Comscore Tracker

5 Rekomendasi Buku untuk Kamu yang Belajar UX Writing

UX writing itu gak sekadar menulis, lho!

Saat ini, profesi UX Writing tengah diminati dan sering jadi perbincangan masyarakat, khususnya para pegiat digital. Penulis UX memang semakin dibutuhkan di masa digitalisasi seperti ini, pasalnya sudah semakin banyak kreator aplikasi dan website untuk meningkatkan aktivitas bisnis.

Pada dasarnya, penulis UX itu pekerjaannya menuliskan pesan dan teks-teks mikro pada aplikasi maupun website sebagai pemandu bagi pengguna. Contohnya, biasanya kalau pertama kali meng-install aplikasi di HP, kamu akan diminta untuk log in atau sign up bukan? Nah, teks-teks pada laman tersebut ditulis oleh penulis UX.

Tampaknya mudah, ya? Tapi, jangan buru-buru menyimpulkan dulu. Meski tugasnya menulis, tapi penulis UX juga harus paham dasar-dasar user experience. Oleh karenanya, ada beberapa buku yang bisa jadi bahan belajar kalau kamu sedang mendalami UX writing. Berikut rekomendasinya.

1. Microcopy The Complete Guide

5 Rekomendasi Buku untuk Kamu yang Belajar UX Writingfacebook.com/microcopybook

Buku yang ditulis oleh Kinneret Yifrah ini banyak direkomendasikan oleh para UX Designer dan UX Writer profesional. Boleh dibilang, ini adalah kitab yang wajib dibaca dan dipahami habis oleh penulis UX. Di dalamnya memuat panduan membahasakan kosakata teknis menjadi kata yang lebih manusiawi sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitasnya pada aplikasi atau website.

Selain bisa menemukan definisi kosakata teknis tersebut, kamu juga akan ditunjukkan contoh-contoh UX writing yang baik. Pokoknya, buku ini harus banget kamu baca!

2. How to Write Short

5 Rekomendasi Buku untuk Kamu yang Belajar UX Writingamazon.com

Tantangan terbesar seorang penulis UX adalah menulis sependek-pendeknya, tapi harus bisa menyampaikan pesan sebaik-baiknya. Sebagian besar dari kita mungkin berpikir kalau tulisan yang baik adalah tulisan yang panjang. Nah, kalau pada prinsip UX writing, tulisan yang baik adalah tulisan yang ringkas dan mudah ditangkap oleh pengguna dalam hitungan detik.

Oleh karena itu, penulis UX harus bisa menulis teks pendek tanpa menghilangkan konteks pesan. Buku How to Write Short karya Roy Peter Clark ini bisa jadi panduanmu. Dalam buku ini kamu gak cuma akan dijelaskan tentang tulisan pendek, namun juga contoh aplikatifnya sehingga mudah untuk dipraktikkan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Pengembangan Karier Edisi Tahun 2020, Wajib Baca!

3. Strategic Writing for UX

5 Rekomendasi Buku untuk Kamu yang Belajar UX Writingamazon.com

Buku yang ditulis oleh Torrey Podmajersky ini juga memuat materi tentang UX writing secara kompleks. Gak cuma menjelaskan mengenai prinsip penulisan UX, dalam Strategic Writing for UX juga memuat analisis-analisis penulisan UX pada beberapa website dan aplikasi sesuai dengan kategori risetnya. Setelah membaca buku ini kamu pasti akan paham bagaimana proses penulisan UX yang baik dan benar.

4. Microstyle: The Art of Writing Little

5 Rekomendasi Buku untuk Kamu yang Belajar UX Writingamazon.com

Hampir sama dengan buku How to Write Short, bedanya pada buku Microstyle: The Art of Writing Little  ini dikemas dengan lebih sederhana dan fokus pada prinsip-prinsip penulisan pendek untuk website dan produk digital lainnya. Di sini kamu akan diajak memahami pemilihan kata, menyesuaikan nada (tone) dari kata-kata, sampai tips meraih atensi pengguna. Semua materinya aplikatif banget!

5. The User's Journey: Storymapping Products That People Love

5 Rekomendasi Buku untuk Kamu yang Belajar UX Writingamazon.com

Selain menulis, UX Writer juga harus memahami proses dan pembangunan user experience. Penulis harus tahu bagaimana kebiasaan pengguna saat melakukan aktivitas pada aplikasi maupun website, siapa mereka, dan apa tujuan mereka. Nah, buku The User's Journey ini bisa jadi bacaan tambahanmu.

Buku ini mengajak kita untuk menggunakan metode penceritaan buat pengguna aplikasi. Pembangunan cerita tersebut akan memudahkan penulis UX dalam membuat teks pada aplikasi maupun website. Dengan gaya bahasa yang ringan, materi buku ini mudah banget dipahami, kok!

Kalau sudah membaca buku-buku di atas, kamu akan jauh lebih paham mengenai penulisan dalam UX Design. Terutama buat kamu yang sedang tertarik untuk mendalami profesi ini, buku di atas bisa jadi bekal buat praktik menulis UX. Selamat belajar, ya!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Buku Seru untuk Menemani Stay at Home Kamu

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya