Comscore Tracker

5 Perubahan Baik yang Dirasakan saat Kamu Berhenti jadi Pendendam

Hidup lebih tenang dan damai

Salah satu sifat negatif yang harus kamu buang dan hilangkan segera ialah dendam. Karena menjadi pribadi pendendam sebenarnya tak membawa pengaruh baik apa pun padamu. Menjadi pendendam justru membuatmu jadi pribadi yang tidak dewasa dan mudah merasa iri hati, dengki dan benci. Nah, bagimu yang berusaha berhenti jadi pendendam maka akan banyak perubahan baik yang wajar kamu rasakan. Apa sajakah? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Lebih tenang dan damai

5 Perubahan Baik yang Dirasakan saat Kamu Berhenti jadi Pendendamunsplash.com/Christian Newman

Saat kamu memutuskan untuk berhenti jadi orang yang pendendam maka perubahan yang kamu rasakan ialah, adanya ketenangan dan damai yang sebelumnya terasa sulit kamu dapat. Karena saat dendam dihilangkan maka kamu tak lagi memikirkan hal negatif yang selama ini masih kamu simpan dalam hati.

Perginya hal negatif dalam hatimu bisa membuat hal positif banyak datang dalam hidupmu, termasuk rasa tenang dan damai.

2. Emosi jadi lebih terkendali

5 Perubahan Baik yang Dirasakan saat Kamu Berhenti jadi Pendendamunsplash.com/Brooke Cagle

Saat kamu dulu masih memiliki sifat pendendam maka tak dimungkiri bila kamu jadi orang yang gampang bertindak ceroboh, mudah marah serta sering menyimpan kekesalan yang sebenarnya tak perlu kamu lakukan.

Saat kamu berhenti jadi pendendam maka perubahan baik yang dirimu rasakan ialah emosi lebih mudah dikendalikan, kamu tak lagi menuruti emosi negatifmu yang bisa berujung pada masalah atau penyesalan nantinya.

3. Bijaksana dalam menyikapi sesuatu atau masalah

5 Perubahan Baik yang Dirasakan saat Kamu Berhenti jadi Pendendamunsplash.com/Wendell Fernandes

Karena kamu tak lagi menyimpan dendam pada sesuatu atau orang lain lagi, maka kamu akan berubah seiring waktu menjadi lebih bijak dan juga dewasa. Daripada jadi pendendam kamu berpikir ada baiknya fokus pada hal yang jauh lebih penting serta bermanfaat. Daripada menghabiskan waktu untuk hal yang hanya menguras energimu.

Baca Juga: 5 Zodiak Pendendam yang Gak Bakal Lupa Jika Kamu Tinggalkan Saat Susah

4. Turut senang melihat keberhasilan atau kebahagiaan orang lain

5 Perubahan Baik yang Dirasakan saat Kamu Berhenti jadi Pendendamunsplash.com/Gradikaa Aggi

Mungkin saja kamu dulunya sangat benci melihat keberhasilan atau kebahagiaan orang lain yang tak kamu sukai. Namun, saat kamu telah berhenti jadi pendendam maka perasaan tak suka akan perlahan menghilang.

Kamu tak lagi iri atau sakit hati melihat orang lain lebih berhasil atau memiliki hal yang tak kamu punya. Justru kamu belajar untuk lebih ikhlas dan tetap berusaha agar apa yang kamu inginkan lekas tercapai.

5. Berusaha berdamai dan menerima hal baik dan buruk dalam hidup

5 Perubahan Baik yang Dirasakan saat Kamu Berhenti jadi Pendendamunsplash.com/Ben Warren

Bisa saja kamu selama ini menjadi pendendam karena merasa tak lebih baik dari orang lain, atau merasa telah disakiti hingga menimbulkan luka dan trauma yang mendalam. Namun, perubahan baik yang dirasakan saat berhenti jadi pendendam ialah kamu mampu berdamai dengan segalanya.

Terlebih berdamai dengan dirimu sendiri, kamu merasa bahwa baik dan buruk yang datang dihidupmu bukan tanpa alasan. Tetapi agar lebih menguatkanmu dan tak mudah menyerah menghadapi masalah.

Ternyata banyak perubahan baik yang kamu rasakan ya, jika berhasil menghilang sifat pendendam dalam dirimu. Karena sekarang kamu telah memahami bila menjadi pendendam hanya membuatmu hidup dalam kesulitan sebab jauh dari ketenangan serta kebaikan.

Baca Juga: 6 Tanda yang Menunjukkan Kamu Bukan Tipe Pendendam

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya