Comscore Tracker

3 Teladan Jonatan Christie yang Bisa Kamu Contoh

#GoodLife Jojo emang panutannya mimin~

Kontingen bulu tangkis Indonesia berhasil menyumbangkan dua medali emas di Asian Games 2018. Satu di antaranya didapat melalui perjuangan hebat Jonatan Christie di nomor tunggal putra. Pebulu tangkis berparas tampan ini meraih medali emas setelah mengalahkan pebulutangkis Taiwan, Chou Tien Chen, di final.

Nah, selain berprestasi di lapangan bulu tangkis dan juga tampan, pebulu tangkis kelahiran Jakarta ini ternyata memiliki good attitude yang bisa kamu contoh. Ada beberapa perilaku baik Jojo--Jonatan Christie yang bisa kamu teladani.

1. Mau bekerja keras untuk sukses

3 Teladan Jonatan Christie yang Bisa Kamu Contohinstagram.com/jonatanchristieofficial

Kesuksesan Jonatan Christie di bulu tangkis tidak hanya didapat karena bermodal tampang. Permainannya di lapangan juga keren. Nah, penampilan apik itu tidak diperoleh lewat mengucap mantra sim salabim. Sebaliknya, Jonatan mau bekerja keras.

Di sebuah postingan di akun Instagram @jonatanchristieofficial, Jojo menulis kalimat begini:

Hari ini tanggal merah? haha gak ada tanggal merah buat gw. Terus berlatih, berjuang dan berkeringat.

Kalimat itu menjadi penegas dia mau berlatih keras.

Bahkan Jojo menambah porsi latihan fisik jelang tampil di Asian Games. "Salah satunya meningkatkan durasi latihan main di lapangan. Ada juga lari, gym dan berenang. Tapi nggak sekaligus berbarengan, tiap minggu ada jadwalnya. Semuanya ini ditambah waktu mau ke Asian Games," ujar Jojo dikutip dari Badmintonindonesia.org.
 

2. Mental tangguh, tidak baperan dengan kritikan

3 Teladan Jonatan Christie yang Bisa Kamu Contohinstagram.com/jonatanchristieofficial

Bagi Jojo, sukses tidak datang dengan sendirinya. Tidak hanya harus berlatih keras, dia juga menyiapkan dirinya untuk kuat secara mental. Utamanya dalam menghadapi kritikan pedas penggemar bulu tangkis di media sosial.

Sebelum berhasil meraih medali emas Asian Games, Jojo merupakan pebulu tangkis Indonesia yang menjadi sasaran "bully-an" warganet. Penyebabnya, dia sering tampil melempem ketika tampil di turnamen BWF World Tour.

Hebatnya, Jojo tidak baperan. Malah dia menjadikan kritikan itu untuk menyemangati dirinya. Bahkan dia punya folder khusus di handphone yang dinamai "Penyemangat". Tujuannya, agar dirinya ingat kalau lagi di atas jangan sampai lupa diri, kalau lagi di bawah dan dikomentari negatif bisa termotivasi.

"Sudah saya kumpulkan sejak tahun 2015, semua lengkap sampai ada tanggal postingnya. Suatu hari nanti kalau pensiun akan saya bingkai dan pajang di rumah. Mungkin suatu hari nanti akan saya lihatkan kepada anak saya, bahwa kata-kata yang menyakitkan bisa membuat kita jadi orang yang lebih kuat dari sebelumnya," ucap Jojo.

3. Jiwa sosial tinggi, peduli pada korban gempa Lombok

3 Teladan Jonatan Christie yang Bisa Kamu Contohinstagram.com/jonatanchristieofficial

Sukses menjadi atlet di usia yang masih muda, tidak membuat Jonatan Christie lupa diri. Justru kesuksesan yang diraihnya dipakai untuk membantu sesama. Jojo memiliki kepedulian yang tinggi. Faktanya, dia ikut membantu masyarakat di Lombok yang menjadi korban gempa melalui sebagian bonus juara yang diterima dari pemerintah.

Di akun Instagramnya, Jojo bahkan sebelum bertanding di Asian Games 2018, bernazar bahwa jika menang ingin mendonasikan sebagian bonus yang didapatnya dari pemerintah untuk membantu korban gempa Lombok.

"Saya sangat sedih melihat ratusan ribu saudara sebangsa di Lombok terpaksa harus tinggal di pengungsian karena rumah tempat tinggal mereka sudah rata dengan tanah. Oleh karena itu, saya juga ingin mengajak teman-teman untuk ikut patungan membangun 50 Shelter/ hunian sementara yang lebih layak bagi pengungsi korban gempa Lombok," tulis Jojo.

Keren Jojo!

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya