Comscore Tracker

5 Momen yang Harus Kamu Hindari Saat Membuat Keputusan

Bisa jadi salah jalan, lho! Hati-hati

Namanya hidup pasti ada saja ragam masalahnya. Agar bisa terus berjalan, tentu masalah itu harus ditemukan solusinya. Namun, banyak yang belum paham bagaimana cara membuat keputusan dan menemukan solusi yang tepat tanpa mengulangi masalah serupa.

Dalam membuat keputusan, suasana emosi kita harus stabil agar pikiran pun bisa rasional dan logis. Setiap keputusan harus dipikirkan matang-matang, bukan cuma hal positifnya, tapi juga risikonya. Nah, setidaknya jangan buat keputusan saat kamu mengalami satu dari lima kondisi di bawah ini.

1. Saat marah, biasanya keputusan yang kamu bikin justru salah

5 Momen yang Harus Kamu Hindari Saat Membuat Keputusanunsplash.com/@gunaivi

Ya, saat emosimu meluap-luap karena amarah, biasanya otak gak bisa berpikir rasional. Akibatnya, kamu pun gak bisa menemukan solusi kreatif karena saat itu kamu hanya fokus pada suasana emosional. Biasanya, di situasi seperti ini, keputusan yang kamu ambil justru merupakan keputusan impulsif yang bisa aja malah memperburuk masalah.

Jadi, saat menghadapi masalah dan sampai membuatmu marah, jangan membuat solusi dulu. Tenangkan diri, turunkan emosi, dan dinginkan kepala agar kamu bisa berpikir pada hal-hal yang lebih luas.

2. Begitu pula saat sedih, keputusan dalam pikiranmu bukanlah yang terbaik

5 Momen yang Harus Kamu Hindari Saat Membuat Keputusanunsplash.com/@kaimantha

Ketika sedih, pikiran optimismu cenderung menurun. Jika kamu membuat keputusan di situasi seperti ini, bisa saja keputusan itu bukan hal yang sebenarnya kamu inginkan. Hal ini karena saat sedih, biasanya orang-orang tidak yakin dengan situasi dan dirinya sendiri. Sebab, saat sedih, pikiran pesimistis justru muncul lebih banyak.

Kondisi pesimistis seperti ini justru akan menghambatmu meraih tujuan. Masalah pun bukannya selesai justru bisa saja semakin runyam. Jadi, sebelum membuat keputusan, jika kamu merasa sedih sebaiknya selesaikan dulu kesedihan itu.

Baca Juga: Ketika Pekerjaan Sudah Terasa Membebani, Coba Lakukan 5 Hal Ini 

3. Apalagi ketika membenci seseorang, bisa bahaya!

5 Momen yang Harus Kamu Hindari Saat Membuat Keputusanunsplash.com/@icons8

Apabila kamu adalah seorang pemimpin dalam sebuah kelompok dan sedang membenci salah satu anggotamu, jangan sekali-kali membuat keputusan sebelum kebencianmu itu usai. Hal ini karena biasanya membuat keputusan disertai rasa benci itu justru melahirkan solusi yang terlalu subjektif. Bisa saja keputusan itu merugikan orang yang kamu benci, bahkan semua anggota.

Emosi negatif memang selalu menggunakan energi lebih banyak yang bisa bikin tubuhmu lesu. Oleh karenanya, jangan cari solusi jika pikiranmu masih dibaluti kebencian.

4. Ketika lapar, pikiranmu juga gak fokus

5 Momen yang Harus Kamu Hindari Saat Membuat Keputusanunsplash.com/@vmxhu

Saat membuat keputusan, kamu membutuhkan energi untuk berpikir rasional dan logis. Makanya, jika kamu merasa lapar lalu tiba-tiba ada masalah melanda, utamakanlah perutmu dulu. Isi dulu energi untuk tubuh, baru kemudian berpikirlah tentang solusi atas masalah tersebut.

Biasanya, orang lapar itu, kan, emosi negatifnya lebih mudah muncul daripada saat energi dalam tubuh masih aman. Oleh karenanya, makan dulu sebelum memutuskan sesuatu, ya!

5. Merasa terlalu excited pun juga gak baik untuk membuat keputusan, lho

5 Momen yang Harus Kamu Hindari Saat Membuat Keputusanunsplash.com/@zacharytnelson

Ketika kamu sedang sangat berbahagia, otak pun tidak bisa fokus untuk berpikir objektif dan rasional, lho! Kegembiraan yang ekstrem justru dapat memanipulasi otak untuk melihat hal-hal negatif--termasuk risiko dari keputusan yang kamu buat. Di sisi lain, kamu juga terlalu optimis terhadap keputusan tersebut sehingga membuat harapanmu naik drastis. Kondisi ini--jika gak kamu sadari--akan membahayakan situasi ke depannya.

Kondisi emosi sangat memengaruhi kita dalam membuat keputusan. Baik itu emosi negatif maupun positif, jika kondisinya berlangsung secara ekstrem, tidak akan menjadi momen yang tepat untuk membuat keputusan. Oleh karenanya, sadari emosimu dulu sebelum menentukan solusi masalah, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kenapa Kamu Gak Boleh Asal Nolak Tawaran Pekerjaan

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya