Comscore Tracker

Selain IQ, 5Q Ini Memiliki Peran Penting Kesuksesan di Kehidupan Kita

Mengenal kecerdasan lain lagi selain pintar!

Kadang kecerdasan masih menjadi faktor utama untuk meraih kesuksesan dan nilai-nilai pun dijadikan ukuran kemampuan, apalagi seseorang yang memiliki IQ tinggi.

Padahal, semua orang jarang mengetahui bahwa selain kecerdasan intelektual, ada jenis kecerdasan macam lainnya yang lebih unggul yang memiliki peran penting dalam kehidupan dari yang memiliki IQ tinggi.

1. EQ (Emotional Qoutient)

Selain IQ, 5Q Ini Memiliki Peran Penting Kesuksesan di Kehidupan Kitapexels/jeffersonpalomique

Pertama kita menjelaskan tentang EQ (Emotional Qoutient) atau Kecerdasan Emosional, yang berkaitan dengan kemampuan mengontrol perasaan diri sendiri. Kita sering kali melihat hal yang terlihat sederhana ketika kita berada di sebuah tekanan seperti grogi.

Takut salah untuk menunjukkan kepada orang lain hingga konsentrasi kita menurun dan membuat kecerdasan intelektual juga menurun yang akhirnya kita tidak bisa memaksimalkan potensi kita.

Nah, itu pentingnya kecerdasan emosi untuk kita lakukan dan juga menguasainya.

2. AQ (Adversity Qoutient)

Selain IQ, 5Q Ini Memiliki Peran Penting Kesuksesan di Kehidupan Kitapexels/ericsanman

Kemampuan yang bisa menghadapi tantangan, kesulitan atau masalah didalam hidup. Hal ini ada tiga jenis karakter orang yaitu yang pertama Quiter, yakni ketika orang melihat tantangan dia biasanya menyerah.

Lalu karakter yang kedua ialah Camper, yaitu orang yang punya keberanian menghadapi tantangan tapi selalu mempertimbangkan risiko yang bakal ia hadapi. Jadi dia mencari aman di tempat yang nyaman meski belum sampai tujuan karena dia merasa akan banyak risiko nantinya.

Dan karakter yang ketiga yaitu Climber, orang yang selalu setiap kali ada tantangan bagi dia adalah kesempatan untuk bisa naik lebih tinggi lagi, jadi setiap ada tantangan dia bisa ambil kesempatan untuk belajar lebih banyak lagi.

Baca Juga: 9 Tanda Orang dengan EQ Tinggi, Kamu Iya Gak?

3. FQ (Financial Qoutient)

Selain IQ, 5Q Ini Memiliki Peran Penting Kesuksesan di Kehidupan Kitapexels/acharapornkamornboonyarush

Lalu ada FQ (Financial Qoutient) atau kecerdasan finansial adalah kemampuan seseorang dalam memahami peranan krusial dari perencanaan keuangan yang baik dan terstruktur. Di kehidupan tentu semua orang ingin punya pendidikan yang tinggi supaya mendapatkan income atau uang dari hasil pekerjaan yang terbaik, tapi uang itu juga harus bisa kita kelola.

Orang yang tidak memiliki kecerdasan finansial yang baik walaupun dia bekerja, ia merasa uangnya tidak ada, berantakan bahkan terjerat oleh utang. Sedangkan orang yang memiliki kecerdasan finansial akan mampu mengelola keuangannya dan mampu membuat perencanaan ke depannya yang baik.  

Selain itu kecerdasan finansial juga sangat penting agar kita tidak mudah tertipu dan itu sangat membantu agar kita bisa mencapai kesuksesan. 

4. SQ (Spiritual Qoutient)

Selain IQ, 5Q Ini Memiliki Peran Penting Kesuksesan di Kehidupan Kitapexels/pixabay

Kemudian ada SQ (Spiritual Qoutient) atau kecerdasan spiritual ialah kemampuan untuk kita bisa bijaksana dan memaknai hidup. Hidup itu tidak hanya kesuksesan tapi orang yang memiliki spiritual yang tinggi ia bisa mengerti bahwa di hidup ini ada yang namanya pencapaian atau achievment, namun ada juga makna hidup alias nilai-nilai untuk apa yang ia hadapi dalam kehidupan.

Apa yang membuat ia bermakna atau nilai-nilai apa yang ia membuat hidup ini tenang dan bahagia? Bahagia bukan hanya pencapaian, kesuksesan atau uang, bahagia itu bagaimana ia bisa memaknai hidup ini, untuk apa, untuk siapa lalu bagaimana kita bisa memiliki pertanggungjawaban kepada tuhan.

Dan yang paling penting kecerdasan spiritual itu bagaimana kita bisa mengubah ekspektasi menjadi apresiasi.

5. TQ (Trancendental Qoutient)

Selain IQ, 5Q Ini Memiliki Peran Penting Kesuksesan di Kehidupan Kitapexels/raynL

Dan yang terakhir TQ (Trancendental Qoutient) atau kecerdasan transendental bisa dikatakan hampir sama dengan SQ (Spiritual Qoutient) lalu bisa dikatakan juga kecerdasan ruhaniah/ilahiyah, sangat erat kaitannya dengan kemampuan seseorang di kehidupannya dalam perspektif agama. 

TQ juga merupakan pengembangan dari kecerdasan spiritual, dasarnya kecerdasan ini sudah diterapkan oleh para tokoh agama yang memiliki pandangan visioner lebih jauh ke depan.

Seseorang yang menjalani kehidupan dengan mengikuti tuntutan ajaran agama ialah hidup dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas serta berbuat kebajikan antar sesama agar menggapai kebahagiaan yang hakiki di dunia dan akhirat.

Nah itu, kadang kenyataan memang berbeda. Kesuksesan tidak hanya yang memiliki kepintaran saja, percuma punya IQ tinggi kalau kamu tidak bisa mengendalikan emosi atau mudah menyerah.

Tapi ingat, masih ada kecerdasan lainnya yang juga harus kamu miliki selain kecerdasan intelektual! Untuk menuju kesuksesan juga!

Baca Juga: Gak Cuma IQ, Ini Macam-macam Kecerdasan Manusia 

Gebialya ✏ Photo Community Writer Gebialya ✏

want to write

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You