Comscore Tracker

5 Fakta tentang Didiet Maulana, Fashion Designer Indonesia

Sang fashion designer kebanggaan Indonesia

Banyak sekali fashion designer muda bermunculan, bahkan ada juga yang bukan dari lulusan fashion design beralih profesi menjadi fashion designer. Didiet Maulana adalah seorang fashion designer yang sudah terbilang senior dan meski bukan jebolan dari fashion design, tapi latar belakangnya tidak jauh dari kata designer, lho! 

1. Fashion designer dan pengusaha

5 Fakta tentang Didiet Maulana, Fashion Designer IndonesiaDidiet Maulana (instagram.com/didietmaulana)

Didiet Maulana adalah seorang fashion designer kebanggaan Indonesia. Selain sebagai fashion designer, Didiet Maulana ternyata juga seorang entrepreneur. Gak menyangka dia ternyata jebolan arsitektur, jadi karya-karyanya mendapat pengaruh dari ilmu arsitek yang dia dapat saat kuliah. Dari mulai lebih memilih menekuni tenun dan kebaya, sampai motif-motif tenunnya simetris, tegas dan indah. 

2. Founder Ikat Indonesia

5 Fakta tentang Didiet Maulana, Fashion Designer IndonesiaIkat Indonesia (instagram.com/didietmaulana)

Ada yang sudah tahu brand Ikat Indonesia? Brand yang mengangkat tenun sebagai produk lokal kebanggaan Indonesia. Selain sebagai penggagas brand Ikat Indonesia, ternyata Didiet Maulana terjun langsung menjadi intrepreneur.

Dia tidak hanya fokus pada kebaya dan baju pengantin, tapi juga memproduksi pakaian-pakaian ready to wear untuk pria maupun wanita. Gak hanya memproduksi itu lho, kamu bisa menemukan berbagai macam produk Ikat Indonesia seperti sarung bantal, tas jinjing, sampai souvenir.

Baca Juga: 9 Kebaya Rancangan Didiet Maulana, bikin si Pemakai Terlihat Ningrat

3. Langganan artis

5 Fakta tentang Didiet Maulana, Fashion Designer Indonesiapernikahan Vidi Aldiano (instagram.com/didietmaulana)

Pelanggan artis maupun pejabat mempercayakan Didiet Maulana sebagai designer baju mereka. Deretan artis Indonesia yang sering memakai karyanya, seperti Nikita Willy, Bunga Citra Lestari, Maudy Ayunda sampai Vidi Aldiano.

Bahkan nih, beberapa pejabat juga mempercayakan dia sebagai designer baju untuk memperkaya wastra Jawa Barat dan wilayah lainnya. Kontribusi untuk melestarikan budaya Indonesia gak main-main, fashion designer seperti Didiet Maulana ini memang harus didukung.

4. Buku kisah kebaya

5 Fakta tentang Didiet Maulana, Fashion Designer Indonesiabuku kisah kebaya (instagram.com/didietmaulana)

Sepertinya masih belum lengkap kalau hanya berkarya lewat peragaan busana dan berbisnis, Didiet Maulana membagikan ilmu tentang sejarah dan budaya yang mempengaruhi nilai dan estetika budaya, mengabadikan karya-karya kebayanya yang anggun itu ke dalam sebuah buku. Keren banget gak sih?

Buku ini juga bisa menjadi inspirasi kamu yang sekarang belajar fashion design atau buat kamu yang sekarang sedang menekuni bisnis di bidang fashion kebaya dan bridal. Banyak sekali ilmu yang bisa dipelajari dari Didiet Maulana, dari mulai belajar mendesain, berbisnis, sampai belajar sejarah warisan budaya.

5. Kolaborasi dengan Song Kang

5 Fakta tentang Didiet Maulana, Fashion Designer IndonesiaSong Kang (instagram.com/didietmaulana)

Song Kang, Mas Kupu-kupu yang ketampanannya membuat cewek-cewek meleleh. Tahun ini Song Kang mendapatkan kontrak iklan dengan produk di Indonesia. Gak disangka-sangka nih dia ternyata memakai pakaian dari Ikat Indonesia. Kolaborasi dengan Didiet Maulana membuat Song Kang melokal, ya? Makin ganteng banget. Ini juga akan menjadi daya tarik dalam negeri maupun luar negeri bahwa produk tenun ternyata semakin keren.

Keren kan kisah Didiet Maulana? Perjuangannya bisa sampai berkolaborasi dengan Song Kang memang gak main-main. Sosok fashion designer yang bisa menginspirasimu untuk berkarya lebih produktif. 

Baca Juga: Koleksi Lebaran 'Tirta Kirana' By Didiet Maulana, Bikin Bebas Gerak!

Gillian Goo Photo Writer Gillian Goo

Designer 🌻 Blogger

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya