Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Sifat Plin-plan dan Ragu-ragu, Kamu Bisa Lebih Tegas!

#IDNTimesLife Keragu-raguan membuatmu sulit tentukan pilihan

Kamu mungkin kesal kalau bertemu orang yang plin-plan dan ragu-ragu. Hal ini bisa membuat seseorang sulit menentukan pilihan. Ini karena dalam beberapa hal, seseorang perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum memilih.

Stanislava Puač Jovanović, Psikolog dan Peneliti ternama di Serbia, dikutip dalam Hapiness.com, mengatakan bahwa orang yang sulit menentukan pilihan akan membuatmu sulit berpikir rasional dan akan menyulitkan kalau tidak diatasi.

Karenanya, jangan biarkan hal tersebut terjadi padamu. Yuk, simak tips berikut ini agar kamu bisa mengatasi sifat plin-plan dan ragu-ragu!

1. Buatlah keputusan penting pada awal harimu!

5 Tips Mengatasi Sifat Plin-plan dan Ragu-ragu, Kamu Bisa Lebih Tegas!pexels.com/@enginakyurt

Kamu biasanya akan sulit mengambil keputusan saat sudah mengalami banyak hal. Kamu sulit menentukan saat sudah lelah bekerja. Karenanya, kalau kamu harus menentukan keputusan penting, sebaiknya putuskanlah pada awal hari!

Ini akan membuat pikiranmu lebih jernih saat memilih keputusan yang penting. Kamu belum terdistraksi oleh kegiatan apa pun dan belum banyak bertemu orang pada awal atau pagi hari.

2. Jangan terlalu berorientasi pada hasil dari keputusanmu

5 Tips Mengatasi Sifat Plin-plan dan Ragu-ragu, Kamu Bisa Lebih Tegas!pexels.com/@juanpphotoandvideo

Apa yang kamu putuskan, sangat sulit diprediksi hasilnya. Kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi nantinya.

Karenanya, kamu boleh memegang teguh pada keyakinan akan pilihanmu. Daripada fokus pada hasilnya, cobalah jalani prosesnya dan lakukan evaluasi atas apa yang selama itu terjadi.

3. Jadikan pilihan sederhanamu sebagai rutinitas

5 Tips Mengatasi Sifat Plin-plan dan Ragu-ragu, Kamu Bisa Lebih Tegas!Pexels.com/Daria Shevtsova

Kamu bisa membuat pilihan-pilihan sederhanamu jadi rutinitas. Misalnya, kamu bisa menentukan makanan apa yang ingin dimakan, pakaian yang digunakan, dan kapan berolahraga. Tentukan cukup sekali saja.

Lantas, hal itu kamu jadikan sebagai rutinitas. Berikutnya, kamu pun tidak perlu membuat keputusan baru.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kamu Harus Putusin Pasangan yang Ragu-ragu Menikahimu

4. Jangan buat keputusan besar saat perut kosong!

5 Tips Mengatasi Sifat Plin-plan dan Ragu-ragu, Kamu Bisa Lebih Tegas!unsplash.com/@labunsky

Pepatah yang satu ini memang benar, bahkan ada bukti ilmiah yang bisa membuktikan kata-kata ini. Hormon ghrelin yang meningkatkan nafsu makan, dapat menghalangi kemampuan berpikirmu untuk melakukan hal dengan baik.

Beberapa eksperimen membuktikan bahwa orang lebih siap untuk membuat keputusan ketika kadar glukosa tubuhnya tidak rendah. Sederhananya, kamu membutuhkan sebagian energimu untuk setiap keputusan yang dibuat sehingga perlu diisi ulang.

5. Hadapi ketakutanmu dan terus maju

5 Tips Mengatasi Sifat Plin-plan dan Ragu-ragu, Kamu Bisa Lebih Tegas!pexels.com/@luhras

Kamu terkadang tidak berani untuk menghadapi rasa takutmu sehingga sulit menentukan keputusan. Padahal, ketakutanmu terkadang tak rasional.

Kamu harus yakin bahwa kamu bisa mengatasi masalahmu. Walaupun keputusanmu tidak berhasil, tidak apa-apa dan teruslah maju!

Itu dia tips untuk kamu yang sulit menentukan pilihan. Jangan ragu-ragu dalam menentukan pilihan, ya! Yakinlah kalau sebentar lagi, sifat plin-plan dan ragu-ragu akan hilang darimu!

Baca Juga: Saat Bos Kamu Lakukan Ini, Jangan Ragu untuk Katakan "Tidak" 

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya