Comscore Tracker

6 Aktivitas Ini Bukti Kamu Mencintai Diri Sendiri, Bukan Rebahan!

Gak mau membiarkan dirimu sendiri menderita, kan?

Kampanye bertajuk "self-love" sekarang kian santer disuarakan. Barangkali di era sekarang ini memang banyak orang yang merasa tersesat menemukan jati dirinya lantaran terpaksa mengikuti pergerakan dunia yang sangat cepat. Sampai-sampai lupa bagaimana caranya bikin diri sendiri bahagia.

Oke, kita memang harus mencintai diri sendiri untuk bahagia, tapi seperti apa sih tanda kita sudah mengimplementasikan self-love? Gak harus yang berat-berat, 6 hal sederhana ini sebenarnya menandakan kamu sudah mencintai diri sendiri. Yuk, cek apa saja.

1. Konsisten bangun pagi

6 Aktivitas Ini Bukti Kamu Mencintai Diri Sendiri, Bukan Rebahan!Pexels/Tookapic

Bagi sebagian besar orang, pagi merupakan waktu penanda awal hari. Orang-orang sukses dunia sangat senang melakukan aktivitas produktif yang simpel di pagi hari. Misalnya, olahraga, meditasi, membaca buku, atau memasak. Ya, banyak ahli kesehatan mengatakan bahwa kita akan lebih bahagia kalau bangun pagi.

Nah, jika kamu membiasakan diri untuk bangun pagi, bahkan sebelum matahari terbit, lalu melakukan aktivitas produktif, artinya kamu peduli dengan diri sendiri. Suasana yang masih segar akan membuat mood-mu menjadi terasa baik sehingga kamu bisa melakukan aktivitas harian dengan gembira.

2. Merawat tubuh dan menjaga kesehatan

6 Aktivitas Ini Bukti Kamu Mencintai Diri Sendiri, Bukan Rebahan!unsplash.com/Milan Popovic

Ini juga tanda yang sangat penting. Orang yang mencintai sesuatu pastinya ingin menjaganya agar selalu baik-baik saja, kan? Termasuk diri sendiri. Dengan menjaga kesehatan, mengatur pola makan, rajin olahraga, artinya kamu memperhatikan kebugaran tubuhmu. Kamu gak ingin membiarkan dirimu sakit--bahkan sekadar gak enak badan sekalipun--karena kamu tahu sakit itu mahal, butuh biaya banyak kalau berobat.

3. Kamu tahu kapan harus istirahat

6 Aktivitas Ini Bukti Kamu Mencintai Diri Sendiri, Bukan Rebahan!Unsplash/Kuo-Chiao Lin

Ketika tubuh rasanya udah lelah banget dan kamu merasa udah gak bisa produktif lagi, kamu memutuskan untuk istirahat sebentar. Dengan begitu, kamu paham bahwa percuma aja tetap bekerja atau belajar kalau kondisi tubuh sedang tidak segar.

Bukannya terus-terusan rebahan di kasur kalau akhir pekan, orang yang mencintai dirinya sendiri pasti tahu seberapa lama ia harus rebahan kemudian memulai aktivitas kembali. Apakah kamu termasuk seperti ini?

Baca Juga: Memahami Self-Care dan Self-Love, Meski Berbeda Tapi Sama Pentingnya

4. Rajin menabung dan berinvestasi karena kamu tahu masa depan harus dipersiapkan

6 Aktivitas Ini Bukti Kamu Mencintai Diri Sendiri, Bukan Rebahan!Unsplash.com/Nick Pampoukidis

Mencintai diri sendiri gak melulu secara fisik, dari segi finansial pun bisa tercermin. Bukannya pelit, kamu hanya merasa perlu menyisihkan uang untuk ditabung biar di masa depan gak panik jika harus memenuhi kebutuhan. Selain itu, kamu benar-benar berusaha untuk gak punya utang, karena percuma saja menabung tapi ujung-ujungnya cuma buat bayar utang. Lantas simpanan mana lagi yang harus diinvestasikan untuk masa depan?

5. Gak sungkan minta bantuan kalau kamu memang gak bisa melakukannya

6 Aktivitas Ini Bukti Kamu Mencintai Diri Sendiri, Bukan Rebahan!Unsplash/Cristi Tohatan

Dan gak melulu soal diri sendiri, self-love itu juga tetap berkaitan dengan orang lain. Contohnya saat kamu benar-benar udah merasa stuck gak bisa melakukan sesuatu dan butuh bantuan, saat itulah kamu menghubungi orang terdekat untuk membantumu. Hal ini dilakukan karena kamu juga gak mau membahayakan diri sendiri jika memaksakan diri mengerjakan atau menghadapi hal tersebut.

Kamu juga sangat rendah hati dalam membantu orang jika diminta. Karena kamu punya pemikiran bahwa semua orang tidak bisa berjuang sendirian.

6. Menjalankan hobimu dengan riang gembira

6 Aktivitas Ini Bukti Kamu Mencintai Diri Sendiri, Bukan Rebahan!Unsplash/David Schultz

Suatu hal yang bikin kamu senang saat melakukannya dan gak merasa capek, bisa jadi itu memang hobimu. Hal ini seringkali memang gak disadari. Tapi ketika kamu menemukannya, nikmatilah selalu saat kamu melakukannya. Misalnya, kamu senang sekali saat main gitar di waktu senggang. Entah memainkan lagu apa, yang jelas selama memetik gitar suasana hatimu jadi lebih tenang dan gembira. Nah, lakukanlah hobi itu ketika kamu merasa lelah.

Itulah tanda kalau kamu mencintai diri sendiri. Gak harus susah kan untuk bikin dirimu bahagia?

Baca Juga: 5 Tips Menikmati Self Love Biar Gak Berakhir Kebablasan dan Jadi Boros

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya