Comscore Tracker

Jaga Jarak dari Toxic People Bikin Hidup Lebih Nyaman, Ini 5 Alasannya

Sudah kamu lakukan belum?

Kehadiran orang-orang toksik dalam hidup pasti bikin kamu gak nyaman, apalagi orang tersebut datangnya dari sekitarmu. Seperti temanmu di kampus, di tempat kerja atau bahkan di media sosial. Dari sikap dan perkataannya sudah bikin kamu lelah sendiri karena gak jarang mereka membuatmu dalam kesulitan.

Nah, cara terbaik untuk menghadapi toxic people memang mengabaikannya dan menjaga jarak. Karena kalau kamu melakukannya maka hidup jadi lebih nyaman, mengapa demikian? Berikut sederet alasannya!

1. Merasakan damai dan tenang

Jaga Jarak dari Toxic People Bikin Hidup Lebih Nyaman, Ini 5 Alasannyapexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika menjaga jarak dari toxic people otomatis kamu juga akan jarang berinteraksi dengan mereka. Akhirnya kamu gak lagi meladeni ucapan dan sikap mereka yang hanya bikin kamu jadi emosi dan gak nyaman. Sehingga yang kamu rasakan adalah damai dan tenang, sebab gak berurusan lagi dengan mereka yang sejatinya gak ada manfaatnya untukmu.

2. Jaga jarak membuat mereka jadi ragu saat ingin mendekatimu

Jaga Jarak dari Toxic People Bikin Hidup Lebih Nyaman, Ini 5 Alasannyaunsplash.com/Eye for Ebony

Saat menjaga jarak dari orang-orang toksik, maka tentu mereka akan berpikir dua kali sebelum ingin mendekati atau mengganggumu. Sikap tegasmu diartikan rasa gak peduli atau gak suka yang bikin mereka jadi ragu buat mendekatimu.

Tanpa perlu bereaksi berlebihan kamu bisa dengan mudah dan simpel membuat mereka menjauh  dengan sendirinya. Jadi dengan gak adanya mereka dalam hidupmu, bikin kamu lebih santai dan rileks saat menjalani kegiatan sehari-hari.

3. Gak harus menyaksikan atau terlibat drama yang mereka buat

Jaga Jarak dari Toxic People Bikin Hidup Lebih Nyaman, Ini 5 Alasannyapexels.com/Brett Sayles

Biasanya orang toksik gak jauh dari drama yang sebenarnya hanya didramatisasi saja. Saat kamu menjaga jarak dari mereka, maka kecil kemungkinannya untuk terlibat atau menyaksikan drama yang mereka buat. 

Kamu gak perlu menghabiskan energi atau waktumu percuma, hanya karena meladeni atau menghadapi drama yang sebenarnya gak perlu mereka besar-besarkan.

Baca Juga: 5 Tanda Nyata Dia Adalah Pasangan yang Toxic, Putusin Sekarang!

4. Pertemananmu jadi terseleksi dengan baik

Jaga Jarak dari Toxic People Bikin Hidup Lebih Nyaman, Ini 5 Alasannyaunsplash.com/Parker Gibbons

Gak perlu merasa ragu atau berpikir dua kali ketika ingin menjaga jarak dari orang-orang yang toksik. Karena dengan begitu pertemananmu akan terseleksi dengan baik, karena hanya orang-orang positif yang berada di sekitamu. Ketika pertemananmu dipenuhi hal-hal sehat dan juga baik, maka kamu lebih nyaman dan bahagia saat berinteraksi dengan mereka.

5. Jauh dari perasaan sedih atau sakit hati

Jaga Jarak dari Toxic People Bikin Hidup Lebih Nyaman, Ini 5 Alasannyaunsplash.com/louis tricot

Toxic people memang membuatmu jadi kehilangan banyak energi karena emosimu bisa terkuras ketika menghadapi mereka. Salah satunya kamu bisa menjadi sedih atau sakit hati ketika tahu bagaimana perlakuan mereka kepadamu, belum lagi kalau kamu memiliki masalah dengan mereka.

Tentu saja hal itu makin membuatmu gak nyaman kalau berada di sekitar mereka, sehingga saat kamu berusaha menjaga jarak maka kecil kemungkinan untuk merasakan sakit hati atau sedih akibat sikap dan perkataan mereka.

Untuk kebaikanmu sendiri jangan takut mengabaikan atau menjaga jarak dari orang-orang yang toksik. Karena kenyamanan akan mudah didapatkan, ketika kamu jauh dari energi negatif yang mampu membuatmu terbawa emosi.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Mendukung Sahabat untuk Melepaskan Hubungan Toxic

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya