Comscore Tracker

5 Alasan Jauh dari Orangtua Justru Malah Mendewasakan Mental

Sudah siap, guys?

Apa yang ada dibenakmu tentang dewasa? Pasti terbayang kalau semuanya menjadi serba sendiri. Maksudnya adalah seperti menentukan keputusan, mempunyai pemikiran sendiri, dan lain-lainnya. Secara harfiah, dewasa sendiri diartikan sebagai keadaan kita yang sudah matang dan tidak seperti anak-anak lagi atau remaja. Kita sudah bisa menentukan mana yang terbaik dan terburuk untuk diri kita. 

Biasanya, masa dewasa seseorang kurang lebih setelah kita lulus SMA, karena selanjutnya kita akan masuk kejenjang perkuliahan. Diwaktu seperti ini, pemikiran dewasa kita benar-benar diuji. Masih mau tetap tinggal bersama orangtua atau tidak. Dan ternyata, gak sedikit orang yang lebih memilih lepas dari orangtua. 

Nah, jika kamu memilih untuk jauh dari orangtua alias merantau saat kuliah atau kerja, itu gak terlalu buruk kok guys. Ini dia 5 alasan yang mesti kamu tau.

1. Kita bisa menjadi pribadi yang lebih mandiri dan disiplin

5 Alasan Jauh dari Orangtua Justru Malah Mendewasakan Mentalhttps://unsplash.com/@rawpixel

Lepas dari orangtua sudah pasti kita akan melakukan segalanya sendiri. Tidak ada lagi mereka yang membantu kita seperti di rumah. Nah, dikondisi seperti inilah kita dituntut untuk menjadi mandiri. Membersihkan kamar, menyiapkan makanan dan pakaian, dan mengurus keadaan sendiri.

Selain mandiri, kita juga bisa menjadi lebih disiplin, terutama disiplin waktu. Kita harus terbiasa bangun tidur sendiri tanpa diketuk-ketuk lagi pintu kamar kita. Gak mau telat pergi kuliah atau kerja, kan?

2. Lebih mengenal diri sendiri saat jauh dari orangtua

5 Alasan Jauh dari Orangtua Justru Malah Mendewasakan Mentalhttps://unsplash.com/@belart84

Bukan berarti selalu bersama orangtua adalah hal yang buruk, tetapi kadang kita tidak tau sampai mana potensi yang kita miliki. Alasannya, karena kita selalu mengikuti perintah seperti apa yang mereka inginkan yang kelak bisa berguna di masa depan kita nanti. Padahal, belum tentu apa yang mereka inginkan itu sejalan dengan apa yang kita inginkan.

Beda ceritanya jika kita mulai memutuskan untuk jauh dari mereka. Kita bisa menjadi lebih tau tentang diri kita sendiri bagaimana, baik emosi maupun potensi. Tinggal kita bagaimana menunjukan kepada mereka yang terbaik tanpa melukai hati mereka, jika tidak sesuai dengan ekpektasi mereka. 

3. Tidak lagi terjebak di zona nyaman

5 Alasan Jauh dari Orangtua Justru Malah Mendewasakan Mentalhttps://unsplash.com/@elidefaria

Seperti halnya mengenal diri sendiri, secara tidak langsung kita juga keluar dari zona nyaman saat jauh dari orangtua. Dulu, kita merasa terlena dengan keadaan di rumah yang setiap apa yang kita mau selalu ada, aman dan tidak perlu mengeluarkan effort lebih. Tetapi, mau sampai kapan kita merasakan rasa nyaman dengan hal seperti itu? Nah, disaat seperti inilah keluar dari zona nyaman itu perlu agar kita bisa lebih tumbuh dan merasakan suasana kehidupan yang sebenarnya.

Baca Juga: Sayangnya Kebangetan, Ini 5 Zodiak yang Sulit Jauh dari Orangtua

4. Tidak ada lagi yang membatasi dan lebih memiliki waktu yang banyak

5 Alasan Jauh dari Orangtua Justru Malah Mendewasakan Mentalhttps://unsplash.com/@wildlittlethingsphoto

Setiap orangtua mempunyai cara untuk menjaga anaknya, terutama masalah waktu. Terkadang, kita selalu dibatasi waktu untuk pergi hang out atau hanya sekedar jalan-jalan biasa. Kita merasa tidak bebas, karena belum puas nongkrong dan ngobrol bersama teman.

Tetapi, segala sesuatu akan berubah saat kita memilih untuk tidak tinggal bersama orangtua lagi. Justru, kita lebih bebas dan memiliki banyak waktu, karena tidak ada lagi yang menunggu kita pulang. Meskipun begitu, kita harus tetap jaga kepercayaan mereka dengan tidak pergi terlalu larut, jika tidak ada suatu hal yang penting. 

5. Menjadi lebih bertanggung jawab dengan apa yang kita lakukan

5 Alasan Jauh dari Orangtua Justru Malah Mendewasakan Mentalhttps://unsplash.com/@belart84

Bagi orangtua, melepaskan anaknya pergi merantau dan tidak lagi tinggal bersamanya adalah keputusan yang berat. Mereka perlu memikirkan dan mempertimbangkan lagi dengan keputusan yang kita pilih. Tentu, mereka merasa masih belum yakin jika kita bisa melakukannya ini sendiri tanpa mereka. Tetapi, bagaimanapun juga orangtua harus percaya kalau kita bisa lakukan ini semua.

Dengan kondisi seperti ini, kita secara tidak langsung terpecut agar bisa menjadi pribadi yang bertanggung jawab, karena tidak mau mengecewakan mereka. Tidak hanya kepercayaan orangtua, tetapi tugas dan keuangan juga kita harus benar-benar bertanggung jawab. 

Nah, itulah 5 alasan yang harus kamu ketahui kalau jauh dari orangtua itu tidak seburuk apa yang kita pikirkan. Jadi, bagaimana guys, udah siap untuk lepas dari orangtua?

Baca Juga: Bagaimana Jadinya Jika Kita Sulit Ekspresikan Rasa Sayang ke Orangtua?

Gwenda Hasnaa Sarri Photo Community Writer Gwenda Hasnaa Sarri

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You