Comscore Tracker

7 Manfaat Baik untuk Kesehatan Mental dari Menonton Bioskop Sendirian

Bisa dicoba ketika kamu butuh waktu sendiri sementara waktu

Menonton bioskop sendirian ternyata tidak terlalu buruk malahan memberikan dampak yang baik untuk mentalmu. Pada awalnya mungkin kita dianggap aneh dan merasa ada yang mengganjal karena biasanya tidak menonton bioskop sendirian.

Namun ternyata ada dampak baik yang bisa didapatkan dari menonton bioskop sendirian, terlebih untuk kesehatan mentalmu. Dengan menonton bioskop sendirian sering membuat mood kita naik yang berdampak baik untuk hidup kita.

1. Usir stress dan buat mood menjadi lebih baik

7 Manfaat Baik untuk Kesehatan Mental dari Menonton Bioskop Sendirianhttps://www.pexels.com/photo/adult-amphitheater-armchair-balcony-458379/

Menonton film di bisokop sendirian bisa menjadi satu cara ketika kamu hendak melepaskan stres atau penat di kepala karena pekerjaan atau kesibukanmu seharian ini. Kamu bisa menonton film sesuai genre kesukaanmu tanpa harus terganggu dengan ribetnya teman-temanmu.

Selain itu, dengan menonton film juga dapat melatih empati, kamu bisa masuk dan tenggelam dalam cerita di film dan memperoleh pesan yang bisa menjadi inspirasi positif untuk perkembangan dirimu yang lebih baik.

Beberapa film tertentu yang bergenre romance, biasanya memiliki ending yang membuatmu mempunyai perasaan yang lebih hangat dari sebelum kamu masuk ke bioskop pertama.

2. Dapat pengalaman baru untuk lebih percaya diri

7 Manfaat Baik untuk Kesehatan Mental dari Menonton Bioskop SendirianUnsplash/kristsll

Mencoba menonton film di bioskop sendirian untuk pertama kalinya tentu akan memberikanmu sebuah pengalaman baru yang berbeda. Bila sebelumnya kamu selalu menonton bioskop bersama teman lain, cobalah untuk menonton bioskop sendirian.

Dari menonton film bioskop sendirian ini kamu bisa merasakan bagaimana melakukan segala sesuatu dengan seorang diri hingga mengamati orang-orang yang ada di sekitar bioskop tersebut.

Pada awalnya mungkin kamu merasa agak kikuk dengan banyaknya suara 'aneh' yang berputar-putar di kepala sehingga menganggap dirimu sendiri aneh karena pergi menonton sendirian, namun dari situ kamu bisa belajar untuk mengendalikan pikiran-pikiran aneh yang tidak sadar kamu ciptakan sendiri.

Setelah berhasil melalui asumsi-asumsi aneh yang ada di kepalamu, dan tau rasanya menonton bioskop sendirian maka kamu akan lebih percaya diri.

3. Me time dan lebih mencintai diri sendiri

7 Manfaat Baik untuk Kesehatan Mental dari Menonton Bioskop SendirianUnsplash/karenzhaocn

Me time menjadi hal penting yang dibutuhkan anak-anak muda di era sekarang. Hal ini karena me time adalah waktu yang dikhususkan sebagai bentuk apresiasi diri dengan menikmati momen-momen tertentu. Selain itu, me time bisa melatih kepekaan untuk mengenal diri sendiri menjadi lebih dalam sehingga bisa membuat kita lebih mencintai diri sendiri.

Salah satu bentuk me time yang singkat dan efektif adalah dengan menonton film di bioskop sendirian. Kamu bisa menikmati film tersebut seorang diri tanpa harus memikirkan orang-orang sekitar dalam waktu yang sementara, dengan begitu kualitas jiwamu menjadi lebih baik.

4. Menjaga mood lebih baik selama menonton

7 Manfaat Baik untuk Kesehatan Mental dari Menonton Bioskop SendirianPixabay/annca

Siapa yang sebenarnya hendak menonton film di bioskop dengan tujuan untuk bersenang-senang dan membuat mood menjadi lebih baik ternyata yang terjadi malah sebaliknya? Kamu malah harus diribetkan dengan teman-temanmu.

Kamu harus berdiskusi menentukan film apa yang harus ditonton, kemudian menentukan waktu yang sama-sama kosong, belum lagi bila ada teman yang datang terlambat tentu akan membuat mood menjadi berantakan.

Tentunya kamu tidak akan merasakan hal-hal seperti itu bila menonton di bioskop sendirian dan bisa menikmati selama film berlangsung tanpa ada gangguan apa pun.

Baca Juga: 8 Camilan Nonton Bioskop dari Berbagai Negara Selain Popcorn, Enak!

5. Menjaga ekspektasi film yang ditonton

7 Manfaat Baik untuk Kesehatan Mental dari Menonton Bioskop SendirianUnsplash/ewitsoe

Keuntungan menonton film sendirian di bioskop adalah kamu tidak perlu menjaga ekspektasi dari film yang tayang terlebih bila kita yang menjadi inisiator untuk mengajak teman untuk menonton film. Karena bila kamu tipe orang yang tidak enakan dengan yang lain, maka kamu akan mempunyai beban mental agar mereka tidak kecewa dengan film yang ditonton.

Alih-alih filmnya bagus, ternyata film yang ditayangkan membosankan. Hal ini tentu ada perasaan tidak enak dari kita karena telah mengajak orang menonton film yang menurut kita buruk.

Tiap orang punya selera dan genre filmnya masing-masing, ada yang suka film komedi, ada juga yang suka dengan film romance. Tak perlu memaksakan film kesukaan kita juga film kesukaan mereka, cukup dengan menonton film sendirian sudah cukup. Tentu hal itu membuat mood dan mental kita justru lebih baik ketika pergi menonton sendirian.

6. Meningkatkan kualitas hati jadi lebih baik

7 Manfaat Baik untuk Kesehatan Mental dari Menonton Bioskop SendirianUnsplash/dann

Nonton film di bioskop sendirian juga bisa melatih kamu untuk lebih peka dengan diri kamu sendiri.

Ketika sendirian menunggu kita bisa berbicara dengan diri sendiri (self talking) untuk jujur pada diri sendiri yang berdampak baik untuk kesehatan mentalmu. Dari self talking juga kamu bisa self healing.

Jadi tidak ada salahnya untukmu sejenak pergi menyingkir untuk menyenangkan dirimu sendiri, mengapresiasi buat setiap usaha karena sudah mau menjalani kehidupan. Ada banyak cara orang menemukan self love mereka masing-masing, salah satunya ya dengan nonton film di bioskop sendirian.

7. Belajar menjadi lebih mandiri

7 Manfaat Baik untuk Kesehatan Mental dari Menonton Bioskop SendirianUnsplash/myke_simon

“If you want to be strong, learn how to fight alone”

Menonton film di bioskop sendirian akan melatih diri untuk menjadi lebih mandiri tanpa harus merepotkan orang lain, hal itu akan membentuk mental menjadi lebih baik.

Dengan menonton film sendirian, secara tidak langsung kamu belajar untuk memilih dengan merdeka judul film apa yang ingin ditonton, kapan waktu yang kamu sediakan, dan prakiraan mau berangkat dan pulang jam berapa.

Kemudian sebelum nonton apakah ada rencana untuk mampir ke suatu tempat atau tidak, begitu juga setelah film usai apakah kamu akan langsung pulang atau mampir-mampir terlebih dahulu.

Hal ini terkesan simpel, tapi udah banyak keputusan-keputusan mandiri yang sudah kamu lakukan. Dan kamu juga tau konsekuensi akan hal tersebut.

Gak ada salahnya mau nonton sendirian, cuma berdua atau ramean dengan teman. Semua punya jenis kesenangannya masing-masing dengan energi yang berbeda, kamu tinggal pilih mau cari kesenangan yang seperti apa. 

Daripada menyesal karena tidak melakukannya sama sekali, mencoba menonton bioskop sendirian boleh, lho!

Baca Juga: Inilah 7 Alasan Kamu Tak Perlu Minder Nonton Bioskop Sendirian

Gigih Prayitno Photo Writer Gigih Prayitno

Traveler | Blogger | Writer | Instagram.com/gigihprytn |

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya