Comscore Tracker

6 Alasan Kenapa Seimbangkan Ekspektasi & Usaha Penting Diterapkan!

Jangan hanya fokus pada ekspektasi namun minim akan usaha

Tiap orang memiliki keinginan yang sedang diusahakan atau dikejar dengan sungguh-sungguh. Harapan atau keinginan itu boleh saja tentang karier yang berkembang pesat, studi impian atau pernikahan. Apa pun itu selama dijalankan secara positif dan juga benar maka, hal yang sangat dianjurkan. Karena sejatinya bila ingin mendapatkan sesuatu, kita juga harus bekerja keras dan berdoa tak cuma sekadar membayangkan dan bermimpi saja.

Oleh karena itu, kamu harus tahu enam alasan mengapa kita harus seimbangkan antara usaha dan ekspektasi. Dengan artian, keduanya harus berjalan bersama dan tidak boleh berat sebelah.

1. Ketika usahamu belum mencapai titik kepuasan maka, tak akan ada beban atau perasaan sedih yang berlarut-larut

6 Alasan Kenapa Seimbangkan Ekspektasi & Usaha Penting Diterapkan!Pexels/Erika Cristina

Sebuah masalah atau kegagalan adalah hal biasa yang kita jumpai pada saat memperjuangkan sesuatu, apalagi sesuatu tersebut terbilang besar dan hal yang paling diimpikan. Saat ekspektasi akan usahamu belum menemui titik kepuasan maka, kamu akan menyadari bahwa perjuanganmu belumlah usai. Kamu menyadari juga jika hal demikian menjadi tantangan yang harus diatasi segera, hal ini karena kamu sudah mampu menyeimbangkan antara ekspektasi dan juga usaha.

Bahwasanya manusia boleh berencana tetapi belum tentu rencana tersebut dapat terwujud sesegera mungkin. Karena itu kamu tak akan berlarut-larut dalam rasa sedih, kecewa atau bersalah pada dirimu sendiri saat ekpektasi tak berjalan semestinya.

2. Hidup dalam mimpi boleh saja selama kita tak lupa bangun untuk mengejar dan mengusahakan keinginan tersebut

6 Alasan Kenapa Seimbangkan Ekspektasi & Usaha Penting Diterapkan!Pexels/RUN 4 FFWPU

Kita boleh saya berangan-angan, membayangkan keinginan yang sangat kita harapkan bisa terwujud suatu saat nanti. Namun, terlalu larut dalam dunia mimpi tanpa ada usaha lebih atau niat bekerja keras mewujudkannya maka hal demikian tetaplah menjadi sebuah mimpi belaka.

Ketika kita paham bahwasanya ekspektasi yang besar juga memerlukan usaha yang sama besarnya maka, kita akan termotivasi untuk lekas bangkit dan berjuang daripada menunggu keajaiban dan berpangku tangan.

3. Bila hanya fokus pada ekspektasi namun minim usaha maka, apa yang kita kerjakan berpotensi kurang maksimal

6 Alasan Kenapa Seimbangkan Ekspektasi & Usaha Penting Diterapkan!Pexels/Federico Nava

Seperti yang disampaikan sebelumnya, jika ekspektasi atau keinginan tidak dikerjakan atau diupayakan. Maka, hal tersebut hanya akan menjadi angan-angan semata. Berjuang adalah salah satu hal yang wajib dilakukan apabila kita ingin mewujudkan sesuatu.

Jangan ragu untuk memulai langkah yang besar dan serius saat berusaha memenuhi apa yang menjadi ekspektasimu. Kita memang tidak akan pernah tahu seratus persen hasil yang didapat apakah akan sesuai kehendak. Tetapi, berorientasi pada proses dan kerja keras adalah hal utama dan penting dibandingkan dengan hasil.

Baca Juga: 5 Alasan Perlu Hindari Ekspektasi Berlebih Ketika Baru Memulai Usaha 

4. Ketika kamu memiliki banyak daftar keinginan maka, hal tersebut memerlukan usaha yang keras dan banyak pula

6 Alasan Kenapa Seimbangkan Ekspektasi & Usaha Penting Diterapkan!Pixabay/StockSnap

Jika kamu memiliki harapan atau keinginan yang tak hanya satu atau dua hal saja maka, usahamu juga tak boleh dilakukan dengan setengah-setengah. Apalagi kamu memiliki beberapa daftar yang memiliki target atau waktu yang harus dipenuhi sesegara mungkin.

Jangan terlalu banyak berpikir atau membayangkan, mengupayakan dan terus berjuang adalah opsi terbaik untukmu lakukan. Supaya apa yang menjadi harapanmu tak sekadar menjadi daftar keinginan namun dapat terwujudkan dan terlihat hasilnya.

5. Ekpektasi dan usaha yang berjalan beriringan menandakan kamu seorang yang realistis

6 Alasan Kenapa Seimbangkan Ekspektasi & Usaha Penting Diterapkan!Pexels/Thomas Borges

Saat ingin kaya secara finansial maka kita harus bekerja dengan giat dan pandai berhemat, saat ingin pintar maka terus belajar dan membaca jadi hal terbaik. Kamu yang berpikir realistis pasti tahu apa yang harus dilakukan ketika mempunyai keinginan atau ekspektasi akan sesuatu.

Bukannya diam dan mengharapkan ada keajaiban datang, kamu memilih melakukan sebuah kerja keras untuk meraihnya. Kamu tak tinggal diam membuat ekpektasimu sekadar keinginan paling dalam namun juga membuatnya agar menjadi nyata.

6. Ketika ekpektasi serta usahamu belum sepenuhnya terwujud dan berjalan semestinya, kamu tetap berjuang serta bersyukur akan apa yang telah kamu kerjakan

6 Alasan Kenapa Seimbangkan Ekspektasi & Usaha Penting Diterapkan!Pexels/Eternal Happiness

Walau kita tahu menghadapi kenyataan kadang sangat pahit dan membuat hati kecewa. Namun, jika kamu sudah terbiasa dan memahami bila usaha memang tak selamanya berjalan mulus. Hal tersebut bukanlah menjadi masalah yang besar, alih-alih menyalahkan diri sendiri dan keadaan. Kamu memilih untuk beristirahat sejenak dan tak lupa bersyukur untuk segala hal yang sudah kamu kerjakan dan miliki.

Rasa syukur terucap karena kamu masih memiliki kekuatan serta harapan baru, bahwasanya sebuah hambatan bukanlah pertanda kita gagal atau harus berhenti. Namun, sebagai pengingat bahwa kita memiliki keterbatasan, sehingga terus berjuang dan bermimpi adalah hal yang paling terbaik bisa dilakukan.

Tak masalah ekpektasimu belum sepenuhnya terwujud, selama ada usaha yang dilakukan maka tak ada sesuatu yang sulit untuk diraih.

Baca Juga: Bikin Hidup Lebih Damai, 5 Alasan Logis Kamu Wajib Mengatur Ekspektasi

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Writing is my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya