Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup yang Akan Kamu Dapatkan di Bulan Suci Ramadan

#RamadanMasaKini Bikin kamu jadi manusia lebih baik lagi!

Ramadhan merupakan bulan yang sangat special diantara bulan lainnya. Di bulan ini Allah membuka pintu rahmat, keberkahan dan ampunan selebar-lebarnya bagi hambanya. Gak kerasa, tinggal beberapa hari lagi Ramadan akan meninggalkan kita semua.

Namun seperti biasanya, Ramadan selalu memberikan hikmah yang sangat luar biasa bagi kita semuanya. Ramadan seolah-olah menjadi waktu dimana Allah memberikan pelajaran bagi kita semua demi mempersiapkan diri kita menghadapi berbagai permasalahan hidup di 11 bulan ke depan.

So, hikmah apa saja yang diajarkan Ramadan?

1. Setiap ujian dalam hidup ini pasti akan ada akhirnya

5 Pelajaran Hidup yang Akan Kamu Dapatkan di Bulan Suci Ramadanimdb.com

Puasa di bulan Ramadan merupakan sebuah kewajiban bagi seluruh umat muslim yang telah baligh. Kita semua diwajibkan untuk menahan rasa lapar, haus dan hal-hal yang merusak amalan puasa. Hal tersebut tentulah sebuah ujian yang harus kita lewati jika ingin mendapatkan pahala puasa yang sempurna.

Puasa mengajarkan kita jika hidup akan selalu diisi oleh berbagai cobaan, baik ujian fisik maupun mental. Namun satu hal yang harus kita sadari adalah keyakinan jika ujian itu pasti ada batas waktunya.

Layaknya waktu maghrib yang menjadi batas waktu puasa kita, ujian dalam hidup kita pun pasti akan akhirnya. Karena Allah tak akan memberikan beban bagi manusia melebihi kapasitas yang bisa ditanggungnya.

2. Bersama setiap kesulitan pasti akan selalu ada kemudahan

5 Pelajaran Hidup yang Akan Kamu Dapatkan di Bulan Suci Ramadanimdb.com

Waktu maghrib selalu menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu mereka yang sedang berpuasa untuk berbuka. Gak terbayangkan kenikmatan yang dirasakan saat berbuka puasa, setelah seharian harus menahan rasa lapar dan haus.

Ada sebuah pelajaran yang indah dalam hal ini, yaitu jika bersama setiap kesulitan pasti akan selalu diiringi oleh berbagai kemudahan. Begitu pun dalam keseharian kita, kita harus yakin jika dalam setiap ujian yang kita hadapi akan selalu ada kemudahan dan kebahagiaan yang menanti. Bahkan kemudahan tersebut tidaklah hanya satu, tetapi banyak.

3. Sabar yaitu tentang menerima setiap ujian dengan ikhlas

5 Pelajaran Hidup yang Akan Kamu Dapatkan di Bulan Suci Ramadanimdb.com

Bangun sahur, menahan lapar, haus dan menahan hawa nafsu memang sangat berat untuk dilakukan. Namun jika kita ingin meraih sebuah pahala yang sangat luar biasa, tak ada jalan lain selain menjalaninya dengan sabar dan ikhlas.

Sabar dan ikhlas memanglah tak mudah tapi bukankah sebuah jalan yang sulit itu akan mengantarkan kita ke sebuah tempat yang sangat indah? Begitu juga dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup kita nanti, entah masalah keluarga, ekonomi maupun pribadi, sabar dan ikhlas adalah senjata yang sangat penting untuk kita miliki.

Sabar adalah tentang menerima ujian yang kita hadapi dengan ikhlas. Bersedih dan kecewa memang wajar saat kita ditimpa dengan ujian, namun jangan biarkan hal tersebut menguasai dirimu.

4. Berbagi dan peduli adalah jalan menuju kebahagiaan

5 Pelajaran Hidup yang Akan Kamu Dapatkan di Bulan Suci Ramadanimdb.com

Di bulan Ramadan kita dianjurkan untuk memperbanyak melakukan sedekah baik uang maupun makanan untuk orang lain berbuka puasa. Tak heran jika kita sering melihat banyak pemandangan orang-orang saling berlomba melakukan kebaikan di bulan ini.

Namun yang terpenting adalah kita tidak berhenti di bulan Ramadan saja untuk berbagi kebahagiaan tersebut. Bahkan Ramadan mengajarkan jika berbagi harus menjadi sebuah kebiasaan dalam hidup kita. Berbagi adalah tentang kepeduliaan.

Hebatnya berbagi adalah kita memang kehilangan materi, namun kita mendapatkan hal yang lebih penting, yaitu kebahagiaan hati.

5. Saling memaafkan sebagai bentuk hari kemenangan

5 Pelajaran Hidup yang Akan Kamu Dapatkan di Bulan Suci Ramadanimdb.com

Ramadan akan ditutup dengan hari Idul Fitri sebagai hari kemenangan. Hari itu merupakan bentuk kemenangan kita karena berhasil menyelesaikan berbagai ujian selama Ramadan.

Salah satu hal yang menjadi ciri khas Idul fitri adalah kita saling meminta maaf kepada sanak saudara dan kepada orang lainnya dalam kehidupan kita.

Gak hanya itu, keluarga menjadi rumah yang wajib kita datang di hari itu untuk berkumpul. Gak heran jika jutaan orang rela berdesak-desakan untuk mudik ke kampung halamannya masing-masing.

Dalam hidup ini pun, kita tak akan terlepas dari melakukan kesalahan yang bisa saja menyakiti perasaan orang lain, terutama keluarga. Namun satu hal yang penting adalah kita harus berani untuk meminta maaf dan mengakui segala kesalahan kita.

Meminta maaf gak akan membuat mu rendah, justru hal tersebut merupakan bukti kemenangan dirimu melawan sifat ego.

Itulah keberkahan-keberkahan yang hanya ada di bulan suci ini. Tak heran, Ramadan selalu dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Semoga tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya kita masih diberikan kesempatan untuk berjumpa dengan bulan Ramadan ya.

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ganjar Firmansyah
  • Arifina Aswati

Just For You