Comscore Tracker

5 Resolusi Tepat Buat Millennials Biar Tahun Depan Lebih Berarti

Biar gak galau jodoh melulu

Tahun 2020 tinggal menghitung hari. Wah, rasanya 2019 berjalan cuma sekejap mata, ya? Di antara kamu, khususnya generasi Millennials mungkin masih ada yang merasa tahun ini belum menjadi tahun yang membuatmu bersinar. Tak apa-apa, namanya juga hidup, kamu harus menikmati setiap langkah menuju impian.

Nah, biar tahun depan hidupmu lebih berarti, terapkan deh 5 hal di bawah ini. Jika kamu konsisten melakukannya, pasti 2020 akan jadi tahun yang menyenangkan buatmu.

1. Mengasah hobi menjadi sesuatu yang berarti

5 Resolusi Tepat Buat Millennials Biar Tahun Depan Lebih BerartiUnsplash/Annie Spratt

Mulai dari dirimu sendiri, asah hobimu saat ini dengan tekun agar menjadi sesuatu yang berarti. Percayalah, semua jenis hobi pasti ada manfaatnya untuk bangsa kok! Kalau kamu hobi merakit robot, tekunilah terus sampai kamu bisa menciptakan sebuah robot yang gak kalah canggih dari buatan Jepang.

Kalau kamu hobi main musik, teruslah bermusik! Ciptakan lagu-lagu yang indah dan Indonesia banget sehingga kamu turut bisa mewujudkan Indonesian Wave sebagaimana yang dilakukan Korea Selatan dengan Hallyu-nya.

Dan jangan berjalan sendiri. Kamu harus bisa saling berkolaborasi antarhobi. Kolaborasi ini akan menjadikan perjalanan menuju masa emas semakin mudah, optimisme pun semakin kuat!

2. Rajin jadi sukarelawan sosial

5 Resolusi Tepat Buat Millennials Biar Tahun Depan Lebih Berartikabartangsel.com

Masih banyak daerah di sekitar kita yang terbilang tertinggal dari segala aspek kehidupan. Oleh karenanya, selagi masih muda, yuk sering-sering main ke desa dan melakukan pengabdian di sana. Sesuaikan dengan bidang yang kamu kuasai.

Misalnya, kamu pandai mengajar, maka kamu bisa menajdi guru relawan di sekolah-sekolah di desa. Atau kamu yang menekuni bidang pertanian, perikanan, maupun kesehatan pastinya sangat dibutuhkan tenaga relawan di desa-desa.

Dengan menjadi sukarelawan sosial, kamu akan tahu masalah apa saja yang saat ini masih dihadapi negeri ini. Kelak setelah selesai mengabdi dan kembali ke kota, kamu bisa mengkaji solusinya agar daerah tersebut menjadi lebih maju mengikuti perkembangan zaman.

Baca Juga: 6 Resolusi Tahun Baru yang Tepat Buat Si INFJ

3. Membayar pajak, cicilan, dan utang tepat waktu

5 Resolusi Tepat Buat Millennials Biar Tahun Depan Lebih BerartiUnsplash.com/Nick Pampoukidis

Harus diakui bahwa kamu membenci praktik korupsi. Seluruh masyarakat Indonesia pun berharap negeri ini bisa bebas dari praktik jahat ini. Makanya, dimulai dari dirimu sendiri yang perlahan mulai hidup mandiri, mencegah korupsi bisa dilakukan dengan membayar pajak, cicilan, atau utang tepat waktu. Dengan begitu kamu bisa disiplin terhadap uang, jadi gak boros deh!

Selain itu, kamu harus membiasakan diri mengatur keuangan dengan baik. Korupsi itu bermula dari pola pikir terhadap keuangan. Ya, kamu semua sangat suka uang. Oleh karenanya, biar tak terjebak suap dan korupsi, aturlah keuangan dengan baik sehingga kamu tidak pernah merasa kekurangan.

Ingat, uang pajak yang kamu bayarkan pasti tetap akan berguna, kok. Dan jika kamu tidak banyak berutang, pastinya kondisi keuanganmu akan lebih stabil.

4. Rajin membaca buku dan informasi terkini

5 Resolusi Tepat Buat Millennials Biar Tahun Depan Lebih BerartiPexels/Min An

Millennials memang sangat dekat sekali dengan smartphone. Maka, tak sedikit dari mereka yang akhirnya perlahan meninggalkan buku dan bacaan bermutu lainnya. Duh, jangan sampai kamu seperti itu ya!

Tetaplah rajin membaca setiap hari karena kunci negara yang maju adalah pola pikir warganya yang juga kritis. Jangan sampai kamu jadi generasi yang kritis tapi bodong — sekadar mengkritik sesuatu tapi alasannya tidak logis.

Tahun depan kamu harus punya motivasi punya wawasan lebih luas sehingga bisa lebih bijak menghadapi segala situasi. Apalagi tahun depan juga akan ada banyak agenda dunia, pasti linimasa media sosialmu akan dibanjiri konten-koten yang serius.

Makanya biar gak overwhelmed, perbanyak baca buku setidaknya satu buku setiap bulan sehingga otakmu tetap segar untuk dipakai berpikir.

5. Tertib mengantre sebagaimana mestinya

5 Resolusi Tepat Buat Millennials Biar Tahun Depan Lebih BerartiUnsplash.com/Jens Johnsson

Negara yang maju itu ditandai dengan masyarakatnya yang disiplin. Mulai sekarang, bersabarlah kalau sedang mengantre — jangan menyerobot sampai menarik-narik orang. Misalnya, di toilet umum, mengantrelah dari depan etalase, bukan di depan pintu toilet. Meski tidak ada aturan tertulis mengenai hal ini, namun kebiasaan mengantre seperti ini akan memudahkan orang yang sudah selesai menggunakan toilet lebih leluasa keluar dari bilik.

Selain itu, bisa juga biasakan mendahulukan orang yang keluar dari kereta. Jadi, tidak buru-buru masuk karena hal ini akan memakan lebih banyak waktu. Kalau orang yang di dalam kereta keluar duluan, kan kamu yang mau masuk jadi tahu mana tempat yang bisa diduduki. Tak usah buru-buru. Mengantre itu sebenarnya demi kebaikan bersama juga kok!

Kebiasaan satu ini emang butuh kesabaran untuk bisa menciptakan masyarakat yang disiplin. Pastinya lebih enak dong kalau orang-orang sadar diri mengantre? Jadi, biasakan dari dirimu sendiri ya!

Itulah 5 resolusi yang sebaiknya dilakukan Millennials di tahun depan biar tahun 2020 bisa bikin hidup semakin bahagia. Semangat!

Baca Juga: Cocok Buat yang Mager, Ini 7 Resep Jalani Hidup Sehat di Tahun Baru

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya