Comscore Tracker

Bukan Uang, Ini 5 Hal yang Bisa Bikin Kita Bertahan Hidup

Hidup itu gak melulu soal materi, ya

Mungkin dalam benak sebagian besar orang, cara biar kita bisa hidup dalam waktu lama adalah dengan uang. Ya, uang memang yang terbaik--kadang bisa menyelesaikan masalah juga--tapi kamu perlu sadar bahwa itu bukanlah segalanya.

Uang hanyalah hasil akhir atas usaha yang sudah kamu lakukan untuk bertahan hidup. Jika dipikirkan lebih panjang, sebenarnya lima hal di bawah inilah yang sangat memungkinkan kita untuk tetap kuat menjalani hidup. Coba, kamu sudah memilikinya belum?

1. Kepercayaan diri

Bukan Uang, Ini 5 Hal yang Bisa Bikin Kita Bertahan Hidupdramabeans.com

Uang bisa kamu dapatkan dengan bekerja. Itu pun beragam macamnya, kamu bisa membuka usaha sendiri atau bekerja sebagai karyawan perusahaan. Kunci utama agar pekerjaanmu lancar dan menghasilkan banyak uang adalah percaya diri.

Di dunia ini, orang yang percaya diri akan jauh lebih dilihat daripada yang malu-malu kucing. Apalagi kalau kamu ingin berbisnis, percaya diri adalah modal paling utama. Dengan kepercayaan diri, kamu akan bisa menemukan banyak peluang dan jalan untuk dilalui. Kamu pun bisa mendapatkan semakin banyak pengetahuan baru yang juga akan membantu untuk bertahan hidup.

2. Berbagi pada sesama

Bukan Uang, Ini 5 Hal yang Bisa Bikin Kita Bertahan Hidupdramabeans.com

Jika kamu menyadarinya, uang gak selalu membuatmu bahagia dalam waktu lama. Ada hal lain yang dijamin bikin kamu lebih merasa berharga di mata orang lain, yakni dengan membantu sesama--sekecil apa pun itu. Percaya, deh kamu pasti akan merasa senang banget ketika udah membantu seseorang, misalnya membantu mengambilkan kopi untuk teman kerja.

Dengan saling membantu, kamu juga akan semakin diingat oleh orang-orang di sekitarmu. Mereka bisa jadi juga merupakan orang-orang yang akan membantumu menyelesaikan masalah kelak. Di dunia ini, orang baik juga bisa bertahan hidup lama, kok!

Baca Juga: 5 Cara Berkomunikasi Ini Terkesan Meremehkan Orang Lain, Hati-hati

3. Menjalin komunikasi

Bukan Uang, Ini 5 Hal yang Bisa Bikin Kita Bertahan Hidupdramabeans.com

Meski punya banyak uang, tapi kalau hidup sendirian tentunya gak menyenangkan. Itulah perlunya teman hidup dan menjalin komunikasi dengan mereka. Kalau udah lama gak ketemu, coba deh sekali-kali sapa dia lewat media sosial. Atau sesederhana ucapkan selamat di hari ulang tahunnya.

Menjalin komunikasi dengan teman dan keluargamu itu sangat perlu agar eksistensimu dalam hidup mereka gak lenyap. Dengan komunikasi ini pula, hubunganmu dengan teman-teman dan keluarga semakin akrab sehingga gak akan sungkan meminta bantuan.

4. Gak galau kelamaan

Bukan Uang, Ini 5 Hal yang Bisa Bikin Kita Bertahan Hidupsoompi.com

Waktu terus berlalu dan selama kamu masih di dunia ini, artinya kamu masih harus menjalani kehidupan sebagaimana mestinya. Kalau punya aktivitas harian, ya harus terus dilakukan. Namun, jika kamu dalam kondisi sulit dan meratapinya terus menerus tanpa beraktivitas seperti biasanya, berarti hidupmu hanya jalan di tempat--dan itu gak baik.

Jika kamu ditinggal menikah, bolehlah bersedih dan galau, tapi jangan terlalu lama karena nanti waktumu untuk bertemu jodoh yang sesungguhnya akan semakin lama. Kamu pasti akan capek kalau galau melulu. Daripada sampai depresi, lebih baik segera beranjak, tetap jalani kegiatan sehari-hari sambil mencari solusi terbaik.

5. Pengetahuan yang luas

Bukan Uang, Ini 5 Hal yang Bisa Bikin Kita Bertahan Hidupweheartit.com

Kebanyakan dari kita lupa dengan poin satu ini. Meskipun kamu gak sekolah tinggi bukan berarti harus berhenti belajar dengan pengetahuan yang di situ-situ aja, ya. Belajar itu bisa dari mana saja, apalagi sekarang di era digital semua ilmu pengetahuan mudah diakses. Dengan pengetahuan luas yang kamu miliki, kamu akan jauh dari penipuan dan hal-hal buruk lainnya  yang dapat mengancam hidupmu.

Selain itu, pengetahuan luas juga akan membawamu pada peluang baru. Hal tersebut akan membantumu mengubah jalan hidup. Jadi, jangan malas untuk membaca buku dan mempelajari hal baru.

Ingat, meski uang kadang bikin kita bahagia, tapi itu sekadar alat yang suatu saat bisa aja hilang. Maka, kamu harus memiliki lima hal di atas sebagai bekal menjalani kehidupan yang antistres. Kamu pasti tetap bisa bahagia, kok meski uang yang dimiliki pas-pasan!

Baca Juga: 5 Buku yang Mengubah Dunia dan Ilmu Pengetahuan, Wajib Dibaca Nih!

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya