya selama sebulan. Rencana kami, dalam dua bulan bisa ditampilkan 800-an lebih karya-karya seniman kita," terang Enin.

Walaupun terdapat pembatasan jarak fisik, pameran seni tetap bisa berlangsung secara virtual. Yuk, apresiasi karya seni rupa Indonesia melalui pameran seni virtual yang bisa kamu akses di mana saja dan kapan saja.

Baca Juga: BeautyFest Asia 2020, Pameran Kecantikan Virtual Pertama

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya