Comscore Tracker

Tumbuhkan Respek, 5 Hal dari Orang Lain Ini Baiknya Tak Kamu Remehkan

Sudahkah kamu menerapkannya?

Menjadi seseorang atau pribadi yang positif memang tidaklah mudah sebab, dibutuhkan niat yang besar dan juga konsisten. Tetapi, tak ada salahnya bila dilakukan dari hal yang kecil yang kadang suka luput dari perhatian kita sehari-hari. Karena hal yang sering disepelekan itulah yang sebenernya wajib dipahami dan direnungkan karena banyak nilai-nilai kehidupan yang bisa diambil dari sana.

Berikut lima hal dari orang lain yang tidak mudah kamu remehkan, dengan kata lain belajar untuk menumbuhkan respek satu sama lain.

1. Pekerjaan dan pendapatannya

Tumbuhkan Respek, 5 Hal dari Orang Lain Ini Baiknya Tak Kamu RemehkanUnsplash/Studio Republic

Tak sedikit orang yang memandang suatu pekerjaan harus berdasarkan pada penilaian atau pencapaian tertentu. Tak semua orang juga beruntung mendapatkan posisi pekerjaan yang baik, masih banyak yang harus berjuang sekeras mungkin untuk mendapatkan posisi atau pekerjaan yang diimpikan.

Meremehkan seseorang karena pekerjaan atau pendapatannya bukanlah hal yang baik, karena tiap orang yang berusaha dan tak menyerah masih berpeluang untuk mendapatkan apa yang ia mau. Termasuk pekerjaan dan pendapatannya, sehingga lebih baik bersikap bijak untuk saling menghormati satu sama lain apa pun latar belakang pekerjaan atau usahanya.

2. Banyaknya teman dalam hidupnya

Tumbuhkan Respek, 5 Hal dari Orang Lain Ini Baiknya Tak Kamu RemehkanUnsplash/Priscilla Du Preez

Memang tak semua orang memiliki banyak teman di hidupnya, ada yang hanya memiliki beberapa teman yang memang sejatinya telah dianggap sahabat. Memiliki banyak teman juga membawa dampak atau manfaat tetapi, tergantung bagaimana diri sendiri memilih lingkaran pertemanan. Sebab, seseorang yang memang tak memiliki banyak teman, tak selamanya identik dengan sosok introvert. 

Tetapi, juga bisa didasari karena pengalamannya selama ini karena setelah ia menyadari, banyak teman yang memang tidak layak lagi diajak berteman karena sesuatu hal. Seperti karena bertambahnya usia sebab, biasanya berpengaruh pada makin mengecilnya lingkaran pertemanan.

3. Kondisi fisik atau kesehatannya

Tumbuhkan Respek, 5 Hal dari Orang Lain Ini Baiknya Tak Kamu RemehkanUnsplash/J'Waye Covington

Tak semua orang dianugerahi kesehatan dan kondisi fisik yang baik dan menunjang. Banyak di antara mereka yang berjuang akan hal itu dengan berbagai macam keinginan dan harapan. Daripada meremehkan atau melakukan tindakan yang menyakiti perasaan orang lain dengan berkata atau bersikap hal yang kurang berkenan, alangkah baiknya kita tetap saling menghormati dan mendukung dengan cara yang baik dan tepat. 

Baca Juga: 7 Kebiasaan Jelek Ini Bikin Orang Lain Hilang Respek Sama Kamu

4. Status hubungan asmaranya

Tumbuhkan Respek, 5 Hal dari Orang Lain Ini Baiknya Tak Kamu RemehkanUnsplash/Ernest Brillo

Beberapa orang kadang merasa khawatir apabila status jomblonya bertahan dalam waktu yang cukup lama, anggapan atau komentar dari orang sekitar akhirnya semakin banyak dan seolah meremehkan. Padahal tak semua orang yakin dan siap berkomitmen sebagai pasangan, sehingga sebelum yakin mereka tidak akan menjalin hubungan dengan lawan jenis secara serius.

Hal ini ditakutkan nantinya hubungan yang nanti berjalan tidak menjadi maksimal, jadi jangan lekas beranggapan atau meremehkan status hubungan asmara seseorang. Sebab, tak selamanya yang sendirian atau jomblo itu kesepian dan menyedihkan dan yang berpasangan senantiasa berbahagia.

5. Hobi atau minatnya

Tumbuhkan Respek, 5 Hal dari Orang Lain Ini Baiknya Tak Kamu RemehkanUnsplash/bruce mars

Kita pasti pernah menemukan atau mengenal orang yang memiliki hobi atau minat yang kurang lazim seperti orang kebanyakan. Hal ini lantas membuat kita meremehkan hal yang sedang orang tersebut geluti atau kerjakan. Hobi atau minat seseorang yang tentu saja dalam hal yang positif akan selalu membawa manfaat tersendiri, apalagi orang yang menjalankannya senantiasa senang dan tekun.

Bukan tak mungkin hobi atau minat yang ia kerjakan dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa ke depannya. Sebab, semua orang yang berproses dan terus belajar selalu selangkah lebih maju dibanding orang yang hanya mengomentari atau meremehkan tanpa berbuat sesuatu.

Yuk, tumbuhkan rasa menghormati satu sama lain terlepas dari apa pun yang orang lain kerjakan atau miliki. Sebab, sebagai manusia yang masih terus belajar dan berkembang kita tentu masih memiliki banyak kesempatan dan juga peluang untuk meraih atau mewujudkan hal yang kita inginkan.

Baca Juga: 7 Cara Menambah Respek Pasangan Supaya Lebih Menghargai Kamu

its gracie Photo Verified Writer its gracie

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya