Comscore Tracker

6 Tips Membuat Orang Lain Terbuka Padamu, Gak Bisa Tiba-tiba!

#IDNTimesLife Dipercaya orang itu perlu proses

Keterbukaan adalah salah satu kunci keberhasilan dalam hubungan apa pun. Tapi, tak semua orang bisa membagikan perasaannya kepada orang lain, bahkan kepada pasangan, sahabat, dan keluarganya sendiri.

Jangan berkecil hati kalau mereka tertutup kepadamu! Lakukan beberapa hal ini untuk mendorong mereka agar lebih terbuka denganmu.

1. Konsisten membangun kepercayaannya

6 Tips Membuat Orang Lain Terbuka Padamu, Gak Bisa Tiba-tiba!pexels.com/RODNAE Productions

Kalau orang lain sulit terbuka padamu, tetaplah berusaha membangun kepercayaan dengannya! Kamu tidak tahu apa yang sebelumnya pernah dihadapinya, sampai ia tertutup dengan orang lain.

Dilansir Mind Body Green, Megan Bruneau, Psikoterapis asal New York, mengatakan bahwa orang yang tertutup memang butuh waktu untuk membangun kepercayaan sampai ia merasa nyaman untuk terbuka.

2. Jadilah pendengar yang baik!

6 Tips Membuat Orang Lain Terbuka Padamu, Gak Bisa Tiba-tiba!pexels.com/VisionPic.net

Saat membangun kepercayaan, kamu mungkin terlalu fokus bertanya kepada orang lain dan menggali lebih dalam agar dia terbuka. Namun, hal ini tidak bisa dilakukan secara gegabah.

Dilansir Bustle, Lindsey Huttner, Terapis Klinis Sosial dari New York, mengatakan bahwa kamu sebaiknya memberi orang tersebut waktu untuk membagikan perasaan. Tunggu waktu yang tepat hingga kamu siap mendengarkannya.

3. Manfaatkan bahasa tubuh dan gerakan nonverbal

6 Tips Membuat Orang Lain Terbuka Padamu, Gak Bisa Tiba-tiba!pexels.com/Edmond Dantès

Bahasa tubuh atau gerakan nonverbal sering kali dianggap sepele. Namun, ini bisa membantu komunikasi agar lebih efektif, apalagi untuk membangun kepercayaan dengan orang lain.

Masih dilansir Mind Body Green, Megan Bruneau menyarankanmu agar menggunakan suara yang hangat, lakukan kontak mata, serta ekspresi wajah yang tulus dan hangat. Ini salah satu hal yang penting dalam membangun kepercayaan orang lain.

Baca Juga: 5 Cara biar Komunikasi Lebih Terbuka dan Jujur pada Pasanganmu

4. Ajukan pertanyaan langsung, tapi jangan terlalu banyak!

6 Tips Membuat Orang Lain Terbuka Padamu, Gak Bisa Tiba-tiba!pexels.com/August de Richelieu

Kamu harus bisa menyeimbangkan pertanyaan biasa dan yang terlalu dalam menggali. Kalau kamu terlalu banyak bertanya hal yang sensitif, ia akan merasa diinterogasi. Megan Bruneau menyarankanmu untuk bersabar menanyakan sesuatu sehingga ia tak bersikap defensif.

5. Kamu membuka diri dan menunjukkan caramu berbagi dengannya

6 Tips Membuat Orang Lain Terbuka Padamu, Gak Bisa Tiba-tiba!pexels.com/cottonbro

Megan pun mengatakan, saat kamu bisa membuka diri, itu juga bisa mendorong orang lain untuk terbuka padamu. Kamu bisa membagikan hal yang membuatmu rapuh dan menanyakan apakah dia melewati hal seperti itu serta cara melewatinya.

6. Pastikan ia merasa aman untuk bisa mengungkapkan perasaanya

6 Tips Membuat Orang Lain Terbuka Padamu, Gak Bisa Tiba-tiba!unsplash.com/@beccatapert

Kalau semua yang sudah kamu coba tak berhasil, kamu bisa menanyakan apa yang ia butuhkan agar merasa aman untuk terbuka. Megan menyarankan kita untuk bertanya tentang apa yang orang lain butuhkan supaya bisa membicarakan topik yang dihindarinya.

Dengan demikian, ia bisa merasa aman dan terbuka padamu. Jadi, jangan memaksa atau memancingnya terus-terusan ya!

Itu dia cara yang bisa kamu lakukan agar orang lain mau terbuka padamu. Kamu harus secara perlahan-lahan membujuknya dan jangan terburu-buru memaksanya untuk terbuka. Biarkan dia percaya padamu dan ia akan terbuka sepenuhnya padamu.

Baca Juga: Agar Pemikiranmu Lebih Terbuka, Kamu Wajib Melakukan 5 Hal Positif Ini

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya