Comscore Tracker

5 Cara Jaga Kestabilan Emosi Saat Masalah Kian Menumpuk, Bisakan Yuk! 

Biasakan tidak berlama-lama menyimpan emosi negatif

Reaksi emosi yang keluar saat hidup menemui banyak masalah sangatlah bermacam-macam, dari perasaan sedih, bingung dan juga marah. Yang akhirnya menyebabkan emosi menjadi tidak stabil dan bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Emosi negatif yang datang kadang sulit untuk dikendalikan, apalagi muncul dari pikiran dan kondisi yang sama sekali tidak mendukung diri sendiri untuk bisa berpikir lebih tenang.

Nah, untuk membantumu mengatasinya berikut ada lima cara menjaga kestabilan emosi saat masalah datang bertubi-tubi.

1. Sadari dampak buruk reaksi emosi yang kamu keluarkan

5 Cara Jaga Kestabilan Emosi Saat Masalah Kian Menumpuk, Bisakan Yuk! Pixabay/RobinHiggins

Jangan lupa untuk menenangkan diri sendiri ketika emosi negatif terasa akan meluap-luap. Sadari segera dampak buruk yang akan kamu rasakan, apakah akan membantumu tetap berpikir jernih dan tenang atau malah sebaliknya. Memang ketika masalah datang terus-menerus kamu akan lebih banyak mengeluh dan kesal sebab merasa tidak siap menghadapinya.

Tetapi membiasakan diri memilah serta menahan emosi negatif yang akan dikeluarkan dapat membantumu lebih rileks ketika menghadapi banyak masalah, terutama saat akan menyelesaikannya, kamu akan lebih siap dan tidak merasa ragu-ragu.

2. Tenangkan diri sejenak, jangan terlalu bernafsu menyelesaikan semua masalah dalam satu waktu

5 Cara Jaga Kestabilan Emosi Saat Masalah Kian Menumpuk, Bisakan Yuk! Pexels/David Garrison

Semua orang ingin masalah yang datang segera diselesaikan sesegera mungkin. Namun terlalu bernafsu menyelesaikan semuanya sekaligus bisa membuatmu stres karena merasa kelelahan. Dalam menyelesaikan masalah juga diperlukan strategi dan langkah yang tepat agar kendala yang ada lekas dituntaskan dengan sebaik-baiknya.

Hal tersebut dilakukan agar emosi dalam dirimu tidak merasa terbebani karena kewalahan menghadapi banyak tekanan dan juga masalah yang terbilang tidak sedikit.

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Bikin Orang Lain Emosi Padamu Saat Hadapi Virus Corona

3. Walau sedang kalut tetap tumbuhkan semangat optimisme dalam menghadapi masalah yang ada

5 Cara Jaga Kestabilan Emosi Saat Masalah Kian Menumpuk, Bisakan Yuk! Pexels/Craig Adderley

Jangan sampai kehilangan semangat dan keyakinan dalam diri sendiri saat masalah datang bertubi-tubi. Walaupun perasaan kalut sulit sekali dihindari namun jangan sampai memudarkan keinginanmu untuk lepas dari masalah yang ada.

Rasa optimis harus tetap ditumbuhkan dalam situasi yang paling buruk sekalipun dan jangan lupa terus berusaha dan lekas mencari jalan keluar. Terus berlarut-larut dalam masalah tanpa ada niat menyelesaikan hanya akan membuat diri sendiri kesulitan menghadapi masalah-masalah yang ada selanjutnya. 

4. Jangan ragu curhat pada orang yang bisa dipercaya

5 Cara Jaga Kestabilan Emosi Saat Masalah Kian Menumpuk, Bisakan Yuk! Pexels/Andrea Piacquadio

Terkadang kita merasa bisa membereskan semua masalah karena tak ingin dipandang lemah oleh orang lain. Tetapi tak menjadi masalah melibatkan orang lain yang kamu percaya dan andalkan untuk membantumu mengurai segala masalah yang tengah kamu hadapi.

Sekadar curhat untuk meringankan beban dan menyalurkan emosi secara benar akan membuatmu lebih siap dan kuat untuk menyelesaikan masalah yang datang. Sebab kamu akan memiliki banyak semangat dan juga sudut pandang baru dalam melihat dan menuntaskan masalahmu lewat curhat pada seseorang yang kamu yakini bisa membantumu.

5. Jangan lupa memberikan apresiasi pada diri sendiri tiap berhasil menyelesaikan sebuah masalah

5 Cara Jaga Kestabilan Emosi Saat Masalah Kian Menumpuk, Bisakan Yuk! Pexels/Vinicius Wiesehofer

Terkadang kita terlalu meremehkan kemampuan diri sendiri, padahal dengan segenap semangat dan upaya yang besar maka masalah yang menumpuk bisa lekas diselesaikan sesegera mungkin. Selalu tanamkan rasa terima kasih dan apresiasi pada dirimu sendiri, kamu juga bisa memanjakan dirimu lewat banyak hal atas pencapaian yang telah kamu kerjakan selama ini.

Termasuk dalam menyelesaikan masalah sebab, masalah datang selalu dengan sebuah pembelajaran baru, bahwasanya manusia selalu menghadapi kesulitannya masing-masing dan cara terbaik menyelesaikannya adalah selalu berdoa dan berusaha dengan semaksimal mungkin.

Terlalu lama menyimpan emosi negatif tidaklah baik, ketika masalah datang bertubi-tubi belajarlah untuk tetap tenang dan menyelesaikannya dengan usaha terbaik yang kamu miliki.

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Juga Bisa Curahkan Emosi dengan Menangis

its gracie Photo Verified Writer its gracie

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya