Comscore Tracker

5 Cara Berpikiran Positif agar Hidup Lebih Tenang

Berpikiran positif akan menarik hal positif ke dalam hidupmu

Sebagai manusia, kita pasti menghadapi berbagai macam pengalaman dalam hidup. Ada yang manis, ada juga yang pahit. Masalah pun pasti pernah kita temui, baik di rumah, di sekolah, di kampus atau di tempat kerja. Terkadang itu semua bisa membuat kita kelelahan secara fisik dan mental.

Agar hidupmu tidak selalu terbebani dengan berbagai masalah, ada baiknya kita sebagai manusia terapkan pikiran yang positif dalam hidup. Dengan berpikir positif, kamu akan menarik hal-hal yang positif juga masuk ke dalam hidupmu. 

Berikut ini ada 5 cara berpikiran positif yang dapat membuat hidupmu menjadi jauh lebih tenang. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Selalu bersyukur

5 Cara Berpikiran Positif agar Hidup Lebih Tenangilustrasi perempuan tertawa (pexels.com/babigaleane)

Di dalam hidup, pasti ada saja masalah yang dihadapi dan kadang tidak sesuai dengan harapan atau ekspetasimu. Tetapi, daripada kamu bersedih sepanjang hari, cobalah untuk selalu bersyukur atas apa yang terjadi.

Janganlah selalu menyalahkan dirimu sendiri. Itu akan membuatmu menjadi orang yang lebih baik lagi. Pikirkanlah segala kebaikan yang sudah terjadi dalam hidupmu, apa yang sudah kamu miliki, dan siapa yang ada bersama-sama denganmu seperti keluarga atau teman dekatmu.

2. Banyak tersenyum

5 Cara Berpikiran Positif agar Hidup Lebih Tenangilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/guilhermealmeida)

Tersenyum dapat membuat kamu lebih tenang dan berpikiran positif. Sebuah penelitian menyebutkan jika orang-orang yang tersenyum ketika melakukan tugas yang penuh tekanan merasa lebih positif setelahnya daripada yang tidak menunjukkan ekspresi apapun.

Dengan senyuman, suasana hatimu pun perlahan akan membaik. Selain itu, senyum itu juga menular, lho! Dengan kamu tersenyum, orang di sekitarmu pun akan turut merasakan yang kamu rasakan. Jadi, meski sedang mendapat persoalan, tegarkan dirimu dan cobalah untuk tersenyum.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Jadi Pribadi yang Berpikir Jauh ke Depan

3. Melakukan kegiatan yang positif

5 Cara Berpikiran Positif agar Hidup Lebih Tenangilustrasi membagi makanan (chalmers.org/resources/blog)

Daripada kamu stres dan berpikiran yang negatif, lebih baik kamu lakukan hal-hal positif yang dapat menolong banyak orang. Misalnya, kamu yang hobi memasak bisa memasak di rumah dan membagikannya kepada orang-orang yang membutuhkan.

Atau, kamu bisa menjadi sukarelawan untuk membantu orang-orang yang ada di panti jompo atau panti asuhan. Melakukan hal positif dan bermanfaat akan membuatmu bahagia karena kamu telah membantu orang lain untuk berbahagia pula.

4. Bicarakan hal positif kepada diri sendiri

5 Cara Berpikiran Positif agar Hidup Lebih Tenangilustrasi berbicara pada diri sendiri (istockphoto.com/id)

Pernahkan kamu berkata kepada dirimu sendiri bahwa kamu berharga? Atau kamu lebih sering berkata yang buruk terhadap dirimu?

Mulai sekarang, stop berkata yang tidak baik tentang dirimu. Mulailah mencari kata-kata motivasi yang membangun buat kamu.

5. Hilangkan drama

5 Cara Berpikiran Positif agar Hidup Lebih Tenangilustrasi perempuan sedang marah (unsplash.com/s/photos/angry-woman)

Ketika masalah bertubi-tubi menghampirimu, rasanya seperti kamu adalah orang yang paling menyedihkan di dunia. Eits, mulai sekarang stop berpikiran seperti itu, yuk!

Di dunia ini, masih banyak orang lain yang memiliki masalah lebih berat darimu tetapi mereka memilih untuk bangkit dan berjuang. Daripada kamu marah-marah, menangis dan, membuat mood  menjadi jelek seharian, kesabaran dan ketenangan akan membuat moodmu menjadi lebih baik. Kesabaran pasti membuahkan hasil.

Itulah 5 cara berpikiran positif untuk hidup lebih tenang. Buang jauh-jauh pemikiran negatifmu dari sekarang. Lawanlah semua itu dengan pemikiran dan perkataan yang positif.

Terapkan hal-hal yang positif untuk orang-orang di sekelilingmu. Dijamin, energi positifmu pun akan terpancar keluar. Semangat, ya!

Baca Juga: 10 Meme Ngajak Berpikir Positif Ini Aslinya Gak Seperti Kamu Kira!

Gevani Soetadi Photo Writer Gevani Soetadi

Go with your passion :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya