Comscore Tracker

Hindari Lakukan 5 Hal Ini saat Bercandamu Gak Sengaja Jadi Berlebihan

Jangan sampai orang lain jadi sakit hati, ya!

Bercanda bisa membuat suasana lebih cair dan menyenangkan, bercanda juga membuatmu lebih dekat dengan seseorang atau sekadar hanya ingin menghibur orang lain. Tapi bagaimana jadinya jika bercandamu melewati batas alias jadi berlebihan? Misalnya saja kamu gak sengaja membuat fisik atau kekurangan lawan bicaramu sebagai bahan bercanda.

Pasti timbul perasaan gak enak dan juga rasa bersalah di hatimu, jika sudah telanjur maka ada baiknya hindari lakukan lima hal berikut ini. Ketika bercandamu sudah dirasa berlebihan karena berpotensi menyakiti orang lain.

1. Jangan bilang kalau dia terlalu baper atau sensitif

Hindari Lakukan 5 Hal Ini saat Bercandamu Gak Sengaja Jadi Berlebihanpexels.com/Pressmaster

Saat kamu merasa bercandamu berlebihan dan dia merasa gak nyaman, jangan sampai kamu mengatakan kalau dia terlalu terbawa perasaan dan sensitif. Karena kenyamanan dan kepribadian tiap orang tidaklah sama, meski kamu merasa bercandamu sebenarnya masih batas wajar tetapi orang lain belum tentu sama menyikapinya.

2. Pura-pura gak merasa kalau bercandamu berlebihan

Hindari Lakukan 5 Hal Ini saat Bercandamu Gak Sengaja Jadi Berlebihanunsplash.com/DISRUPTIVO

Harusnya saat kamu merasa melakukan sebuah kesalahan memang ada baiknya menghentikan sikapmu yang dirasa tak berkenan. Apalagi saat kamu bercanda dengan seseorang dan rupanya hal itu sudah melewati batas wajar. Jika kamu merasa tak enak hati maka akui saja kesalahanmu saat bercandamu sudah berlebihan dengannya.

Baca Juga: Jangan Seenaknya! Ingat 5 Etika Tak Tertulis Saat Bercanda

3. Menertawakan ketidaknyamanannya

Hindari Lakukan 5 Hal Ini saat Bercandamu Gak Sengaja Jadi Berlebihanunsplash.com/Tim Mossholder

Bukannya berhenti dan mencari topik pembicaraan lain, kamu justru tertawa melihat ketidaknyamanannya padahal hal itu sangat menyakitkan bagi yang bersangkutan. Kalau kamu bersikap demikian, bukan tak mungkin dia yang kamu ajak bercanda menjadi sakit hati dan akhirnya menjauhimu.

4. Gak segera meminta meminta maaf

Hindari Lakukan 5 Hal Ini saat Bercandamu Gak Sengaja Jadi Berlebihanpexels.com/August de Richelieu

Jangan sampai kamu gak meminta maaf dan mengakui kesalahan atau sikap burukmu saat menyakiti hati orang lain. Meski hanya sebuah candaan tapi kamu gak pernah tahu bagaimana perasaannya saat mendengar candaanmu yang sudah berlebihan itu. Orang lain bisa saja jadi minder, insecure bahkan menaruh rasa tak suka padamu.

5. Tetap melanjutkan candaanmu meski sudah ditegur

Hindari Lakukan 5 Hal Ini saat Bercandamu Gak Sengaja Jadi Berlebihanunsplash.com/Mohau Mannathoko

Jika kamu sudah mendapat teguran saat bercanda maka ada baiknya hentikan candaanmu. Jangan diteruskan atau bersikap masa bodoh, karena hal itu bisa mengurangi rasa hormat orang lain padamu. Terlebih saat bercandamu mengandung kalimat yang tidak baik dan bisa memicu sebuah pertengkaran nantinya.

Itulah tadi lima hal yang harus kamu hindari saat bercandamu gak sengaja jadi berlebihan. Meski disampaikan pada orang terdekat, tapi kamu harus tetap tahu batasan dan juga tetap menaruh rasa menghargai pada lawan bicaramu.

Baca Juga: 5 Situasi Ini Kurang Tepat untuk Bercanda, Sebaiknya Hindari

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya