Comscore Tracker

5 Tanda Tubuh Membutuhkan Momen Me Time, Terasa Tak Menyenangkan!

Alone but not lonely

Sering kali, orang larut dalam kesibukan sehari-hari. Untuk beberapa orang, waktu bersama orang lain memang bisa memberi energi baru. Namun, untuk yang lainnya lagi, tentu ada masa ingin sendiri.

Otak dan tubuh pun sebenarnya memberi sinyal-sinyal kalau kita sedang membutuhkan waktu sendiri. Di kala sedang burnout, siapa pun tentu membutuhkan waktu sendiri. Yuk, kita simak apa saja tandanya!

1. Semua terasa tidak menyenangkan

5 Tanda Tubuh Membutuhkan Momen Me Time, Terasa Tak Menyenangkan!IDN Times/Febriyanti Revitasari

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Salah satu tanda paling dini bahwa tubuh membutuhkan me time'adalah merasa semua hal tak menyenangkan dan tak bisa dinikmati. Sering kali, tandanya adalah keluhan-keluhan kecil dalam hati seperti bosan dan mulai menunda-nunda pekerjaan yang biasanya menyenangkan untuk dilakukan. 

Hal ini menandakan bahwa tubuh membutuhkan recharge energi sebelum melakukan pekerjaan yang membutuhkan tenaga banyak. Hanya dengan me time sederhana, seperti ke perpustakaan, melihat referensi baru, atau hanya bermalas-malasan di kamar seharian, kamu bisa mengembalikan energi yang hilang.

2. Mendapati diri sendiri ingin menyantap semua makanan

5 Tanda Tubuh Membutuhkan Momen Me Time, Terasa Tak Menyenangkan!unsplash.com/timbennettcreative

Beberapa orang, sering kali, melampiaskan stres dengan makan dan nafsu makan pun semakin bertambah. Hal ini menjadi tanda penting untuk memeriksa diri dan berefleksi sejenak mengenai apa yang terjadi di dalam diri.

Kamu mungkin membutuhkan waktu untuk istirahat sejenak dengan tenang. Misalnya, dengan minum teh di sore hari atau mandi dengan air hangat.

3. Kewalahan dengan hal kecil

5 Tanda Tubuh Membutuhkan Momen Me Time, Terasa Tak Menyenangkan!pexels.com/@olly

Kadang, hal-hal kecil yang biasa kamu lakukan dengan tenang, menjadi membingungkan dan membuatmu kewalahan. Misalnya, salah memasukkan bumbu ke dalam masakan atau salah menaruh sesuatu.

Hal ini menjadi tanda bahwa kamu mempunyai terlalu banyak hal yang dilakukan dan butuh istirahat. Waktu ini bisa menjadi waktu yang pas untuk berlatih dan melakukan perawatan diri sehingga bisa membuat tubuh lebih rileks.

Baca Juga: Tanda-tanda Orang Depresi, Biasanya Mereka Akan Terlihat Bahagia

4. Mudah kesal pada hal-hal kecil

5 Tanda Tubuh Membutuhkan Momen Me Time, Terasa Tak Menyenangkan!pexels.com/@olly

Hal kecil yang biasanya baik-baik saja, sangat mudah membuatmu marah. Misalnya, suara tangis anak atau saat pasangan menanyakan sesuatu, kamu menjadi sangat pemarah. Saat itulah kamu membutuhkan jeda beberapa menit untuk me time.

Kamu bisa melakukan olah napas, bermain ponsel, atau bermain dengan hewan peliharaan. Setelah siap untuk kembali berinteraksi, kamu bisa meminta maaf pada orang yang kamu marahi dan menjelaskan apa yang terjadi dan kamu butuhkan.

5. Merasa ingin bersembunyi di dalam kamar

5 Tanda Tubuh Membutuhkan Momen Me Time, Terasa Tak Menyenangkan!pexels.com/@daria

Saat kamu merasa ingin mengunci diri dari gangguan orang lain, itu adalah tanda bahwa kamu membutuhkan waktu lebih lama untuk me time. Kamu perlu liburan atau staycation sendiri selama sehari atau dua hari. Setelahnya, kamu mungkin merasa lebih segar dan lebih baik lagi dalam berinteraksi dengan orang lain.

Tanda-tanda di atas bukanlah terencana dari pikiran. Kamu mungkin melakukannya tanpa sadar. Saat kamu menyadarinya, segerakan waktu me time sekaligus mengambil jeda sehingga kamu bisa melakukan segala hal lagi dengan optimal.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Good Girl Syndrome, Apa Kamu Pernah Mengalaminya? 

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya