Comscore Tracker

5 Manfaat Bersikap Konsisten dalam Memperbaiki Diri, Gak Sia-sia!

Yuk, terapkan dan rasakan manfaatnya!

Sebagai manusia, kita tentu masih terus belajar dan memperbaiki kualitas yang ada pada diri sendiri maka, kita selalu dihadapkan pada pilihan, masalah serta pembelajaran hidup. Faktor tersebutlah yang membuat kita semakin meningkatkan hal positif dan baik pada diri sendiri. Memang tidak mudah karena banyak hambatan serta godaan saat melakukannya.

Tetapi dengan seiring berjalannya waktu dan niat yang serius maka tak ada yang tidak mungkin. Termasuk dalam melakukan perbaikan diri, di mana ada lima manfaat yang kamu rasakan saat konsisten melakukannya.

1. Tidak terlalu mengalami kesulitan saat menemui masalah yang menganggu pikiran atau aktivitas

5 Manfaat Bersikap Konsisten dalam Memperbaiki Diri, Gak Sia-sia!Unsplash/Timur Romanov

Saat terbiasa melakukan sesuatu atau kegiatan yang baik maka, kebiasaan tersebut akan terbawa dalam kondisi apa pun. Termasuk ketika kamu sedang berusaha memperbaiki serta menghilangkan hal negatif dan merugikan pada diri sendiri. Seperti halnya dapat berpikir lebih jernih dan tidak mudah termakan emosi yang berlebihan.

Hal tersebut tentu saja sangat bagus, karena saat kamu mendapati sebuah masalah baru maka, dengan begitu kamu akan lebih mudah mengatasinya. Karena dirimu telah terlatih menghadapi segala situasi dengan sikap yang lebih positif dari sebelumnya.

2. Menjadi sosok yang lebih bijak karena dapat berpikir lebih tenang dan dewasa

5 Manfaat Bersikap Konsisten dalam Memperbaiki Diri, Gak Sia-sia!Pixabay/Pexels

Ketika konsisten melakukan perbaikan pada diri sendiri maka, kamu akan belajar untuk membiasakan hal positif pada dirimu aktivitas sehari-hari. Saat itulah cepat atau lambat hal buruk atau negatif dalam dirimu akan segera menghilang. Kamu telah mampu mengendalikan diri sendiri, termasuk mengatur emosi serta tindakan yang seharusnya kamu tunjukan atau sampaikan. Sehingga kamu bisa bersikap lebih bijak dan tenang daripada yang sebelumnya.

3. Mampu menahan diri dari serangan emosi negatif orang sekitar serta diri sendiri

5 Manfaat Bersikap Konsisten dalam Memperbaiki Diri, Gak Sia-sia!Pexels/@thiszun (follow me on IG, FB)

Ketika kita mencoba konsisten melakukan perbaikan pada diri sendiri maka, kita akan senantiasa berpikir positif bahkan di situasi yang tidak mendukung sekalipun. Kamu yang terbiasa menciptakan dan mempertahankan sikap dan pikiran yang baik, akan mudah menangkis segala emosi negatif yang datangnya bisa dari orang sekitar dan terutama dirimu sendiri. Sehingga kamu tidak mudah lagi terhasut atau termakan oleh emosi negatif yang jelas merugikan dirimu.

Baca Juga: Ini 5 Kualitas Diri yang Dimiliki Orang Berkepribadian Menarik

4. Biasanya banyak dipercaya atau diandalkan orang-orang sekitar

5 Manfaat Bersikap Konsisten dalam Memperbaiki Diri, Gak Sia-sia!Pexels/Ba Phi

Menjadi pribadi yang lebih baik berkat usaha, niat dan sikap konsisten dalam menerapkannya. Maka, kamu akan merasa lebih positif dari hari ke hari, bahkan orang di sekitar akan merasakannya juga. Jadi jangan heran atau terkejut bila perubahan baik yang terus kamu lakukan akan direspons oleh orang-orang terdekat. Tak sedikit pula yang memercayakan serta mengandalkanmu dalam suatu hal, karena kamu dianggap mampu dan bisa melakukannya dengan sebaik-baiknya.

5. Menjadi motivasi serta insipirasi orang terdekat untuk melakukan hal yang sama

5 Manfaat Bersikap Konsisten dalam Memperbaiki Diri, Gak Sia-sia!Pexels/Dennis Magati

Ketika kita sudah berdamai dengan diri sendiri dengan cara menciptakan hal baik serta positif dalam kehidupan sehari-hari maka, orang di sekitarmu akan merasakannya juga. Apalagi lingkungan di mana kamu sering berinteraksi mendukung akan perubahan yang kamu lakukan berkat sikap konsistenmu dalam memperbaiki diri sendiri.

Mereka yang merasakan energi positif darimu akan terinspirasi serta termotivasi untuk melakukan hal yang sama. Mereka juga akan meminta saran atau masukan darimu yang sifatnya membangun dan bermanfaat.

Jangan tunda lagi untuk melakukan perbaikan diri guna menjadi pribadi yang lebih positif dan berkualitas ya!

Baca Juga: Sering Terlupakan, 7 Faktor Utama penentu Kualitas Tidur yang Sehat

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya