Comscore Tracker

Biar Tenang, 5 Alasan Kamu Tak Harus Selalu Menerima Curhat Orang Lain

Utamakan dulu kenyamanan dirimu sendiri ya

Banyak alasan mengapa kamu menjadi teman curhat bagi banyak orang, entah karena kamu seorang pendengar yang baik ataupun bijaksana dalam bertutur kata dan memberi masukan serta pendapat yang baik. Sehingga sering sekali kamu menerima curhat dari orang lain, tentang berbagai hal dan juga masalah.

Sebenarnya kamu bisa kok buat menolak jika ada orang lain yang ingin curhat padamu. Karena lima alasan berikut bikin kamu makin paham jika tak selalu menerima curhat dari orang lain juga penting dan membawa dampak baik untukmu.

1. Terkadang kamu memiliki suasana hati yang gak begitu baik

Biar Tenang, 5 Alasan Kamu Tak Harus Selalu Menerima Curhat Orang Lainunsplash.com/Allef Vinicius

Alasan mengapa kamu gak perlu ragu menolak saat orang lain akan curhat padamu, karena belum tentu kamu sedang dalam kondisi yang baik. Sebab, saat suasana hatimu terasa buruk dan berpotensi menyinggung perasaan orang lain lewat ucapan atau tindakanmu. Memang ada baiknya tak menerima curhat orang lain sementara waktu sampai kamu merasa baikan.

2. Jika kamu ada kesibukan dan harus segera diselesaikan, menerima curhat orang lain itu gak wajib, kok!

Biar Tenang, 5 Alasan Kamu Tak Harus Selalu Menerima Curhat Orang Lainunsplash.com/Chris Benson

Jangan selalu korbankan waktu dan kesibukanmu hanya untuk mendengar curhat orang lain. Kamu bisa menerimanya di lain waktu, apalagi kamu sedang sibuk dan ada hal yang gak bisa ditunda lama-lama.

Kamu bisa mengatakan bahwa kamu sedang ada kesibukan yang tidak bisa ditinggal dan memohon pengertian pada mereka yang ingin curhat kepadamu.

Baca Juga: Suka Curhat? Yuk Cek 5 Ciri Curhat yang Sehat Berikut!

3. Kamu pasti pernah merasa sedang lelah dan tak ingin diganggu siapapun

Biar Tenang, 5 Alasan Kamu Tak Harus Selalu Menerima Curhat Orang Lainpexels.com/Andrew Neel

Saat energimu kian menipis, alangkah baiknya dipakai untuk beristirahat saja. Sementara jauhi handphone dan fokuslah pada diri sendiri agar tenagamu kembali terisi.

Termasuk menghindari orang lain yang ingin curhat kepadamu, karena jika kamu memaksa untuk meresponsnya bukan tak mungkin dirimu akan mengalami kelelahan, tak hanya secara fisik melainkan juga hati dan pikiran.

4. Saat kamu memiliki masalah baiknya selesaikan dulu sepenuhnya

Biar Tenang, 5 Alasan Kamu Tak Harus Selalu Menerima Curhat Orang Lainpexels.com/Adril Kudri

Ketika kamu sendiri sedang banyak masalah dan juga hal yang cukup menyita waktu dan energimu. Baiknya kamu gak menerima dulu seseorang yang ingin curhat kepadamu. Karena lebih baik jika kamu menyelesaikan masalahmu sampai tuntas agar perasaanmu lebih ringan.

5. Gak semua orang yang curhat bisa menghargaimu

Biar Tenang, 5 Alasan Kamu Tak Harus Selalu Menerima Curhat Orang Lainunsplash.com/Nino Kojo

Terkadang tak semua orang bisa menghargai waktu dan tenaga yang sudah kamu luangkan untuk mendengarkan orang lain curhat. Kamu sebenarnya merasa gak nyaman, namun karena kamu gak enak hati kamu tetap mendengarkan orang lain curhat.

Meskipun gak semuanya bisa menghagai dan memahami ketidaknyamananmu, mereka terkadang mereka juga tak mengucapkan kata tolong atau terima kasih setelah kamu membantunya. Terkesan sepele, namun hal itulah yang membuatmu merasa dihargai.

Itulah lima alasan mengapa kamu tak harus selalu menerima curhat orang lain. Jangan sampai memaksakan diri padahal kamu sendiri tak nyaman melalukannya, mereka yang mengerti dan menghargaimu pasti memaklumi sikapmu, kok.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sudah Menemukan Teman Curhat yang Tepat

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya