Comscore Tracker

Tips Mengembangkan Disiplin Diri Selama Pandemik, WFH dan PJJ Lancar!

#IDNTimesLife kuncinya adalah menjaga rutinitasmu

Disiplin adalah latihan dan mengontrol diri sendiri guna memperbaiki kepribadian. Biasanya, ini berbentuk sebuah komitmen pada diri sendiri. Disiplin ini penting untuk menjaga rutinitasmu di tengah pandemik ini.

Untuk itu, kamu memerlukan dorongan dari dalam hati untuk fokus pada komitmen yang dibuat. Proses ini memakan waktu dan harus dibiasakan agar tetap konsisten. Lalu, gimana ya cara mengembangkan disiplin diri ini?

1. Tentukan apa yang kamu inginkan terlebih dahulu

Tips Mengembangkan Disiplin Diri Selama Pandemik, WFH dan PJJ Lancar!pexels.com/@thngocbich

Kamu harus yakin akan tujuan yang ingin dicapai. Kamu bisa tanya diri sendiri tentang apa yang mau kamu lakukan dan capai. Kebiasaan apa yang ingin dikembangkan dan yang diubah dari dirimu.

Pertanyaan-pertanyaan itu akan membantumu dalam menggambarkan tentang apa yang ingin kamu tuju. Kamu pun jadi tahu apa komitmen yang harus kamu lakukan dalam mencapai tujuan itu.

2. Pertahankan rutinitasmu sehari-hari

Tips Mengembangkan Disiplin Diri Selama Pandemik, WFH dan PJJ Lancar!pexels.com/@olly

Rutinitas adalah hal yang penting dalam menjaga komitmen. Adanya rutinitas membuatmu ingat harus melakukan satu dan lain hal. Saat rutinitasmu hilang, kamu akan sulit menjaga komitmen yang sudah dibuat.

Kamu bisa melakukan sesuatu yang membuatmu bangun setiap hari, seperti berjalan-jalan, mandi, dan membuat kopi. Dengan itu, kamu akan tetap fokus pada rutinitasmu sehari-hari.

3. Buatlah ruang khusus untuk dirimu sendiri

Tips Mengembangkan Disiplin Diri Selama Pandemik, WFH dan PJJ Lancar!pexels.com/@ivan-samkov

Kamu bisa membuat ruangan khusus untuk melakukan rutinitasmu sendiri. Kalau kamu melakukan Pembelajaran Jarak Jauh atau Work from Home, buatlah tempat di mana kamu bisa bekerja dengan kondusif.

Ruang ini sebaiknya bukan di ruang makan atau kamar tidur. Kedua ruangan itu akan menambah gangguan saat kamu bekerja atau belajar. Bukannya bekerja dan belajar, yang ada kalian terus-menerus nyemil atau ketiduran.

Baca Juga: Survei IMF dan Google, Disiplin Physical Distancing Menurun

4. Minimalisir gangguan, terutama dari media sosial

Tips Mengembangkan Disiplin Diri Selama Pandemik, WFH dan PJJ Lancar!pexels.com/@fotios-photos

Saat ini, media sosial mungkin menjadi gangguan terbesar yang kamu hadapi. Pekerjaan yang bisa kamu selesaikan sebentar, menjadi lama karena kamu fokus membalas pesan temanmu di media sosial.

Kamu bisa mematikan notifikasi media sosial agar tidak terganggu. Kamu juga bisa menetapkan batas terhadap orang yang tinggal bersama denganmu agar tidak mengganggumu selagi bekerja.

5. Meski menghindari gangguan sosial media, namun tetap jaga komunikasimu dengan orang lain agar terhindar dari stres

Tips Mengembangkan Disiplin Diri Selama Pandemik, WFH dan PJJ Lancar!pexels.com/@olly

Disiplin diri bukan berarti kamu terlalu fokus akan dirimu dan lupa dengan orang lain. Komunikasi harus tetap terjaga sehingga kamu bisa meminta bantuan kalau perlu.

Saat kamu berkomunikasi dengan teman, kamu juga bisa berbagi perasaanmu tentang apa yang terjadi. Kamu bisa meringankan bebanmu dengan berbagi dan mengetahui apakah temanmu merasakan yang sama.

Ini dia cara yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan disiplin dirimu. Kamu bisa juga mengembangkan cara lainnya yang sesuai denganmu, ya!

Baca Juga: 5 Tips Supaya Kamu Bisa Disiplin Menyelesaikan Pekerjaan Tepat Waktu 

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya