Comscore Tracker

#GreenBeauty Jangan Egois! Alam Merasa Tersakiti Manusia

5 potret alam tercemar yang mencekam, bikin kita sadar diri!

Tahun ke tahun bencana alam kerap terjadi setiap saat yang diakibatkan beberapa faktor lingkungan alam yang tidak sehat. Seperti halnya banjir bandang dan longsor, sehingga dapat menimbulkan beberapa penyakit pada manusia. Hal itu pun membuat kita prihatin dengan segalanya yang telah terjadi.

Meskipun begitu, kita masih ada kesempatan juga, nih untuk bergegas dalam memperbaikinya lagi. Supaya gak berdampak lebih bahaya lagi dan tidak seperti beberapa potret lingkungan alam yang tercemar di bawah ini.

1. Pencemaran udara 

#GreenBeauty Jangan Egois! Alam Merasa Tersakiti ManusiaIlustrasi pencemaran udara paling bahaya (ethical.net)

Hal-hal yang bikin udara sering tercemari yaitu seperti dari penggunaan kendaraan terlalu sering, pembakaran sampah di lingkungan sekitar, merokok, asap dari aktivitas pabrik, dan lain-lain. Maka, jika hal-hal tersebut dibiarkan begitu saja, dan kita jadi sering melakukan hal tersebut hingga terus-menerus, suatu saat akan berdampak banget pada oksigen bumi, lho.

Dari asap-asap yang sudah terkumpul kabut gelap seperti itulah akan berdampak pada polusi udara, terus menjadi memperburuk kualitas udara di lingkungan sekitar yang nantinya dapat merusak oksigen di bumi ini. Sudah pasti selain merugikan alam, pencemaran udara ini akan merugikan paru-paru seluruh makhluk hidup di muka bumi ini.

Bayangkan saja jika pencemaran udara tidak segera ditangani dengan benar, maka udara akan tertutupi oleh tebalnya kepulan asap di sekitar yang bikin penglihatan kita tak dapat dijangkau bahkan udara makin sesak untuk dihirup. Ngeri, guys!

2. Pencemaran air

#GreenBeauty Jangan Egois! Alam Merasa Tersakiti ManusiaPencemaran air paling bahaya (straitstimes.com)

Pencemaran air bisa disebabkan oleh berbagai macam nih yang sering kita temui di sekitar. Contohnya membuang sampah sembarangan, penggunaan pupuk yang berlebihan, ada limbah dari pabrik, pemakaian racun dan bahan peledak untuk menangkap biota laut, dan lain sebagainya.

Tak dimungkiri lagi memang pencemaran air sudah menjadi momok yang biasa bagi masyarakat, namun kalau tidak diperbaiki dari sekarang bahwa hal itu sangat negatif dan akan berakibat pada bencana alam.

Air sungai menjadi terkontaminasi bakteri-bakteri dari perbuatan tersebut, lama-kelamaan air di muka bumi ini menjadi sumber tidak layak untuk makhluk hidup, sehingga kita akan sulit mencari air bersih. Dan pada akhirnya kemungkinan besar akan terjadinya bencana besar seperti banjir yang tak kunjung selesai.  

Baca Juga: #GreenBeauty Dependensi Plastik: Gaya Hidup dan Ancamannya

3. Pencemaran tanah

#GreenBeauty Jangan Egois! Alam Merasa Tersakiti ManusiaPencemaran tanah paling bahaya (eco-nnect.com)

Hal yang dapat memicu pencemaran tanah yaitu adanya bahan radioaktif dan juga penggunaan pupuk secara berlebihan. Biasanya, pencemaran radioaktif ini berasal dari bom atau reactor nuklir, dan bila lingkungan yang berdekatan langsung dengan sumber penyebab pencemaran bahan radioaktif ini bisa menimbulkan kanker dan tumor.

Jadi selain manusia yang kena dampak bahayanya, lingkungan alam pun ikut tercemar oleh bahan-bahan pembuatan radioaktif tersebut. Kemudian sama juga dengan pupuk. Jika menggunakannya secara berlebihan maka dampaknya akan buruk pada pencemaran air dan tanah.

Karena kandungan kalium dari pupuk tersebut akan mengganggu keseimbangan basa tanah pertanian sehingga berpotensi merusak tanaman. Kandungan magnesium dan kalsium berlebihan dalam tanah bisa jadi kondisi pH tanah terlalu basa.

Hal itu sangat berisiko bagi kandungan unsur hara yang justru akan membuat kesuburan tanah menjadi terganggu dan tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik. 

4. Pencemaran suara

#GreenBeauty Jangan Egois! Alam Merasa Tersakiti ManusiaPencemaran suara paling bahaya (amp.theguardian.com)

Walaupun tidak signifikan, pencemaran suara pun termasuk dalam merusak kehidupan makhluk hidup terutama bagi manusia. Pencemaran ini berupa suara-suara bising yang sangat mengganggu aktivitas manusia dan dapat merusak pendengaran. Contohnya seperti suara klakson kendaraan di jalanan, musik yang kencang, berteriak-teriak, dan suara nyaring knalpot.

Terutama tinggal di perkotaan, kamu akan mendapatkan pencemaran suara ada di mana-mana dan bila tidak ada kesadaran diri untuk melakukan dan berupaya mengingatkan, hal itu dapat mengakibatkan stres berkepanjangan dan mengganggu kesehatan mental kita.

5. Pencemaran listrik

#GreenBeauty Jangan Egois! Alam Merasa Tersakiti ManusiaIlustrasi kebakaran listrik akibat tingkat penggunaan yang berlebihan (electricalindia.in)

Jangan salah kalau listrik pun dapat tercemar bila penggunaannya berlebihan. Seperti contohnya sering terjadi dalam keseharian kita yaitu menyalakan lampu, menonton televisi, charging hp, dan barang-barang elektronik yang memakan daya listrik banyak, seperti microwave, mesin cuci, kompor listrik, dan penggunaan sakelar bertumpuk.

Maka pemborosan listrik dapat terjadinya dampak buruk bagi kehidupan alam yaitu peningkatan suhu global, kemungkinan ada cuaca ekstrem di suatu wilayah, cadangan listrik untuk di masa depan akan semakin berkurang, terjadinya pemadaman bergilir yang diputuskan secara sepihak upaya penghematan energi listrik, dan terakhir tagihan listrik pastinya akan membengkak.

Dan juga pemakaian yang berlebihan, perlahan-lahan akan jebol sumber daya listrik kita.

6. Yang harus kita lakukan agar kelima hal bahaya tadi tidak terjadi di lingkungan sekitar

#GreenBeauty Jangan Egois! Alam Merasa Tersakiti ManusiaIlustrasi penghijauan bumi (Pexels.com/Daria Shevtsova)

Setelah menyimak kelima potret pencemaran lingkungan alam tadi, kita makin tersadar bahwa hal-hal itu memang sangat membahayakan bagi lingkungan alam apalagi di masa depannya nanti. Gak kebayang seberapa parahnya nanti. Kita mesti tahu diri betul kalau lingkungan alam pun makhluk hidup juga, dia merasa terhina jika terus dikotori oleh tindakan-tindakan manusia yang tak adil seperti itu.

Melakukan pembuangan sampah sembarangan, pemakaian sumber daya yang berlebihan. Dan bahkan kelak lebih ngeri kalau hal tersebut tidak segera tertangani dengan baik. So, kalau kamu ingin membantu lingkungan alam menjadi semakin lebih baik, kamu bisa menerapkan #onegreenstep bersama Garnier, lho.

Pabrik Garnier Indonesia telah mengurangi 60 persen penggunaan air dan 84 persen emisi karbon berkat teknologinya, mini hydro power system.

Terus akan menargetkan zero carbon emission di pabriknya. Kemudian, merk Garnier sudah menggunakan bahan baku alami pada semua produknya, jadi tanpa ada lagi zat-zat kimia di dalamnya. Dan terakhir, brand Garnier telah mendaur ulang pada semua kemasannya seperti menghemat penggunaan virgin plastic. Serta, ikut bersuara dalam program #GarnierGreenBeauty untuk menghidupkan masyarakat dalam merecycle barang bekas mereka.

Jadi, brand Garnier telah berkolaborasi bersama aplikasi ternama yaitu eRecycle, mereka akan meringankan masyarakat dalam pilah-pilah sampah menjadi hal yang menguntungkan, lho. Pokoknya aplikasi eRecycle ini bisa saling menguntungkan bagi manusia dan lingkungan alam. Jadi kalau penasaran, segera unduh aplikasinya, deh. 

Itulah, guys bukti-bukti nyata Garnier dalam menjalankan lingkungan alam kembali bersih dan sehat. Jadi gimana setelah dimotivasi oleh #GarnierGreenBeauty tersebut?Apakah semakin semangat untuk membantu lingkungan alam? Pasti dong, harus semangat mewujudkan bumi kembali tersenyum.

Dan kebetulan #GarnierxIDNTimes juga ingin mengajak kamu untuk berkomitmen menjalani peduli lingkungan dalam keseharian kita. Nah untuk tahu info selengkapnya bisa mengunjungi ke https://www.garnier.co.id/green-beauty

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Tips Menuju Millennial Minimalis, Mudah Dilakukan!

Gebialya R. Photo Verified Writer Gebialya R.

berlomba-lombalah (dalam berbuat) kebaikan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya