Comscore Tracker

6 Kenyataan Menyakitkan Namun Indah Ini Bakal Kamu Hadapi dalam Hidup

Hidup akan selalu penuh kejutan

Hidup akan selalu diwarnai ketidakpastian yang terkadang membuat kita khawatir dan takut. Namun, justru itulah yang membuat kita sebagai manusia selalu terus berusaha dan berjuang untuk mengejar apa yang kita harapkan.

Meski telah berjuang keras, tetap saja terkadang kenyataan selalu tak seperti apa yang kita harapkan. Namun, sadarkah kita jika dibalik semua kenyataan pahit pun selalu ada hal manis yang tersembunyi. Berikut ini adalah diantaranya.

1. Tidak peduli seberapa kuat kamu memegang kendali, semuanya masih bisa berantakan

6 Kenyataan Menyakitkan Namun Indah Ini Bakal Kamu Hadapi dalam HidupUnsplash/BBH Singapore

Kamu bisa saja merencanakan semua hal dengan sempurna, namun itu tak menjadi sebuah jaminan semuanya akan lancar. Hidup bukan tentang menciptakan keadaan yang sempurna, tetapi hanya tentang bagaimana kamu dapat bertahan saat semuanya hancur berantakan.

Hal dalam hidup yang paling berharga adalah fleksibilitas dan ketahanan, karena ketika kamu menghadapi hal-hal tak menyenangkan dalam hidup, tidak menyerah adalah kuncinya. Itu bisa menjadi pengalaman yang indah atau mengerikan tergantung pada bagaimana kamu memandangnya.

2. Hanya kamu sendiri yang bertanggung jawab atas semua hal dalam hidupmu

6 Kenyataan Menyakitkan Namun Indah Ini Bakal Kamu Hadapi dalam HidupUnsplash/Sean Kong

Kita harus berjuang untuk hidup yang kita inginkan. Tidak ada yang akan berubah dalam sekejap mata jika hanya menunggu dunia untuk berubah sesuai yang kamu inginkan. Kita harus berjuang dan tak kenal putus asa dalam hidup ini.

Dan, lakukan apa pun untuk bergerak melewati apa pun yang menahanmu dari kehidupan yang kamu inginkan. Hidup bukan tentang diam, ini adalah tentang berlari menuju sudut dunia yang membuatmu merasa hidup.

3. Selalu ada pilihan, meski kamu merasa tidak memilikinya

6 Kenyataan Menyakitkan Namun Indah Ini Bakal Kamu Hadapi dalam HidupUnsplash/Joshua Rawson-Harris

Hidup dipenuhi dengan konsekuensi dari berbagai keputusan yang telah kita buat, baik dan buruk. Namun satu hal yang harus dipahami juga adalah akan selalu ada pilihan, meskipun dalam kondisi terburuk. Setiap orang punya pilihan untuk berhasil ataupun gagal, maju ataupun mundur.

Menyerah dan mengeluh memang tampak lebih mudah saat kita dihadapkan dengan penderitaan. Namun, pilihan untuk bersikap akan selalu ada meskipun kamu merasa tidak memilikinya.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Agar Motivasi Kerja Kamu Gak Mudah Hilang 

4. Semua yang kamu alami saat ini hanya bersifat sementara.

6 Kenyataan Menyakitkan Namun Indah Ini Bakal Kamu Hadapi dalam HidupUnsplash/Radu Florin

Kita ada di dunia ini hanya sementara. Dan itulah alasan kenapa kita harus hidup di saat ini, bukan di masa lalu. Mengkhawatirkan masa depan pun adalah hal yang wajar, namun jangan biarkan hal tersebut membuatmu justru jatuh ke dalam ketakutan yang berlebihan.

Nikmatilah segala proses hidup yang kamu alami saat ini, meski itu adalah hal yang sangat berat. Sejatinya, apapun yang kita alami saat ini hanya bersifat sementara. Waktu yang akan menjawab semua masalahmu. Yang terpenting adalah tidak putus asa.

5. Bagian penting dari kehidupan adalah mencintai diri sendiri, sebelum kamu mencintai orang lain

6 Kenyataan Menyakitkan Namun Indah Ini Bakal Kamu Hadapi dalam HidupUnsplash/Jon Ly

Orang bijak pernah berkata jika kamu akan mengenal Tuhanmu ketika kamu mengenali dirimu sendiri. Begitupun kamu akan bisa mencintai orang lain dengan utuh setelah kamu bisa mencintai dirimu dengan baik.

Cara kamu memperlakukan dirimu pada dasarnya adalah gambaran bagaimana kamu bisa memperlakukan orang lain. Lalu, jika saat ini hubunganmu dengan orang lain sedang bermasalah, hakikatnya adalah ada sesuatu hal dalam dirimu yang harus kamu renungkan kembali.

6. Pujian memang menyenangkan, namun jangan terlena karenanya

6 Kenyataan Menyakitkan Namun Indah Ini Bakal Kamu Hadapi dalam HidupUnsplash/NeONBRAND

Mendapatkan pujian dari orang lain atas usaha kita memang sangat menyenangkan, namun jangan pernah menjadikan hal itu tujuanmu dalam melakukan suatu hal. Pujian hanyalah label dan kata-kata yang bisa membuatmu terlena, kehilangan tujuan dan merasa tersiksa saat tak sesuai dengan harapan.

Apalagi di era media sosial seperti saat ini yang banyak membuat orang haus akan pujian dengan menampilkan segala kehidupannya, hanya untuk sebuah pengakuan. Bahagia sejatinya adalah mensyukuri hidup.

Kenyataan memang terkadang tak sesuai dengan harapan, namun bukan berarti kita harus menyerah. Justru itu menjadi alasan bagi kita untuk menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Kenyataan Hidup 'Gak Enaknya' Menikah dengan Sahabat Sendiri

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya