Comscore Tracker

6 Kebaikan Ini Akan Kamu Rasakan Saat Utamakan Diri Sendiri Lebih Dulu

Kamu bisa arahkan hidupmu lebih baik lagi

Dalam hidup, terkadang kita terjebak dalam sesuatu hal yang tampaknya baik menurut pandangan pribadi, tetapi nyatanya hal itu tidaklah baik. Salah satunya adalah ketika kita lebih mementingkan orang lain daripada diri kita sendiri, entah itu pendapat, kepentingan ataupun sikap mereka.

Sejatinya, diri kamu sendiri lah yang harus kamu utamakan sebelum yang lainnya. Kenapa? Karena saat kamu bisa mencintai dirimu terlebih dulu, kamu akan tahu artinya mencintai dan menghargai orang lain.

Berikut ini enam kebaikan yang bakal kamu rasakan saat mampu mengutamakan diri sendiri.

1. Memiliki batasan diri agar terhindari dari lingkungan yang toxic

6 Kebaikan Ini Akan Kamu Rasakan Saat Utamakan Diri Sendiri Lebih Duludramabeans.com

Memprioritaskan waktu, kesehatan fisik dan mentalmu bukanlah sikap egois. Kamu terkadang perlu menjaga diri sendiri dengan menetapkan batasan-batasan dalam berhubungan dengan orang lain, baik teman bahkan pacar. Hal ini awalnya akan sulit, namun seiring waktu akan mudah menjalaninya.

Orang membenci kata tidak dan akan menyebut kamu egois saat permintaannya tak disetujui. Namun jika apa yang mereka mau adalah hal-hal yang bertentangan denganmu, kamu berhak menolaknya. 

Dengan memiliki batasan, orang lain tidak akan memperlakukanmu seenaknya. Mereka yang paham akan menghormatimu. Kalaupun tidak, setidaknya kamu bisa terlepas dari orang-orang yang toxic.

2. Kamu akan merasa lebih memegang kendali

6 Kebaikan Ini Akan Kamu Rasakan Saat Utamakan Diri Sendiri Lebih Duludramabeans.com

Dengan mengutamakan diri sendiri dahulu, kamu tidak akan terlalu kewalahan dalam menghadapi hidup. Kamu akan merasa lebih mengendalikan jadwal dan waktumu. Mampu mengerjakan daftar hal-hal yang harus dilakukan dengan efektif dan efisien.

Pada akhirnya, saat kehidupanmu sendiri bisa terkendali, kamu pun akan memiliki waktu untuk menikmati quality time dengan orang-orang tercinta.

3. Meningkatkan kesehatan fisik dan mentalmu

6 Kebaikan Ini Akan Kamu Rasakan Saat Utamakan Diri Sendiri Lebih Duludramabeans.com

Kesehatan mentalmu sangatlah penting sebagai sumber dari segala energi untuk menghadapi berbagai permasalahan. Meluangkan waktu untuk me time seperti untuk refleksi, meditasi, membaca, traveling, ataupun hanya bersantai wajib kamu miliki.

Ketika kamu meluangkan waktu untuk itu di setiap waktumu, kamu akan merasakan perbedaannya, secara fisik dan mental. Kamu akan memiliki lebih banyak energi dan lebih bahagia. Dengan begitu, kamu pun bisa membantu orang lain lebih baik saat dibutuhkan.

Baca Juga: Stop Salahkan Diri Sendiri karena 5 Hal Ini, Ingat Kamu Itu Berharga!

4. Menemukan peluang yang belum pernah terpikirkan sebelumnya

6 Kebaikan Ini Akan Kamu Rasakan Saat Utamakan Diri Sendiri Lebih Duludramabeans.com

Saat kamu fokus dengan diri sendiri terlebih dulu, dalam prosesnya kamu akan menemukan bakat, impian, dan peluang tersembunyi yang sebelumnya tak pernah terpikirkan. Dengan semua energi itu kamu pun bisa fokus menjalani kehidupan yang kamu banggakan, entah dalam urusan karier, keluarga ataupun asmara.

5. Kamu akan lebih mencintai diri sendiri

6 Kebaikan Ini Akan Kamu Rasakan Saat Utamakan Diri Sendiri Lebih Duludramabeans.com

Mengutamakan diri sendiri adalah bentuk dari mencintai diri. Dengan begitu, pikiran, tubuh, dan jiwa kita akan lebih selaras. Kamu tidak akan lagi melakukan hal-hal sia-sia yang menguras tenaga dan membuatmu merasa kosong, tetapi lebih aktif menjalani hidup yang lebih bermakna.

6. Akan mampu membantu orang lain dengan baik

6 Kebaikan Ini Akan Kamu Rasakan Saat Utamakan Diri Sendiri Lebih Duludramabeans.com

Mementingkan diri sendiri tidak egois atau narsis. Justru sebaliknya, kamu tidak bisa mengurus orang lain tanpa terlebih dahulu merawat diri sendiri. Kamu tidak dapat mencintai orang lain jika kamu tidak mencintai diri sendiri terlebih dahulu.

Saat kamu mengutamakan diri sendiri, kamu akan berada dalam kondisi terbaik untuk membantu orang lain. Kamu akan tampil sebagai versi diri terbaik dari dirimu sendiri untuk mencintai.

Kuncinya adalah memastikan kamu menjaga dirimu sendiri dengan baik, karena seseorang yang sedang sakit tak akan mampu membantu orang lain dengan baik.

Utamakan dirimu sendiri sebelum orang lain dengan menghargai, mencintai dan merawat fisik dan mentalmu. Dengan begitu, kamu akan mampu membantu orang lain dengan maksimal dan sebaik-baiknya.

Baca Juga: 8 Reminder yang Harus Kamu Ingat Saat Mulai Meragukan Diri Sendiri

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You