Comscore Tracker

5 Tips Paling Mudah untuk Meningkatkan Rasa Syukur agar Lebih Bahagia

Happiness comes from a greatful mind...

Orang yang bersyukur akan merasa lebih bahagia. Kamu mungkin merasa ini klise, tapi ada penelitian yang mendukung hal ini. Menurut Elizabeth Scott, Ms, Wellness Coach dalam verywellmind.com, penelitian menunjukkan bahwa bersyukur bisa membantu menjaga perasaan positif sehari-hari.

Scott juga menyarankan untuk mempraktikkan beberapa hal untuk menumbuhkan rasa syukur agar lebih bahagia. Lalu, apa saja hal-hal itu?

1. Tersenyumlah

5 Tips Paling Mudah untuk Meningkatkan Rasa Syukur agar Lebih Bahagiaunsplash.com/@matheusferrero

Penelitian menunjukkan bahwa tersenyum bisa mengubah perasaanmu, terlepas dari apa alasanmu tersenyum. Kamu juga akan membalas orang yang tersenyum denganmu dan merasa lebih baik.

Sebuah senyuman bisa meredakan interaksi yang sulit dan canggung. Selain itu, tersenyum juga bisa mengurangi stres yang dirasakan saat itu.

2. Membuat jurnal rasa syukur

5 Tips Paling Mudah untuk Meningkatkan Rasa Syukur agar Lebih BahagiaIlustrasi jurnal-buku harian (IDN Times/Umi Kalsum)

Membuat jurnal rasa syukur setiap hari bisa memberikan manfaat untukmu. Kamu bisa merasa bahwa bebanmu terangkat dengan mensyukuri hal-hal kecil yang kamu rasakan hari ini.

Kamu bisa menuliskan tiga hal yang kamu syukuri hari ini saat mau tidur. Lalu, kamu bisa merasakan perasaan positif yang datang ketika memikirkan apa yang kamu syukuri.

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

3. Memberi pelukan dan mengatakan terima kasih

5 Tips Paling Mudah untuk Meningkatkan Rasa Syukur agar Lebih Bahagiaunsplash.com/@priscilladupreez

Kamu bisa mengungkapkan rasa syukur dengan mengucapkan terima kasih dan memberi pelukan. Kamu pun merasa terhubung dengan orang lain dengan melakukan itu. Walaupun cepat, perlakuan ini bisa memberi perasaan positif pada kedua orang yang memberi dan menerima pelukan.

Baca Juga: Membiasakan 5 Hal Ini Ampuh Ubah Rasa Insecure jadi Lebih Bersyukur

4. Berhati-hati dengan apa yang membuatmu iri

5 Tips Paling Mudah untuk Meningkatkan Rasa Syukur agar Lebih Bahagiaunsplash.com/@obiefernandez

Rasa iri hati cenderung membuatmu membandingkan yang terburuk dalam dirimu dengan hidup orang lain. Rasa iri membuatmu membandingkan hari, kualitas, dan keadaan terbaik orang lain. Kamu jadi tidak mensyukuri apa yang kamu miliki.

5. Rencanakan kunjungan syukur atau surat syukur

5 Tips Paling Mudah untuk Meningkatkan Rasa Syukur agar Lebih Bahagiapexels.com/@shvetsa

Kamu sudah diberi banyak kebaikan dari orang lain. Namun, kamu belum sempat membalas atau menyampaikan kebaikan kembali. Kamu bisa merencanakan kunjungan ke tempat orang yang sudah membantumu atau membuat surat untuknya. Kamu bisa membagi rasa positif yang kamu miliki kepada orang kamu hargai itu.

Itu dia cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan rasa syukur sehingga lebih bahagia. Kamu bisa memberi dan membagikan rasa positif yang kamu dapat dengan cara ini ke orang lain juga.

Baca Juga: Konsisten Lakukan 5 Hal Ini, Niscaya Bikin Hidup Penuh Rasa Bersyukur

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Pinka Wima
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya