Comscore Tracker

Jangan Diteruskan, 5 Kebiasaan Sepele yang Menghambatmu Jadi Sukses 

Yuk, belajar mengurangi kebiasaan buruk

Sudah hal lumrah tiap orang yang berusaha untuk berjuang dalam bidang apapun berharap mendapatkan kesuksesan. Namun kadang ada beberapa hal yang membuat perjalanan menuju kesuksesanmu sedikit lebih lama. Salah satunya kebiasaan kurang baik yang betah kamu pelihara dalam kehidupan sehari-hari.

Belajar memperbaiki kebiasaan yang kurang baik rupanya bermanfaat besar dalam membantumu untuk mencapai tujuan. Sebab di bawah ini ada lima contoh kebiasaan yang terlihat sepele namun bisa menghambat tujuanmu untuk sukses.

1. Sering menunda-nunda pekerjaan atau tugas

Jangan Diteruskan, 5 Kebiasaan Sepele yang Menghambatmu Jadi Sukses Unsplash/Thought Catalog

Beberapa orang berkata lebih bisa fokus dan tertantang apabila mengerjakan sebuah tugas mendekati deadline. Beberapa yang lain memilih menunda pekerjaan sebab tak punya waktu luang dan ada yang menunda karena perasaan malas atau mager yang menghampiri.

Jika kamu belajar membiasakan untuk menerapkan sikap disiplin sedini mungkin dengan tak sering menunda pekerjaan. Maka manfaat yang kamu rasakan adalah terbiasa mengerjakannya segala sesuatunya dengan teliti dan dengan perencanaan matang.

Kamu yang masih sering menunda pekerjaan akan lebih sering menghadapi kepanikan serta pekerjaan yang akan digarap dengan terburu-buru. Hal tersebut yang malah membuat hasil pekerjaanmu kurang maksimal yang akan bisa berdampak bagi kualitas yang ada pada dirimu dan tentunya semua hasil kerja kerasmu.

2. Ragu-ragu dalam mengambil keputusan

Jangan Diteruskan, 5 Kebiasaan Sepele yang Menghambatmu Jadi Sukses Unsplash/Ben White

Pertimbangan yang matang, masukan serta kepercayaan diri juga berpengaruh besar dalam sikapmu mengambil suatu keputusan. Besar dan kecilnya keputusanmu juga kian membuatmu berpikir dan menimang-nimang dengan tepat.

Bila keraguan sering menjadi sandunganmu ketika berusaha memantapkan keputusan maka kamu harus mencoba berani mengambil risiko yang ada. Sebab keraguan-raguan hanya akan membuatmu lambat maju.

Gagalnya keputusanmu nanti bukanlah suatu yang buruk, di sana kamu bisa mendapat banyak pengalaman dan pesan yang bisa kamu simpan untuk hari besok bila mencoba lagi. 

Baca Juga: 5 Hal Ini Gak Butuh Bakat, tapi Penting Banget untuk Kesuksesan!

3. Menyuburkan kebiasaan jam karet

Jangan Diteruskan, 5 Kebiasaan Sepele yang Menghambatmu Jadi Sukses Unsplash/Fabrizio Verrecchia

Selain membiasakan diri untuk tak menunda pekerjaan, hal yang bisa menghambatmu untuk sukses adalah kurangnya manajemen waktu. Kamu terbiasa untuk berpatokan pada waktu yang tersisa, akhirnya tepat waktu atau tidaknya kurang bisa kamu atasi dengan baik. Serta terbiasa tidak tepat waktu dalam segala hal termasuk pada jadwalmu sehari-hari.

Walaupun terlihat sepele sebab kamu hanya terlambat beberapa menit, nyatanya hal tersebut bisa membuat orang di sekitarmu diam-diam menilaimu. Kebiasaan untuk terlambat apabila tak segera diubah bisa menyulitkanmu nantinya. Jika kamu bekerja dengan kelompok atau perusahaan yang punya aturan jam kerja yang ketat maka kamu akan tertinggal jauh dan sulit menyesuaikan diri dari teman-teman di tempat kerjamu.

4. Menolak saran, masukan serta kritik

Jangan Diteruskan, 5 Kebiasaan Sepele yang Menghambatmu Jadi Sukses unsplash.com/etienne boulanger

Anggap saja saran beserta masukan baik dari teman, keluarga atau rekan kerja adalah bahan pertimbangan yang bisa kamu pakai untuk lebih bijak mengambil keputusan. Kritik juga bisa dipakai untukmu merefleksikan diri untuk apa yang kurang dan lebih selama ini. Tentu saja kritik yang harus kamu ambil adalah bukan yang menjatuhkan namun yang berbobot dan membangun.

Tentu saja keputusan utama tetap berada di tanganmu. Namun tak banyak orang bisa memaknai saran, serta masukan dengan pikiran yang terbuka. Banyak yang mengira hal tersebut hanyalah sia-sia dan tak penting. Padahal responsmu dalam menerima itu semua juga menjadi nilai plus di mata orang lain. Saran, masukan dan kritik yang membangun juga bisa membantumu untuk menetapkan keputusan lebih jelas dan yakin.

5. Sering pesimis dan hanya fokus pada kekurangan

Jangan Diteruskan, 5 Kebiasaan Sepele yang Menghambatmu Jadi Sukses Unsplash/Anton Darius | @theSollers

Perasaan pesimis merupakan hal yang terkadang mengganggu langkah seorang dalam meraih atau merintis kesuksesan. Pesimis yang dirasakan bisa didasari beberapa hal, dan hal tersebut berdampak bagi motivasi dan semangat dalam melakukan usaha untuk berhasil. Belajarlah untuk memercayai kemampuan yang kamu punya, jangan sering terbelenggu perasaan pesimis yang hanya memperlambat langkahmu.

Terlalu fokus pada kekurangan tanpa berniat mengubah dan memperbaikinya juga akan membuatmu jauh tertinggal. Karena pada dasarnya kekurangan ada untuk kita berusaha benahi dan bisa memaksimalkan potensi dan kelebihan yang kita miliki sebagai batu loncatan supaya bisa digunakan melangkah lebih jauh untuk selangkah lebih dekat dengan keberhasilan.

Terus semangat dan konsisten memperbaiki diri adalah kunci tepat supaya jalanmu meraih kesuksesan lebih terbuka dengan lebar.

Baca Juga: 6 Hal yang Tak Pernah Dilakukan Orang Sukses dalam Kondisi Apa pun!

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Selamat datang, selamat membaca dan semoga kamu terbantu ♥ Find me on IG! @gracekristinar_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya