Comscore Tracker

Tips Jitu! 5 Tutorial Agar Semua Resolusimu Tercapai di Tahun Depan

Fokus, ayo fokus!

Wah, gak kerasa beberapa hari lagi kita sudah memasuki tahun 2019. Begitu cepat rasanya. Apakah resolusimu tahun ini sudah tercapai semua?

Seiring bertambah usia, di antara kamu pasti sudah tak peduli lagi dengan yang namanya resolusi. Namun, sebenarnya resolusi tetap perlu kita buat sebagai penunjuk jalan untuk kehidupan tahun depan.

Memang, mewujudkan resolusi itu tidak mudah. Kita tidak pernah bisa menduga hal-hal apa saja yang akan terjadi sepanjang tahun nanti. Apakah itu akan mempermudah mencapai resolusi? Atau justru membuat kita berpaling?

Nah, jangan putus asa. Sebenarnya membuat dan mewujudkan resolusi itu gak ribet. Berikut beberapa cara jitu agar resolusimu tahun depan tercapai semua.

1. Jangan terlalu banyak bikin daftar resolusi

Tips Jitu! 5 Tutorial Agar Semua Resolusimu Tercapai di Tahun DepanUnsplash/Glenn Carstens-Peters

Kebanyakan bikin daftar resolusi malah akan membuatmu bingung. Kamu jadi tidak tahu jalan mana yang harus dilewati, mana yang harus dicapai terlebih dulu, dan akhirnya malah bisa membuatmu menyerah duluan.

Buat saja 3 daftar resolusi. Karena, kalau dipikir lagi 365 hari nyatanya bukan waktu yang lama untuk bisa mencapai banyak hal. Kamu gak mungkin bisa mewujudkan 20 list resolusi dalam waktu sesingkat itu. Terlebih kalau impianmu besar, misalnya tahun ini ingin mulai membuka bisnis. Tentu saja untuk mewujudkannya kamu perlu banyak persiapan.

Maka, buatlah resolusi yang realistis, yang kira-kira bisa kamu capai hanya dalam waktu satu tahun. Sebenarnya tak harus bikin yang besar kok. Resolusi itu bisa mulai dari hal sederhana, misalnya kamu tahun ini ingin mulai gaya hidup zero waste. Tentu resolusi ini gak butuh usaha yang merepotkanmu kan? Jadi, jangan bikin banyak-banyak resolusi deh!

2. Buat daftarnya berdasarkan prioritas

Tips Jitu! 5 Tutorial Agar Semua Resolusimu Tercapai di Tahun DepanUnsplash/Gift Habeshaw

Ini penting supaya kamu bisa memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkan setiap resolusi. Ingat lagi, 365 hari bukan waktu yang lama. Jadi, tentukan mana resolusi yang sekiranya perlu waktu lebih panjang untuk mewujudkannya.

Buat daftar prioritas berdasarkan besar usaha yang kira-kira harus dikeluarkan. Mulai dari yang paling singkat sampai paling lama. Jadi, ketika resolusi pertama sudah tercapai, kamu tetap bisa berusaha mencapai resolusi terakhir meski sedang menjalani usaha mencapai resolusi kedua.

Baca Juga: Terungkap, Ini Lho Cara 12 Zodiak Rayakan Malam Tahun Barunya!

3. Sebaiknya kamu sudah mengatur strategi untuk mencapainya

Tips Jitu! 5 Tutorial Agar Semua Resolusimu Tercapai di Tahun DepanUnsplash/rawpixel

Tidak ada keberhasilan tanpa sebuah usaha. Sebaiknya kamu gak asal-asalan menuliskan resolusi kalau belum kepikiran gimana caranya. Tentu saja resolusi yang kamu tulis itu sifatnya serius, benar-benar harus dicapai tahun depan. Maka, kamu sudah harus tahu langkah apa yang harus dilakukan untuk mencapai resolusi-resolusi tersebut.

Kalau kamu belum punya strategi, resolusimu rawan gagal karena bisa saja di tengah jalan kamu merasa tersesat. Kamu bingung harus melakukan apa, akhirnya malah putus asa. Hmm, kan waktumu jadi sia-sia.

4. Fokus, fokus, fokus!

Tips Jitu! 5 Tutorial Agar Semua Resolusimu Tercapai di Tahun DepanUnsplash/Alexander Michl

Ya, fokus! Kita memang tidak pernah tahu kejutan apa yang akan terjadi di tahun depan. Apakah akan ada banyak hal buruk atau hal baik yang terjadi pada kita?

Maka, berusahalah untuk tetap fokus. Meski kesedihan melanda, jangan terlarut dengannya. Pula kalau mendapatkan kebahagiaan besar, jangan terlalu tenggelam. Fokus pada peta jalan strategi yang sudah kamu buat supaya resolusi benar-benar terwujud!

5. Tak perlu diumbar. Kalau gundah cukup ceritakan pada orang yang kamu percaya saja

Tips Jitu! 5 Tutorial Agar Semua Resolusimu Tercapai di Tahun DepanUnsplash/Bewakoof.com Official

Seringkali kita ingin mendapatkan dukungan dari orang-orang agar impian tercapai. Usaha yang dilakukan salah satunya adalah menceritakan impian tersebut pada mereka.

Sayangnya, ternyata hal ini justru bisa menghambat jalanmu mewujudkan impian tersebut. Bisa jadi, bukannya mendapat dukungan, kamu malah terus-terusan dituntut untuk segera meraih impian itu. Akhirnya? Stres.

Maka, jangan terlalu mengumbar resolusimu. Cukup ceritakan pada orang yang benar-benar dekat denganmu, yang sudah kamu percaya sejak lama. Ia pasti akan terus mendukung perjalananmu meraih impian tersebut. Semangat!

Jadi, sudah menuliskan daftar resolusi tahun depan? Semoga sukses ya!

Baca Juga: Tahun Baruan Tapi Jomblo? Jangan Sedih, Traveling Aja Ke 5 Tempat Ini

Gendhis Photo Community Writer Gendhis

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You