Comscore Tracker

6 Kalimat Islam yang Bernilai Pahala Tinggi, Yuk Ucapkan! 

Sayang sekali kalau gak ngucapin ini!

Kalau dalam Islam, ucapan merupakan termasuk dalam sebuah bentuk doa atau harapan. Sehingga kalau kita berbicara, mesti hati-hati dalam ucapan tersebut, alias bicara yang baik-baik saja.

Apalagi berbicara dengan kalimat indah yang memiliki arti dan makna yang bagus. Seperti dalam kalimat islam di bawah ini yang mempunyai nilai kebaikan bagi yang mengucapnya. Masya Allah banget, bukan? Jadi, apa sajakah kalimat demikian.

1. Jazakumullahu Khairan Katsiran

6 Kalimat Islam yang Bernilai Pahala Tinggi, Yuk Ucapkan! ilustrasi bersalaman (pexels.com/George Milton)

جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا

Kalimat islam yang mengandung nilai pahala yaitu Jazakumullah Khairan Katsiran yang berarti: "Semoga Allah SWT membalas dengan kebaikan yang banyak". Kalimat tersebut biasa diucapkan setelah kita menerima kebaikan dari orang lain. Biasanya, kita akan bilang berterima kasih kepadanya, tapi coba kita ucapkan dengan kalimat islami tersebut.

Sudah jelas bahwa arti dari kalimat Jazakumullah Khairan Katsiran mengandung tentang dibalasnya kebaikan sama Allah kepada kedua belah pihak. Sehingga sangat bermanfaat kalau kita mengucapkan terima kasih dengan kalimat islam ini.

2. Qadarullah Wa Ma Sya'a fa'al 

6 Kalimat Islam yang Bernilai Pahala Tinggi, Yuk Ucapkan! ilustrasi tidak menduga (pexels.com/Andrea Piacquadio)

قَدَرُ اللَّهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ

Ketika kita sedang melakukan sesuatu, lalu menemukan kejadian tak terduga atau di luar ekspektasi dari biasanya, maka ucapkanlah Qadarullah Wa Ma Sya'a fa'al. Kalimatnya memiliki arti yaitu: "Ini adalah takdir Allah, dan apa yang Dia kehendaki, Dia lakukan."

Dengan ini karena Allah Maha Pencipta segala sesuatu yang ada di langit dan bumi beserta isinya, dan tak terkecuali dengan takdir-Nya. Jadi, segala apapun yang terjadi dan tidak terbayangkan oleh kita sebelumnya, itu adalah takdir dari Yang Maha Kuasa.

3. Wallahu'alam Bishawab 

6 Kalimat Islam yang Bernilai Pahala Tinggi, Yuk Ucapkan! ilustrasi meragukan sesuatu (pexels.com/Polina Tankilevitch)

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

Pernah gak kalian merasa ragu terhadap sesuatu? Seperti misalnya mencoba melakukan hal baru, atau ingin bersekolah di luar negeri, tapi kamu ragu untuk memulainya. Dan atau ragu terhadap sesuatu yang didapatkannya.

Kalau begitu, ucapkan kalimat Wallahu'alam Bishawab yang artinya: "Dan Allah Maha mengetahui atau lebih tahu yang sebenarnya". Ketika kamu meragukan sesuatu lalu mengucap kalimat tersebut, maka insya Allah kamu jadi lebih yakin untuk memulainya dan mencobanya.

Baca Juga: 5 Faktor Penghalang Terkabulnya Doa Menurut Islam, Jauhi Makanan Haram

4. Hasbunallah Wani'mal Wakil

6 Kalimat Islam yang Bernilai Pahala Tinggi, Yuk Ucapkan! ilustrasi takut (pexels.com/Moose Photos)

حَسْبُنَا ٱللَّهُ وَنِعْمَ ٱلْوَكِيلُ

Orang yang merasa takut, malu, kurang atau tidak mampu melakukan sesuatu, hingga merasakan tidak aman dalam dirinya, maka dinamakan insecure. Semua orang pasti pernah mengalaminya karena hal itu manusiawi.

Tapi, jika kita berlebihan dalam insecure maka akan membawa dampak buruk bagi kesehatan mental kita sendiri. Jadi, jika kamu merasa insecure ucapkan kalimat Hasbunallah Wani'mal Wakil, yang berarti "Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah sebaik-baik pelindung". Setelah itu kamu akan merasa lebih percaya diri lagi.

5. La Tahzan Innallaha Ma'ana

6 Kalimat Islam yang Bernilai Pahala Tinggi, Yuk Ucapkan! ilustrasi sedih (pexels.com/Mikhail Nilov)

لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا

Setiap orang pasti pernah merasakan kesedihan, ya. Kita tentu boleh bersedih supaya bisa meluapkan isi hati yang sedang gundah dan gelisah, tapi jangan berlebihan juga.

Supaya kesedihannya gak berlarut-larut, ucapkan saja kalimat La Tahzan Innallaha Ma'ana, artinya adalah "Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita." Kalimat islami tersebut juga cocok banget buat menghibur kesedihan temanmu.

6. La Hawla Wa Laa Quwwata illaa Billah

6 Kalimat Islam yang Bernilai Pahala Tinggi, Yuk Ucapkan! ilustrasi berdoa (pexels.com/Monstera)

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Kalimat dari La Hawla Wa Laa Quwwata illaa Billah, bagus banget diucapkan untuk terus bertawakkal dalam keimanan kita terhadap Allah SWT.

Karena kalimat tersebut mengandung arti: "Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah". Yakin deh, keimanan kita jadi semakin lebih kuat dan konsisten kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sangat indah bukan mengenai kalimat Islam di atas tadi. Selain kita mendapat pesan dan doa terbaik dari kalimat tersebut, kita juga bisa mendapatkan pahala yang berlipat dari ucapan tersebut. Masih banyak kalimat islam lainnya yang memiliki arti dan makna yang bagus serta dapat pahala tinggi pula. Jadi, yuk kita mulai berucap yang baik-baik!

Baca Juga: Doa-Doa Penenang Hati agar Kamu Selalu Dilindungi Allah SWT

Gebialya Photo Verified Writer Gebialya

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya