Comscore Tracker

Membiasakan 5 Hal Ini Ampuh Ubah Rasa Insecure jadi Lebih Bersyukur

Belajar bersyukur bikin hidup lebih ringan

Perasaan insecure bisa timbul karena berbagai macam alasan, baik karena masalah fisik atau penampilan, perkerjaan dan gaji sampai kehidupan yang terasa biasa saja dibandingkan orang lain. Wajar saja kamu merasakan hal itu, karena sebagai manusia biasa pasti pernah namanya mengalami kesedihan dan rasa tak percaya diri yang terkadang sulit dilepaskan.

Tapi ada beberapa hal positif yang tentu harus dibiasakan agar rasa insecure bisa berganti jadi perasaan bersyukur untuk apa pun yang kita miliki dan perjuangkan. Apa saja? Yuk, cek terus pembahasannya!

1. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain

Membiasakan 5 Hal Ini Ampuh Ubah Rasa Insecure jadi Lebih Bersyukurunsplash.com/Kenan Buhic

Salah satu hal yang bikin rasa insecure semakin kuat ialah seringnya membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Entah dari segi penampilan, pekerjaan atau gaya hidupnya. Sering membandingkan dirimu dengan orang lain akan membuatmu jauh dari rasa bersyukur.

Gak bakal ada habisnya ketika kamu membanding-bandingkan apa yang kamu punya dengan yang orang lain miliki. Karena sebenarnya kamu bisa berusaha keras untuk membuat jalan hidupmu yang lebih baik lagi.

2. Jauhi lingkungan toksik, dekati mereka yang suportif dan positif

Membiasakan 5 Hal Ini Ampuh Ubah Rasa Insecure jadi Lebih Bersyukurunsplash.com/Asaf R

Kamu sudah mencoba jadi pribadi yang baik dan juga gak memusingkan apa yang kamu telah miliki, namun bertahan dalam lingkungan toksik bisa membuatmu ikut terkena pengaruh buruknya. Terlebih dalam lingkungan tersebut mereka gak segan menjatuhkan mental dan menyakiti perasaanmu.

Sehingga dekat dengan mereka yang suportif dan positif membuatmu sadar jika gak ada yang lebih baik selain belajar berdamai dan mencintai dulu dirimu sendiri.

3. Batasi dan kendalikan penggunaan media sosialmu

Membiasakan 5 Hal Ini Ampuh Ubah Rasa Insecure jadi Lebih Bersyukurunsplash.com/Alexey Elfimov

Terkadang melihat unggahan orang lain di dunia maya membuat kita mempertanyakan kemampuan atau hal apa saja yang sudah dimiliki. Terlebih kamu sering menghabiskan banyak waktu dalam menggunakan media sosial, jika gak dibatasi atau dikendalikan bukan tak mungkin rasa insecure yang kamu miliki semakin sulit dihilangkan. 

Baca Juga: 5 Cara Membuat Hidup Kamu Lebih Bahagia dari Siapa pun

4. Biasakan untuk berbagi dan menolong orang yang membutuhkan

Membiasakan 5 Hal Ini Ampuh Ubah Rasa Insecure jadi Lebih Bersyukurunsplash.com/Anna Earl

Terkadang kita terlalu asyik menengok ke atas dan lupa bagaimana cara menengok ke bawah, ternyata ada orang-orang yang hebat dan kuat yang mampu menerima dirinya sendiri dengan baik. Tetap mau berusaha untuk menjadi lebih baik dari hari kemarin, meski ada beberapa hal yang membuatnya merasa insecure.

Cobalah untuk berbagi dan menolong mereka yang tengah kesulitan dengan semampumu, maka dari sana kamu akan merasa jauh lebih bersyukur. Karena saat direnungkan ternyata kehidupanmu jauh lebih beruntung dan stabil.

Selama ini kamu terlalu keras pada diri sendiri dan terlalu menuruti apa kata orang lain. Padahal kamu harusnya melakukan apa yang membuatmu nyaman dan bahagia, terlepas bagaimanapun keadaan yang kamu miliki.

5. Jangan remehkan kelebihan dan bakat yang kamu miliki

Membiasakan 5 Hal Ini Ampuh Ubah Rasa Insecure jadi Lebih Bersyukurunsplash.com/Vidar Nordli-Mathisen

Walaupun kamu menilai bakat dan kelebihanmu gak sekeren orang lain tapi gak boleh langsung menganggapnya remeh. Karena bakat dan kelebihan yang diasah dan terus dikembangkan bisa bermanfaat untuk diri sendiri bahkan orang sekitar. Apalagi dengan bakat dan kelebihan yang kamu miliki bisa menghantarkanmu pada kesuksesan. Jadi jangan merasa insecure , karena tak semua orang beruntung mengetahui apakah bakat dan juga kelebihannya.

Yuk, biasakan untuk bersyukur dan tetap berusaha dengan baik selagi kamu bisa dan tak ingin menyerah. Insecure bukan jadi alasan kamu merasa rendah diri dan merasa gak baik daripada yang lain. Sebab tiap manusia itu unik dengan apa yang mereka miliki dan perjuangkan selama ini, jadi cobalah belajar untuk bersyukur ya!

Baca Juga: 5 Cara Menghapus Karma Buruk untuk Hidup yang Lebih Bahagia

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya