Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Nasihat Sahabat Harus Dihargai, Bikin Ikatan Kuat!

Simpan saja dulu nasihatnya, tak perlu diterapkan tiap saat

Sebuah nasihat yang baik dan membangun, apalagi datangnya dari orang terdekat layaknya sahabat. Merupakan hal yang biasa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari, hal ini dikarenakan sahabat adalah sosok yang memiliki peran cukup besar dalam kehidupan kita. Mereka juga yang sering mengisi, membantu dan menceraikan momen-momen yang kamu miliki.

Tetapi, tak semua nasihat dari sahabat kamu dengarkan karena berbagai macam alasan atau sesuatu. Padahal lima alasan berikut akan menyadarkanmu, bahwasanya nasihat dari sahabat setidaknya bisa kamu hargai dengan cara yang baik.

1. Nasihat terkadang jadi hal yang menyebalkan untuk didengar tetapi merupakan bentuk kepedulian paling tulus dari sahabat

5 Alasan Kenapa Nasihat Sahabat Harus Dihargai, Bikin Ikatan Kuat!Pixabay/sofia2406

Sebuah fakta atau kebenaran yang disampaikan sahabat melalui nasihat terkadang menyebalkan atau menyakitkan. Itu bisa disebabkan beberapa hal, baik karena kamu belum siap menghadapi kenyataan atau sahabat yang kurang mengerti apa maumu serta keinginan hatimu. Walaupun begitu, sahabat yang baik akan tetap menasihatimu, apalagi kamu sedang dalam kondisi yang tak baik-baik saja.

Tanpa kamu sadari, nasihat yang terkadang kamu tolak atau abaikan tersebut adalah bentuk perhatian dari sahabat. Dan bentuk rasa simpati serta empati akan dirimu yang sudah dianggap menjadi sosok paling dekat dan akrab dengannya.

2. Menghargai nasihat atau masukan dari sahabat cukup dengan mendengarkan dan mengucapkan terima kasih

5 Alasan Kenapa Nasihat Sahabat Harus Dihargai, Bikin Ikatan Kuat!Pexels/nappy

Tak masalah kamu tidak menggunakan atau menerapkan nasihat dari sahabatmu. Karena sejatinya, niat sahabat tentu baik sebab hanya ingin membantu dan meringankan bebanmu. Jika kamu tak ingin memakai nasihat dari sahabat, cukup dengarkan sampai tuntas dan berikan apresiasi kepada sahabat yang sudah mau meluangkan waktu untuk mendengarkan keluh kesahmu selama ini. Hal tersebut pasti akan membuat sahabat senang sekaligus ampuh mengeratkan hubungan persahabatan kalian selama ini.

3. Nasihat yang baik dan bijak bisa kamu simpan dan jadikan pertimbangan untuk dipakai kelak

5 Alasan Kenapa Nasihat Sahabat Harus Dihargai, Bikin Ikatan Kuat!Pexels/Stephan Seeber

Terkadang sebuah nasihat bisa merubah suatu keputusan atau keinginan seseorang dalam melakukan hal yang penuh akan pertimbangan. Walau kamu rasa nasihat sahabatmu tidak begitu kamu perlukan sekarang, itu bukan suatu masalah. Kamu bisa mengingat dan menyimpannya di dalam hati serta pikiran. Karena tidak ada yang tahu, jika suatu saat kamu akan membutuhkannya untuk membantumu berpikir lebih tenang dan jernih.

Baca Juga: 7 Tanda Jika Temanmu Frenemy, Sahabat yang Sebenarnya Juga Musuhmu

4. Tak semua nasihat sifatnya menggurui, nasihat yang diberikan sahabat biasanya bentuk dukungan dan kasih sayang

5 Alasan Kenapa Nasihat Sahabat Harus Dihargai, Bikin Ikatan Kuat!Pexels/Brett Sayles

Jangan merasa sebal atau risi dahulu saat sahabat mulai menasihatimu, apalagi kamu baru berucap atau bertindak hal yang dirasa kurang berkenan. Nasihat yang sahabatmu sampaikan merupakan bentuk kasih sayangnya sebagai orang terdekat dan terpercayamu. Walau nasihat sahabat terkadang membuat hatimu tersinggung atau tak nyaman namun selalu ada niat baik dibaliknya. Sahabat yang menasihatimu tentu akan juga mendukung tiap keputusan dan jalan yang kamu pilih.

5. Sahabat hanya ingin memastikan, pengalamannya yang buruk atau pahit tidak akan menimpamu nantinya

5 Alasan Kenapa Nasihat Sahabat Harus Dihargai, Bikin Ikatan Kuat!Pexels/Pressmaster

Nasihat sahabat biasanya bentuk dari rasa cemas atau khawatir, mereka yang menyampaikan nasihat baik padamu semata-mata ingin melindungimu agar tidak terluka. Sahabat biasanya memiliki pengalaman akan sesuatu yang pahit atau buruk dan sangat cocok dengan apa yang menjadi permasalahanmu atau kondisimu saat ini. Nasihat yang diberikan, bertujuan untuk mengingatkan dan menjagamu agar tidak terjadi sesuatu yang tak diinginkan nantinya.

Selama nasihat yang diberikan baik dan positif, apalagi datangnya dari sahabat. Maka, hargai dan maknailah sebagai bentuk peduli dan kasih sayang di dalam persahabatanmu.

Baca Juga: 6 Momen Ini Indikasi Kuat Persahabatan yang Tak Lelang Dimakan Waktu!

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Writing is my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya