Comscore Tracker

5 Kebiasaan yang Justru Membuatmu Tak Bahagia Sepenuhnya

Jangan dibiasakan lagi, ya!

Dalam kehidupan pasti ada baik dan buruknya, seperti contohnya pada kebiasaan manusia.Terkadang, kebiasaan manusia bisa menjadi sebaliknya seperti suatu hal baik bisa menjadi hal yang buruk bagi diri sendiri.

Bahkan hidupnya justru tak pernah merasakan kebahagiaan yang sebenarnya. Lantas, apa saja kebiasaan-kebiasaan yang justru dapat merusak diri kita sendiri? Berikut simak selengkapnya dibawah ini.

1. Mencari kesempurnaan

5 Kebiasaan yang Justru Membuatmu Tak Bahagia Sepenuhnyapexels.com/Gabb Tapic

Kita mengetahui bahwa semua makhluk di muka bumi ini tak ada yang sempurna kecuali Tuhan. Tapi coba saja renungkan pada diri sendiri, apakah hidup harus sempurna terlebih dahulu supaya bisa bahagia? Bila jawabannya ya, maka yang kau dapatkan bukan kebahagiaan yang sesungguhnya, lho melainkan mendapatkan dirimu yang palsu.

Untuk mencari kesempurnaan dalam hidup tidak akan menjamin hidupmu tak selalu bahagia. Justru kamu akan merasa terkekangi oleh dirimu sendiri. Maka ingatlah, bahwa kita hanyalah makhluk ciptaan-Nya dan hanya Tuhan semata yang Maha Sempurna.

Dan yang diartikan sempurna dalam hidup itu adalah bila kita bisa menerima kenyataan kalau kita tidak perlu menjadi manusia yang sempurna, yang terpenting bisa menyempurnakan dalam perbedaan.

2. Hidup di lautan suara negatif

5 Kebiasaan yang Justru Membuatmu Tak Bahagia Sepenuhnyapexels.com/Christian Muñoz

Sangat sulit rasanya bila berusaha ingin menjadi manusia yang bahagia jika dirimu masih tenggelam pada suara-suara negatif. Yap, suara yang menyebutkan bahwa hidup bahagia tak akan pernah engkau jangkau, karena penuh dengan rasa pesimis, kekhawatiran, ketakutan bahkan segala ruang pergerakan akan terbatasi oleh suara-suara tersebut.

Namun sebenarnya itu semua hanyalah ilusi, yang berasal dari perasaan dan pikiran yang dibuat oleh diri sendiri seolah untuk menakutkan dirimu supaya tidak bisa mencapai kesuksesan. Kecuali jika kamu mau berubah menjadi pribadi yang selalu positif.

Baca Juga: 5 Skill Ini Harus Kamu Miliki Agar Tetap Bahagia Hadapi Masalah Hidup

3. Masih terperangkap di masa lalu

5 Kebiasaan yang Justru Membuatmu Tak Bahagia SepenuhnyaUnsplash/Noah Silliman

Menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengenang masa lalu juga tak baik sebenarnya. Berlarut-larut dalam kenangan dan kesedihan sepertinya sangat menguras waktu dan tenaga.

Kalau dibiarkan terlalu lama, kamu akan kesulitan untuk melangkah ke depan, dan yang pasti tak akan pernah merasa bahagia seutuhnya.

4. Membandingkan dirimu dengan orang lain

5 Kebiasaan yang Justru Membuatmu Tak Bahagia Sepenuhnyapexels.com/Anna Shvets

Hal yang sangat umum terjadi pada sekitar kita adalah membandingkan hidup dengan orang lain. Hanya sekadar membandingkan sedikit pun saja dengan orang lain, itu sudah termasuk pribadi yang tak bahagia.

Karena, ia tak pernah mau bersyukur dengan apa yang dia punya. Melainkan hanya selalu berkutik dengan kehidupan orang lain. Lagipula, kita semua tentu diberi kehidupan yang berbeda-beda oleh yang Maha Kuasa sehingga kita tinggal mencari caranya agar bisa lebih maju dari orang lain.

5. Memperumit hidup

5 Kebiasaan yang Justru Membuatmu Tak Bahagia Sepenuhnyapexels.com/Lukas Rodriguez

Kebanyakan orang tidak bahagia justru menjadi faktor utama dalam kesengsaraannya. Dia membuat segala yang ada dihidupnya menjadi lebih rumit disaat sebenarnya mudah dan sederhana.

Tidak pernah mau fleksibel dalam kehidupannya, yang penting ingin lebih sempurna dari lainnya, itulah yang biasa disebut si perfeksionis. Kalau dibiarkan, faktor kehidupannya akan semakin rumit dijalaninya dan bisa jadi menimbulkan ketidakbahagiaan yang seutuhnya.

Itulah lima kebiasaan yang justru membuatmu tak akan pernah merasakan kebahagiaan yang sebenarnya. Jika diri kamu masih ada lima kebiasaan seperti yang di atas tadi, segera ubahlah menjadi pribadi yang lebih baik lagi, ya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Orang yang Terlihat Bahagia Belum Tentu Bahagia

Gebialya Raa Photo Verified Writer Gebialya Raa

Good leadership is teaching ordinary people to be able to do the work of extraordinary people. -John D. Rockefeller //FOUNDER//

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya