Comscore Tracker

#GreenBeauty Dari Rumah, Kamu Layak jadi Superhero Kehidupan

Bersama Garnier mewujudkan kehidupan alam kembali bersih!

Sudah setahun lebih kita hanya berada di rumah aja karena COVID-19 ini, lalu seluruh aktivitas pun di rumahkan sehingga tentu kita merasa jenuh dengan semua hal itu, dan dampaknya pun bisa terjadi ke psikologi manusia bahkan lingkungan alam juga ikut terkena dampaknya karena pandemi ini. 

Salah satunya yaitu meningkatnya jumlah sampah akibat faktor masyarakat yang lebih sering menghabiskan waktu di rumah. Tentu penyebabnya ada banyak seperti kebiasaan masyarakat yang kini gemar berbelanja online selama pandemi tersebut. Hal itu pun turut berdampak pada peningkatan jumlah sampah seperti plastik, dus, styrofoam, dan lain-lainnya. 

Kemudian sampah medis juga ikut berdampak pada kerusakan lingkungan. Seperti berupa limbah tisu, masker, sapu tangan, kaus tangan, dan sisa APD lainnya. Oleh karena itu, kita harus benar-benar sadar diri betul terhadap lingkungan yang kini sedang masa-masanya krisis. 

Caranya gampang, kok untuk #onegreenstep pada lingkungan kita, yaitu kamu bisa dimulai dari aktivitas-aktivitasmu selama di rumah aja bersama salah satu brand kecantikan terkenal di dunia yaitu Garnier. Oh ya, bahkan kaum mager pun bisa menjadi pahlawan untuk perubahan lingkungan bumi menjadi lebih baik lagi.

1. Jangan buang makanan

#GreenBeauty Dari Rumah, Kamu Layak jadi Superhero KehidupanIlustrasi membuang sisa makanan (purdue.edu)

Ketika perut mulai keroncongan, kita bisa mengambil makanan dari meja yang sudah tersedia beberapa menu masakan, dan tanpa pikir panjang kita langsung mengambil menu makanan hingga melebihi porsi, karena saking laparnya, lalu menikmatinya. Namun beberapa lama kemudian ternyata perut sudah penuh, sedangkan makanan kita yang di piring masih tersisa sedikit lagi. Karena sudah kenyang banget, alhasil kita terpaksa membuang sisa makanan tersebut.

Nah, sebaiknya kita hal seperti itu jangan dilakukan lagi karena sama saja kita sudah melakukan perusakan bumi. Setelah kita membuang sisa bahan makanan tersebut, nantinya dia akan membusuk dan tentu akan meningkatkan kadar Co2 di udara. Terus satu lagi, berhenti membuang makanan yang sudah sesuai expired date, karena itu bukan berarti tidak bisa dimakan lagi, tetapi sudah tidak dalam kondisi baik.

Jadi, segera dikonsumsi sebelum busuk. Maka nanti ketika kita sedang lapar sebaiknya ambil porsi makannya secukupnya saja dulu, ya agar tidak membuang-buang makanan dan itu berarti kamu sudah menyelamatkan bumi.

2. Kurangi menggunakan transportasi ber-BBM

#GreenBeauty Dari Rumah, Kamu Layak jadi Superhero KehidupanIlustrasi orang menggunakan transportasi umum (treehugger.com)

Ketika ibu menyuruh kamu beli gula ke warung terdekat atau ke mana pun itu, mari kita usahakan berjalan kaki tanpa harus mengandalkan transportasi seperti motor. Kemudian misalkan berangkat kerja, dan di daerah kita sudah menyediakan transportasi umum, maka gunakanlah sesering mungkin.

Apalagi kini pemerintah sudah gencar mengembangkan moda transportasi umum agar masyarakatnya lebih antusias dan nyaman dalam memanfaatkannya.

Mengapa? Hal itu dikarenakan demi menyelamatkan iklim bumi. Maka bila kita sudah terbiasa mengurangi penggunaan transportasi dalam kesehariannya, itu sama dengan kamu sudah membantu menurunkan kadar CO2, yang berarti iklim di bumi pun akan terlestarikan dengan baik dan udara jadi makin sehat.

Baca Juga: #GreenBeauty Lubuk Larangan: Kearifan Lokal Suku Batak Jaga Lingkungan

3. Mendaur ulang sampah

#GreenBeauty Dari Rumah, Kamu Layak jadi Superhero KehidupanIlustrasi sampah dan barang bekas (Pexels.com/Isaac Taylor)

Daripada barang-barang bekas selalu numpuk di rumah dan terbuang sia-sia, sebaiknya kita recycle kembali sampah-sampah tersebut menjadi hal yang berguna. Seperti contohnya kamu bisa memanfaatkannya jadi barang yang menjual, intip aja tutorialnya di YouTube, sekarang sudah banyak kok varian barang bagus yang terbuat dari olahan sampah bekas yang ada di rumah.

Atau supaya gak mau ribet lagi permasalahan kamu itu bisa dibantu dengan sistem aplikasi, lho yang bernama eRecycle. Apa itu? eRecycle merupakan aplikasi Penjemputan Sampah Terpilah berbasis Teknologi. Jadi kebetulan juga, nih aplikasi eRecycle sedang berkolaborasi bersama brand Garnier dalam mengusung program #GarnierGreenBeauty untuk Turut Jaga Kelestarian Lingkungan.

Yang pastinya program tersebut untuk meningkatkan antusias masyarakat Indonesia dalam mendaur ulang sampah. Jadi melalui proses aplikasi ini, sampah yang sudah kamu pilah-pilah dari rumah nanti akan dijemput oleh tim eRecycle ke rumahmu, lalu ditimbang secara digital, akurat dan real time. Dan sampah terpilah tersebut akan menjadi cuan, lho atau berupa reward. Jadi tunggu apalagi, yuk segera unduh aplikasi eRecycle dan jual langsung limbahmu!

Tak hanya kamu saja, brand Garnier pun turut ikut mendaur ulang sampahnya, lho. Buktinya Garnier sudah mengambil langkah nyata dengan meluncurkan kemasan-kemasan yang bisa didaur ulang. Kemudian Garnier pun sudah menghemat penggunaan virgin plastic pada kemasannya hingga 32 ton pada tahun 2019 lalu. Dan ke depannya, Garnier akan meluncurkan produk tissue mask yang dapat terurai dengan metode composting.

4. Hemat dalam penggunaan air dan listrik

#GreenBeauty Dari Rumah, Kamu Layak jadi Superhero KehidupanIlustrasi orang setelah menyelesaikan pekerjaannya dan mematikan sebagian lampunya (Pexels.com/cottonbro)

Air adalah sumber kehidupan manusia. Aktivitas berkaitan dengan sumber air pun hampir sering kita lakukan di rumah, seperti mandi, mencuci, menyiram, dan lain-lain. Namun, apakah kita masih bisa bijak dalam penggunaannya? Contohnya setelah kita menggunakannya, segera matikan air kerannya seperti sehabis mencuci piring, mencuci pakaian, mandi atau apa pun itu.

Kemudian dalam penggunaan listrik pun sama. Setelah kamu menonton televisi, charging HP, atau ketika mau tidur, segera matikan seluruh listrik, jangan sampai terbuang begitu saja dalam penggunaannya. Kita usahakan untuk tidak membuang-buang air dan listrik pada saat di rumah, karena itu sangat membantu kondisi kadar air tanah meningkat serta bisa membantu menurunkan jejak energi karbon di bumi ini. Dan artinya kamu telah melestarikan lingkungan alam dengan baik hanya dari rumah saja.

Oh ya, merek Garnier juga tak mau kalah, lho dalam berhemat yaitu telah menerapkan proses produksi yang lebih ramah lingkungan. Jadi pabrik Garnier Indonesia sudah mengurangi 60 persen penggunaan air dan juga 84 persen emisi karbon, berkat penggunaan teknologi mini hydro power system. Bahkan nanti ke depannya Garnier Indonesia menargetkan zero carbon emission di pabriknya, lho. Keren, ya?

5. Kurangi penggunaan zat-zat kimia

#GreenBeauty Dari Rumah, Kamu Layak jadi Superhero KehidupanSheet mask garnier (instagram.com/garnierindonesia)

Terutama bagi wanita, kosmetik sudah pastinya memiliki peranan penting dalam hal kecantikan mereka. Walau tanpa sadar, masih ada sebagian dari mereka yang belum mengetahui bahwa masih ada brand kecantikan yang belum fokus pada isu keberlanjutan, yaitu masih menggunakan bahan-bahan kimia yang tentu akan memicu risiko kesehatan sekaligus berpotensi mencemari lingkungan kita.

Jadi, supaya kita lebih aman dalam mempercantik diri sekaligus bisa makin aware terhadap lingkungan, solusinya yaitu kurangilah penggunaan zat-zat kimia yang terlalu berlebihan. Atau kamu bisa pilih produk kecantikan dari Brand Garnier.

Mengapa produk Garnier? Asal kamu tahu, ya ternyata Garnier sendiri sudah menggunakan bahan baku alami pada semua produknya, lho. Contohnya pada produk Garnier Sakura itu asli dari bahan ekstrak sakura sendiri, kemudian Garnier Lemon Yuzu itu pun asli dari ekstrak lemonnya. Bahkan Garnier juga sudah lama tidak lagi menggunakan microbeads plastik untuk bahan baku produk scrubnya. Sehingga sangat mendukung dalam menjaga kehidupan biota laut serta alam sekitar.

Jadi brand Garnier kini memang mengedepankan bahan-bahan alami pada produknya. Oleh karena itulah, kami sangat mendukung kamu untuk memilih produk yang aman kesehatan dan lingkungan seperti produk dari brand Garnier ini, supaya kamu bisa merawat diri sekaligus bisa menyayangi bumi deh!

Gimana, mudahkan menjadi superhero untuk bumi tercinta? Solusinya yaitu dari rumah kamu bisa dimulai dengan hal-hal sepele seperti diatas tadi dan hal itulah kamu layak menjadi superhero bagi kehidupan selama di rumah aja.

Kemudian #GarnierxIDNTimes juga ingin mengajak kamu untuk lebih antusias lagi dalam gerakan peduli lingkungan melalui aktivitas-aktivitas kamu selama di rumah. Artikel di atas juga bisa menjadi referensi kamu supaya makin mencintai lingkungan alam sekitar, atau bisa langsung ikut gabung dalam #GarnierGreenBeauty di https://www.garnier.co.id/green-beauty untuk mengetahui lebih lanjut soal program Garnier tersebut.

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Tips Mengenali Produk Ramah Lingkungan, Wajib Tahu

Gebialya R. Photo Verified Writer Gebialya R.

berlomba-lombalah (dalam berbuat) kebaikan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya