Comscore Tracker

7 Kalimat Dukungan untuk Orang Tersayang yang Sedang Depresi

Apa yang kamu katakan sangatlah penting bagi mereka

Dukungan--baik dukungan sosial dan profesional--merupakan hal yang sangat penting ketika berhadapan dengan seseorang yang sedang mengalami depresi. Tak sedikit orang yang belum menyadari jika depresi adalah hal yang sangat serius, bahkan bisa menyebabkan seseorang melakukan tindakan bunuh diri.

Jika orang tersayang dalam hidupmu sedang mengalaminya, dorong mereka untuk mencari bantuan. Ketahui tanda-tanda peringatan untuk membantu dalam mencegah mereka melakukan hal terburuk, dan gunakan tujuh cara ini untuk membantu kamu memulai berbicara dengan seseorang yang mengalami depresi.

1. Ingin membicarakannya? Aku akan selalu ada di sini kapan pun kamu siap

7 Kalimat Dukungan untuk Orang Tersayang yang Sedang Depresidailydot.com

Kita tidak dapat memaksa seseorang untuk berbicara, tetapi mengetahui kita selalu ada untuknya dapat benar-benar membantu mereka merasa didukung. Jika mereka belum menyampaikan kepadamu tentang depresi mereka, kamu bisa mengungkapkan bahwa kamu memahami jika  mereka sedang mengalami kesulitan dan akan selalu ada jika dia sudah siap berbicara.

Jika kamu hanya bertanya "Apakah kamu baik-baik saja?" Mereka mungkin akan berpura-pura dengan menjawab, "Aku baik-baik saja." Jika mereka belum siap untuk berbicara sekarang, ingatkan mereka bahwa kamu selalu di sini untuk mereka ketika mereka siap. 

2. Apa yang aku bisa bantu hari ini?

7 Kalimat Dukungan untuk Orang Tersayang yang Sedang Depresiindiewire.com

Depresi sering menyebabkan kelelahan, sulit tidur, dan kurangnya motivasi. Terkadang bangun dari tempat tidur bisa jadi sangat sulit. Menanyakan apa yang dapat kita lakukan benar-benar dapat membantu mereka menjalani hari mereka.

Mungkin mereka tidak makan enak dan kamu bisa mengajaknya makan malam. Mungkin mereka memerlukan morning call untuk memastikan mereka bisa bekerja tepat waktu.

Terkadang kita hanya perlu mendengarkan. Membantu tidak harus hal dan upaya besar. Bisa saja hanya dengan semudah mengangkat telepon, berbagi makanan, atau mengantar mereka ke suatu tempat.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Bukti Kamu Mengalami Gejala Depresi dan Butuh Pertolongan

3. Bagaimana kamu mengatasinya? Sudah baikan?

7 Kalimat Dukungan untuk Orang Tersayang yang Sedang Depresiimdb.com

Ungkapan ini dapat memberi kita beberapa wawasan tentang bagaimana perawatan mereka berjalan atau jika mereka membutuhkan bantuan profesional. Depresi adalah kondisi medis. Itu bukan cacat atau kelemahan.

Jika seseorang yang kamu cintai mengalami depresi, dorong mereka untuk mencari bantuan profesional jika mereka belum melakukannya. Ingatkan mereka bahwa meminta bantuan adalah tanda kekuatan, bukan kelemahan.

4. Kamu gak sendirian. Aku mungkin tidak mengerti apa yang sedang kamu rasakan. Tapi kamu gak sendiri!

7 Kalimat Dukungan untuk Orang Tersayang yang Sedang Depresiimdb.com

Depresi sangat umum terjadi. Diperkirakan bahwa dari 2013 hingga 2016, 8,1 persen dari orang dewasa Amerika Serikat mengalami depresi setidaknya sekali. Dari data tersebut mengungkapkan jika banyak orang tidak mencari bantuan.

Depresi dapat membuat banyak orang merasa sendirian dan membuat mereka merasa harus mengisolasi diri. Beri tahu mereka bahwa mereka tidak sendirian. Hadir untuk mereka, bahkan jika kamu tidak memiliki pengalaman pribadi yang serupa.

Jika kamu pernah mengalami depresi, kamu dapat membagikan bahwa kamu tahu apa yang mereka alami. Ini dapat membantu mereka  untuk kembali terhubung dengan orang di sekitarnya. Namun, tetap fokus pada mereka. Ingatlah untuk mendengarkan terlebih dahulu.

5. Kamu sangatlah penting bagiku!

7 Kalimat Dukungan untuk Orang Tersayang yang Sedang Depresiimdb.com

Selalu menyenangkan mengetahui bahwa kita dicintai atau diinginkan. Ketika seseorang  mengalami depresi, mereka mungkin merasakan hal yang sebaliknya. Itulah sebabnya memberi tahu seseorang bahwa mereka penting bagi kita, bahwa kita membutuhkannya dalam hidup mereka, dan bahwa mereka penting bisa sangat menghibur.

Kamu juga bisa mengungkapkan lebih spesifik dengan apa yang disukai tentang mereka atau bagaimana kamu menghargai mereka atas sesuatu yang mereka lakukan.

6. Tampaknya ini sangat sulit. Bagaimana kamu mengatasinya?

7 Kalimat Dukungan untuk Orang Tersayang yang Sedang Depresicollider.com

Tujuan dari ungkapan ini adalah untuk sekadar mengakui bahwa kita memahami betapa sulitnya masalah yang dihadapi mereka. Mengakui betapa sulitnya depresi dan gejalanya dapat membantu mereka merasa terlihat.

Ini adalah pengingat yang baik bahwa kita mendengarkan, melihatnya, dan akan selalu ada di sini untuk membantu mereka mengatasi masalahnya bersama-sama.

7. Aku sangat sedih kamu harus mengalami hal ini. Aku selalu di sini jika kamu membutuhkanku

7 Kalimat Dukungan untuk Orang Tersayang yang Sedang Depresicinestaan.com

Faktanya adalah, tidak ada hal yang sempurna untuk dikatakan kepada seseorang yang hidup dengan depresi. Kata-kata mungkin tidak akan menyembuhkannya. Tetapi hal itu setidaknya dapat membantu menguatkan hati mereka.

Mengingatkan seseorang bahwa kamu ada di sana untuk mereka setiap kali mereka membutuhkan - apakah itu dalam bentuk bantuan kecil ataupun seseorang untuk dipanggil saat kondisi krisis - bisa sangat penting untuk menyelamatkan kehidupan mereka.

Itulah tujuh kalimat bermakna yang bisa kamu ungkapkan untuk support orang tercinta melalui masa-masa depresinya. Kalimat memang tidak menyembuhkan, namun hal itu sangatlah membantu.

Baca Juga: 5 Buku Tentang Depresi yang Membantumu Jadi Lebih Baik

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You