Comscore Tracker

5 Kebaikan Ini Sebaiknya Gak Selalu Kamu Berikan pada Orang Lain

Baik boleh, berlebihan jangan~

Kamu pasti pernah dengar nasihat seperti ini: “Gak apa-apa tidak pintar, yang penting jadi orang baik”. Ya, sejak kecil kita diajari berperilaku sopan dan santun agar kelak menjadi orang yang baik hati. Bahkan sampai sekarang pun kita masih belajar untuk menjadi baik sedemikian rupa. Namun, kadang kita lupa bahwa menjadi baik itu gak selamanya baik.

Bukannya mengajak pada keburukan, namun segala yang berlebihan memang tidak baik bukan? Kalau kamu terlalu baik, justru bisa jadi hal-hal tidak menyenangkan akan terjadi padamu. Karena kalau dipikir-pikir, gak semua orang di dunia ini bisa menangkap pesan kebaikan tersebut.

Oleh karenanya, dari sekian banyak perilaku baik, coba deh untuk gak kebiasaan melakukan 5 kebaikan ini kepada orang lain.

1. Memberi pinjaman uang

5 Kebaikan Ini Sebaiknya Gak Selalu Kamu Berikan pada Orang LainUnsplash.com/Nick Pampoukidis

Mungkin kebaikan yang satu ini bukan yang paling sering dilakukan, tapi ada lho di antara kita yang secara gak sadar menjadi orang yang gampang banget meminjamkan uang. Kalau kamu termasuk orang yang seperti itu sebaiknya mulai sekarang dikurangi, ya. Apalagi kalau sering lupa untuk menagih utang kepada orang yang meminjam uangmu dan merasa gak enak hati memintanya.

Meminjamkan uang itu boleh, tapi kalau keseringan nanti kamu bisa dianggap berlimpah uang dan membuat orang-orang di sekitarmu jadi malas untuk berusaha. Apalagi jika ada kawanmu yang gemar meminjam uang. Belum lagi kalau tidak segera dikembalikan, kamu juga yang akan rugi karena kehilangan sejumlah uang yang sebetulnya bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhanmu sendiri.

Sebelum meminjamkan uang, pastikan dulu kondisi finansialmu memang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Bila memang ada kelebihan uang, bisa kamu sedekahkan atau dipinjamkan pada orang yang membutuhkan.

2. Mentraktir teman atau keluarga

5 Kebaikan Ini Sebaiknya Gak Selalu Kamu Berikan pada Orang LainUnsplash/Dan Gold

Mentraktir teman atau keluarga barangkali memang bikin bahagia, apalagi kalau kamu sudah bekerja dan punya penghasilan sendiri. Pasti pengin, dong sekali-kali mengajak keluarga makan bareng dan kamu yang membayarnya. Atau kalau punya teman dekat, saking sayangnya kamu jadi seneng banget membelikan mereka makanan.

Namun, jika ini menjadi kebiasaan, bisa jadi malah memberikan dampak buruk buatmu. Uang pribadimu akan cepat berkurang, sementara kamu sendiri sebenarnya masih perlu menabung untuk memenuhi keperluan lainnya. Membahagiakan orang lain boleh, tapi gak selalu harus dengan membelikan mereka sesuatu, kok! Bijaklah dalam mengelola uangmu, ya!

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Perbuatan Baikmu Tidak Kunjung Dibalas Kebaikan

3. Menolong teman atau orang sekitarmu

5 Kebaikan Ini Sebaiknya Gak Selalu Kamu Berikan pada Orang LainUnsplash/benshares

Gak selamanya kebaikan yang kita anggap sebagai pertolongan bisa memberi dampak baik pula pada orang lain, termasuk inisiatif menolong. Karena, bisa saja jika kita menolong mereka, justru kita yang mendapatkan kesialan. Itulah mengapa kita selalu diimbau untuk menolong diri sendiri dulu sebelum menolong orang lain, terutama saat bencana atau situasi genting terjadi.

Pun kalau kamu terlalu sering menolong teman atau tetangga, bisa saja justru mereka terganggu, lho! Mungkin karena menurut mereka hal itu sebenarnya bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan. Justru kalau kamu membantu akan bikin pekerjaan mereka tidak lekas selesai.

4. Mendengarkan curhatan orang lain

5 Kebaikan Ini Sebaiknya Gak Selalu Kamu Berikan pada Orang LainUnsplash/Harli Marten

Ingatlah bahwa dirimu juga manusia yang punya energi terbatas. Mendengarkan curhatan orang tentunya perlu energi besar. Bukan cuma menyimak ceritanya, kamu juga perlu mengeluarkan tenaga untuk bersimpati hingga memberikan masukan solusi dari curhatan teman atau orang lain di sekitarmu tersebut.

Kadang-kadang, orang yang curhat itu bukan cuma ingin didengarkan melainkan juga diberikan solusi. Jika kamu menyimak terlalu dalam, mungkin saja malah kamu bisa masuk dalam pusaran masalah tersebut. Padahal masalah itu gak ada sangkut pautnya sama dirimu, nantinya malah kamu sendiri yang repot, kan?

Jadi, misalnya kamu sedang tidak bertenaga untuk mendengarkan curhatan orang lain, beranikan diri untuk menolak. Sayangi dirimu terlebih dulu, ya!

5. Jujur menjawab jika ditanya orang asing

5 Kebaikan Ini Sebaiknya Gak Selalu Kamu Berikan pada Orang LainUnsplash/Etienne Boulanger

Biasanya hal ini terjadi saat kita naik transportasi umum. Ya, kalau berpikiran positif, orang yang mengajak kita bicara itu sebenarnya hanya memecah keheningan, gak lebih. Hanya saja, kita juga perlu waspada saat menjawab pertanyaan. Takutnya jawaban kita itu malah disalahgunakan oleh orang tersebut.

Apalagi jika kamu ditanya tentang hal-hal yang sifatnya personal, seperti asal daerah, kampus, jurusan kuliah, hingga keluarga, sebaiknya kamu gak selalu menjawabnya dengan jujur. Kadang kamu perlu mengarang cerita demi keamanan identitasmu.

Nah, itulah 5 kebaikan yang sebaiknya gak jadi kebiasaan karena kalau berlebihan dilakukan justru bisa membuatmu mengalami kejadian buruk. Bersikap baik seperlunya, yang penting dirimu juga aman dan selamat.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Ini Bisa Bawa Kebaikan di Tempat Kerja

Gendhis Photo Verified Writer Gendhis

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya