Comscore Tracker

6 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Introvert Bahagia, Gak Ribet!

Buku teman terbaik mereka

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk merasakan bahagia. Bagi para introvert yang dikenal lebih menyukai ketenangan dan pemikir, masih banyak orang yang menyangka jika mereka tipe orang yang ribet dalam merasakan bahagia.

Faktanya, mereka pun adalah sosok yang bisa bahagia dengan hal-hal sederhana. Penasaran apa saja itu? Berikut ceritanya.

1. Menikmati me time

6 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Introvert Bahagia, Gak Ribet!Unsplash/Joshua Rawson-Harris

Para introvert sering merasa sulit untuk bertahan lama dalam sebuah acara yang dipadati banyak orang. Mereka adalah penikmat me time dan menyukai ketenangan. Itulah yang mereka nantikan setelah hari yang melelahkan, hari yang bahagia ataupun hari yang mengecewakan.

Karena mustahil untuk sepenuhnya menghindari interaksi sosial, sementara menjauh dari orang-orang untuk memulihkan pikiran dan jiwa yang terkuras adalah suatu keharusan bagi para introvert. Ini mengisi kembali kejernihan pikiran dan energi mereka untuk menjalani hari baru.

2. Buku

6 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Introvert Bahagia, Gak Ribet!unsplash/Jason Strull

Bagi introvert, buku adalah teman setia yang lebih mereka sukai dari interaksi dengan manusia. Buku adalah makanan bagi proses pemikiran mereka yang unik dan membuat hati mereka gembira layaknya datang ke konser bagi para ekstrovert. 

Introvert senang menjaga lingkaran teman-teman mereka kecil dan rak buku mereka penuh. Jika kamu punya teman introvert, hadiah terbaik yang mampu membuat mereka senang adalah buku.

Baca Juga: Meski Terkesan Pendiam, Ini 5 Alasan Cewek Introvert Patut Perjuangkan

3. Menulis

6 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Introvert Bahagia, Gak Ribet!unsplash/ Kyle Gregory Devaras

Introvert berinteraksi melalui tulisan. Tidak seperti orang lain, introvert tidak terlalu menunjukkan emosi mereka. Namun, dengan menulis membuat mereka lebih mudah mengekspresikan segala perasaan dan pikiran mereka.

Membuat jurnal adalah cara lain bagi para introvert untuk mencurahkan pikiran dan perasaan mereka yang tak terucapkan.

4. Obrolan yang mendalam

6 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Introvert Bahagia, Gak Ribet!Mimi Thian

Introvert sangat membenci 'what' dan lebih menyukai 'why'. Bagi mereka obrolan basa-basi adalah pemborosan waktu. Mereka lebih menyukai obrolan yang mendalam, bermakna dan saling bertukar pikiran.

Diskusi yang bermakna seperti latihan mental yang penting bagi mereka. Keintiman emosional yang diciptakan oleh percakapan yang berarti adalah sebuah hadiah bagi seorang introvert.

5. Melakukan self-talk

6 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Introvert Bahagia, Gak Ribet!Unsplash/Tamara Bellis

Introvert menyukai perenungan, salah satunya adalah dengan melakukan self-talk. Sebuah suara kecil di dalam kepala mereka berbicara tentang pro dan kontra dari keputusan yang mereka ambil, merefleksikan saat-saat baik dan buruk dalam hidup, mengungkapkan hal-hal yang mereka tidak pernah bisa katakan kepada orang lain.

Introvert bahkan berbicara lantang kepada diri mereka sendiri. Dan mereka tidak menganggapnya aneh, justru ini adalah hal yang membuat mereka merasakan tenang.

6. Menjadi anak rumahan

6 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Introvert Bahagia, Gak Ribet!unsplash/Le Creuset

Jika ekstrovert adalah jenis orang yang suka dengan pesta, maka introvert adalah sosok anak rumahan. Mereka tidak suka dengan kebisingan. Rumah adalah tempat terbaik bagi mereka untuk menikmati waktu beristirahat, entah untuk membaca, menulis ataupun hanya merenung.

Bahkan jika mereka mampu bekerja dari rumah, itu adalah hal yang lebih membuat mereka bisa bahagia. Karena mereka adalah seseorang yang butuh fokus besar, dan kebisingan kantor dan drama-dramanya sangatlah mengganggu mereka.

Menjadi seorang introvert tidaklah aneh dan memiliki daya tarik tersendiri. Bahagia adalah hak setiap orang dan mereka punya cara tersendiri untuk merasakannya.

Baca Juga: 7 Kelebihan yang Hanya Bisa Dirasakan Oleh Seorang Introvert, Kamu?

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You