Comscore Tracker

Buang Energi, Ini 7 Jenis Toxic People yang Harus Kamu Hindari

Biar hidup lebih produktif

Sebagai manusia, kita gak akan bisa lepas dari interaksi dan berkomunikasi dengan orang lain, entah itu teman, rekan kerja ataupun keluarga. Tak bisa dipungkiri lingkungan-lingkungan tersebut juga bisa mempengaruhi kehidupan pribadi kita. Sebagian orang membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik, namun gak sedikit juga yang sebaliknya dan membuat energi kita terbuang sia-sia alias toxic people.

Toxic people adalah alasan seseorang terkadang tidak bahagia dengan hidup yang sedang dijalaninya. Gak mau kan kamu berakhir seperti mereka? Yuk kenali tujuh jenis toxic people ini. 

1. Si tukang kritik

Buang Energi, Ini 7 Jenis Toxic People yang Harus Kamu Hindariimdb.com

Kita semua pasti memiliki kekurangan. Adalah baik untuk mengkritik tetapi jika orang tersebut hanya mengkritik tanpa mengakui sisi positif kamu, maka kamu harus menghindarinya. Selain itu, kritik mereka yang terus-menerus akan menurunkan kepercayaan dirimu dan membuat kamu merasa buruk tentang diri sendiri. Gak mau kan kamu justru jadi minderan gara-gara orang lain?

Menurut penelitian psikologis, penghinaan dan kritik memiliki dampak lima kali lebih kuat daripada pujian atau segala bentuk hal positif lainnya, lho.

2. Si perusak diri sendiri

Buang Energi, Ini 7 Jenis Toxic People yang Harus Kamu Hindariimdb.com

Si perusak diri sendiri  atau yang sering kita sebut self-destructive adalah mereka yang terus-menerus membutuhkan dukungan kamu. Namun tidak peduli seberapa banyak kamu mencoba membantu mereka, mereka tidak mau berubah.

Mereka akan selalu memberi alasan dan membuat kamu merasa bersalah ketika kamu mencoba menunjukkan kelemahan mereka demi kebaikannya. Kamu jelas harus menghindari jenis orang seperti itu karena kamu hanya membuang-buang waktu dan tenaga sementara mereka tidak memiliki kecenderungan untuk berubah.

Gak jarang lho, hal seperti ini justru terjadi kepada pacar kita. Masih mau dilanjutkan kalo seperti ini?

3. Tidak bertanggung jawab

Buang Energi, Ini 7 Jenis Toxic People yang Harus Kamu Hindariimdb.com

Orang yang menghindari tanggung jawab membawa banyak racun dalam kehidupan kita. Baik itu kata-kata atau tindakan mereka yang akan membuat kehidupan kita terbebani. Orang seperti ini selalu menyalahkan kamu atas sesuatu yang mereka lakukan atau katakan dan mereka akan membuat kamu merasa bertanggung jawab atas hidup mereka.

Terkadang kamu harus tegas jika kamu juga memiliki kehidupan sendiri untuk dijalani. Lalu mengapa menguras energi kamu untuk seseorang yang tak bertanggung jawab mengurus diri mereka sendiri?

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Jadi Tanda Bahwa Kamu 'Toxic Person' di Media Sosial

4. Mereka yang lebih mementingkan image diri sendiri

Buang Energi, Ini 7 Jenis Toxic People yang Harus Kamu Hindariimdb.com

Orang seperti ini adalah adalah orang-orang yang cenderung memanipulasi orang lain untuk mempertahankan image diri sendiri. Mereka bukan diri mereka yang sebenarnya ketika mereka berkomunikasi. Gak jarang mereka berbohong agar selalu terlihat baik di mata orang lain.

Mereka tidak akan membantumu saat membutuhkannya jika mereka tidak diuntungkan olehnya. Mereka hanya akan membantu jika hal tersebut membuat image dirinya meningkat di mata orang lain. Lebih baik kamu hindari deh orang seperti ini.

5. Si manipulatif

Buang Energi, Ini 7 Jenis Toxic People yang Harus Kamu Hindariimdb.com

Pernah gak kebaikan yang kamu lakukan justru dimanfaatkan oleh orang lain berulang-ulang kali? Jika pernah, itu tandanya dia sudah memanipulasi kebaikanmu, lho. Kita semua pasti memiliki emosi tetapi beberapa orang malah menggunakan emosinya untuk memanipulasi orang lain.

Orang seperti ini selalu membuat kamu merasa bersalah. Mereka akan selalu mencari bantuanmu, mereka akan berbicara tentang bagaimana mereka telah terluka dan tersakiti secara emosional karena hal-hal tertentu. Namun dibalik itu semua, mereka hanyalah ingin memanfaatkan kebaikanmu itu.

6. Si narsistik

Buang Energi, Ini 7 Jenis Toxic People yang Harus Kamu Hindariimdb.com

Orang-orang narsistik di sini maksudnya adalah orang-orang yang selalu berbicara tentang diri mereka sendiri, selalu mengalihkan perhatian pada diri mereka. Pada dasarnya orang seperti ini tidak mempedulikan kehidupan orang lain selain dirinya sendiri. Kamu sebaiknya menjauh dari mereka karena kamu tidak akan memiliki tempat dalam kehidupan mereka. Kalaupun ada, kamu hanya di sana untuk meningkatkan perhatian orang lain pada mereka.

7. Si negatif thinking

Buang Energi, Ini 7 Jenis Toxic People yang Harus Kamu Hindariimdb.com

Kita semua pasti merasa khawatir tentang berbagai hal dalam hidup ini. Tetapi terus berbicara tentang hal-hal negatif sebenarnya justru melahirkan hal-hal negatif lainnya. Jika mereka selalu membuat kamu melihat sisi negatif dari segalanya, kamu justru akan merasa tertekan dan itu akan menurunkan produktivitas hidupmu. Mengapa menyia-nyiakan pikiranmu dengan hal-hal negatif ketika hidup adalah hal yang indah? 

Nah itulah tujuh jenis toxic people yang harus kamu hindari jauh-jauh deh agar hidupmu semakin berkualitas dan produktif.

Baca Juga: Sering Tidak Disadari, Ini 5 Tanda Circle Medsos Itu Toxic

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya