Comscore Tracker

Saat Introvert Hangover, Jangan Paksa Diri dengan Melakukan 6 Hal Ini!

#PANJATPOIN Biar gak pada salah paham sama kamu

Bagi orang berkepribadian introver, berinteraksi dengan orang dalam kurun waktu yang panjang membuat energinya terserap, sehingga ia akan merasa sangat lelah. Kondisi ini dikenal dengan istilah introvert hangover. Kalau suatu hari kamu merasa enggan ngomong, malas berpikir, dan mager abis, artinya kamu sedang terkena kondisi ini.

Gak apa-apa, ini adalah kondisi yang gak buruk, kok. Hanya saja, kamu harus sadar. Saat introvert hangover menyerang, kamu gak bisa berpikir jernih. Akhirnya, bisa aja secara gak sadar, kamu melontarkan kata-kata yang tajam atau melakukan hal yang kasar pada orang lain. Wah, bahaya, 'kan.

Nah, biar orang-orang di sekitarmu gak salah paham, sebaiknya hindari melakukan enam hal ini saat introvert hangover menyerangmu.

1. Menyapa orang, lalu ngobrol basa-basi

Saat Introvert Hangover, Jangan Paksa Diri dengan Melakukan 6 Hal Ini!Unsplash/Brooke Cagle

Kalau kamu tidak ingin semakin kolaps, sebaiknya hindari dulu menyapa orang, apalagi melanjutkannya dengan ngobrol basa-basi. Meski kedua hal tersebut adalah tindakan yang ringan, kalau dilakukan terus menerus, tetap saja akan membuat energimu hilang secara perlahan.

Apalagi, saat mengalami introvert hangover, meski tampaknya kamu merasa baik-baik saja, akan ada satu masa kamu terlihat muram dan tidak ramah. Sapaan dan kalimat basa-basimu bisa jadi malah terdengar serius — padahal harusnya ditanggapi dengan candaan aja.

Daripada dianggap fake dan dipikir macam-macam sama orang lain, mending nunggu disapa aja, deh. Tetaplah diam dan kumpulkan energimu.

2. Tersenyum sepanjang hari

Saat Introvert Hangover, Jangan Paksa Diri dengan Melakukan 6 Hal Ini!Pexels/ Elle Hughes

Jangankan ngomong, senyum aja rasanya susah banget saat diri benar-benar lelah. Percaya, deh, kalau kamu tetap memaksakan diri tersenyum sepanjang hari, bukan senyum manis yang tampak, melainkan senyuman terpaksa yang tentu akan membuatmu semakin capek. Hal ini akan menyedot energi memengaruhi kondisi mentalmu.

Tidak apa-apa kalau kamu jadi terlihat muram atau sedih. Biar orang di sekitarmu gak khawatir dan takut, lebih baik kamu jujur aja dengan kondisimu bahwa kamu sedang lelah berinteraksi dengan orang. Jangan cuma kamu yang harus memaksakan diri beradaptasi dengan situasi, tapi mereka juga harus paham.

3. Pergi ke mal atau tempat yang ramai

Saat Introvert Hangover, Jangan Paksa Diri dengan Melakukan 6 Hal Ini!Pexels/Kaique Rocha

Oh, jelas hal ini wajib banget kamu hindari. Saat berada di kondisi ini, hal yang paling tepat kamu lakukan adalah menyendiri di tempat yang sepi. Percuma kalau kamu menyendiri, tapi di tempat yang banyak orangnya. Energimu akan tetap terserap di sana.

Tenangkan diri di tempat yang nyaman dan hening. Kadang, di situasi seperti itu, akan membantumu mengumpulkan energi lebih cepat, sehingga pikiranmu segera segar kembali.

Jadi, kalau diajak jalan-jalan sama temanmu ke mal, tapi kamu sendiri sedang sangat amat lelah secara mental, jangan sungkan menolaknya. Ingat, ini demi kebahagiaanmu juga. Introvert hangover kalau dibiarkan bisa bikin stres hingga depresi, lo!

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Buat Kamu yang Introvert Agar Cepat Betah di Perantauan

4. Bicara di depan umum

Saat Introvert Hangover, Jangan Paksa Diri dengan Melakukan 6 Hal Ini!hackernoon.com

Bila kegiatanmu sehari-hari menuntut untuk bicara di depan umum, ada baiknya kamu menghindarinya terlebih dulu jika sedang hangover. Istirahat dulu dari mengajar, presentasi, atau melayani orang-orang.

Saat hangover, pikiranmu sedang tidak fokus. Daripada ngomong melantur gak ada isinya dan intonasi bicaramu tiba-tiba meninggi hingga terkesan marah, lebih baik jangan melakukannya dulu.

Kamu pasti paham. Saat melakukan presentasi, kita harus bisa bicara dengan jelas dan tegas. Kalau kalimat demi kalimatmu gak bisa diucapkan dengan sempurna, audiensi malah gak mengerti dengan konteks yang sedang dibicarakan. Akhirnya, malah bikin mereka malas mendengarkan.

Itu sebabnya, daripada dicap sebagai pembawa acara yang ngawur, mendingan libur dulu ngomong di depan banyak orang. Cutilah sehari, cukup.

5. Diskusi membuat keputusan

Saat Introvert Hangover, Jangan Paksa Diri dengan Melakukan 6 Hal Ini!Unsplash/rawpixel

Ya, jangan memaksa diri buat berpikir mendalam, apalagi saat kamu harus terlibat dalam diskusi dan diminta memberikan keputusan. Ketika introvert hangover menyerang, kamu akan sulit berpikir jernih dan fokus.

Informasi yang disampaikan, meski bisa kamu tangkap maknanya, kamu akan kesulitan menanggapinya. Akhirnya, malah bikin kamu muter-muter membicarakannya.

Apalagi, saat sudah diminta membuat keputusan, kepalamu bakal langsung terasa pening dan panas. Kalau dipaksakan untuk berpikir pun, akhirnya solusi yang keluar bukanlah hal yang terlalu oke — tidak seperti keputusan hebat yang biasanya kamu buat.

Nah, daripada gemas sama diri sendiri dan malah jadi marah-marah, lebih baik kamu berani untuk jujur. Saat itu, kamu lagi gak bisa mikir keras, sehingga gak bisa kasih keputusan. Penting banget soalnya berpikir jernih saat membuat keputusan.

6. Bekerja sepanjang malam

Saat Introvert Hangover, Jangan Paksa Diri dengan Melakukan 6 Hal Ini!Unsplash/Steve Houston

Ini juga bahaya. Udah jadi pengetahuan bersama bahwa begadang bisa bikin suasana hati anjlok gak karuan. Ditambah lagi, kalau kamu sedang mengalami introvert hangover, makin anjlok dan gak stabil kondisi psikologismu. Hal ini bisa jadi sangat berbahaya buat dirimu sendiri dan orang di sekitarmu.

Kalau memang masih punya pekerjaan yang harus diselesaikan, tetap saja kamu harus istirahat sejenak. Daripada salah, lebih baik rehatkan dirimu. Biarkan pikiranmu adem dulu, meski badan tetap lelah. Apalagi, begadang juga bisa mengakibatkan penyakit berbahaya pada tubuh. Duh! Malah makin merepotkan nanti.

Gak semua orang paham dengan kondisi introvert hangover ini, bahkan bagi si introver sendiri. Bagaimanapun, tetap saja yang bertanggung jawab atas kondisi ini adalah dirimu sendiri. Itu sebabnya, jangan luapkan kelelahan itu ke luar, tapi ke dalam dirimu.

Hening dan rehat sejenak dari ingar bingar sosial. Gak perlu lama-lama, biasanya sehari untuk me time aja cukup. Namun, tetap aja, itu tergantung dirimu, ya. Penting diketahui, kalau dirimu sedang mengalami introvert hangover, hindari memaksakan diri melakukan enam hal di atas. Semoga gak ada yang salah paham dan terluka, ya!

Baca Juga: Diam-diam Peduli, Ini 5 Tanda Introvert Selalu Perhatian ke Kamu

Gendhis Photo Verified Writer Gendhis

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya