Comscore Tracker

6 Afirmasi Positif yang Bisa Dilakukan Saat Merasa Cemas

Setiap orang pasti pernah mengalaminya

Perasaan anxious alias cemas memang seringkali membuat kita rapuh dan seperti powerless. Namun terus-menerus merasakan perasaan negatif tersebut tentu akan membuat jalan kita melambat atau bahkan terhambat.

Sebagai pribadi yang ingin terus maju tentu hambatan bukan hal yang mustahil yang akan kita temui namun berhenti adalah hal yang pantang untuk kita pilih. Daripada berhenti, lebih baik kita coba kembali dan kita mulai dengan melakukan sugesti positif ke diri sendiri atau afirmasi.

Berikut 6 afirmasi positif yang bisa kita praktikkan untuk menghalau setiap kecemasan yang datang dalam setiap keadaan.

1. "Aku dalam kontrol diriku sendiri"

6 Afirmasi Positif yang Bisa Dilakukan Saat Merasa CemasPixabay/Pexels

Ucapkanlah kalimat tersebut agar kita merasa semangat karena merasa memiliki tanggung jawab terhadap keputusan saat ini dan masa depan kita saat nanti. Dengan mengucapkan kalimat tersebut maka kita akan dengan tidak mudah untuk menyalahkan apa yang terjadi pada kita saat ini.

2. "Apa yang aku cemaskan bukanlah definisi diriku sesungguhnya"

6 Afirmasi Positif yang Bisa Dilakukan Saat Merasa CemasPixabay/Pexels

Jika saat ini kita merasa cemas akan menghadapi ujian atau wawancara kerja karena kita merasa bukanlah seseorang yang berpengetahuan luas dan merasa tidak mampu. Maka, ucapkanlah kata tersebut karena apa yang kita cemaskan biasanya cenderung bukanlah hal yang akan terjadi. Lakukanlah afirmasi positif tersebut dibarengi dengan usaha memperluas pengetahuan.

Baca Juga: 5 Cara Melawan Anxiety Supaya Lebih Lancar Bersosialiasi

3. "Perasaan saya mengizinkan saya di sini"

6 Afirmasi Positif yang Bisa Dilakukan Saat Merasa CemasUnsplash.com/Matthew Henry

Afirmasi ini bisa kita gunakan saat diberi tugas yang rasanya kita tidak mungkin mampu menyelesaikan. Mengucapkan afirmasi tersebut secara berulang-ulang, menarik napas dan kemudian mengambil tindakan kecil untuk memulai cari tahu bagaimana cara menyelesaikan tugas yang menurut kita sulit tersebut.

Yakin bahwa apa pun yang terjadi dan diembankan terhadap kita itu karena kita pantas, tangguh, dan mampu untuk menyelesaikannya.

4. "Aku cukup"

6 Afirmasi Positif yang Bisa Dilakukan Saat Merasa CemasPixabay/leninscape

Memiliki perasaan down saat tengah menghadapi masalah memang hal yang wajar namun terus-menerus terlarut dalam masalah itu justru akan menghambat. Untuk itu, kita perlu melakukan afirmasi agar kita bisa merasa tetap dalam vibrasi yang positif.

Mengucapkan afirmasi tersebut sambil mengingat-ingat apa yang kita miliki akan membuat keadaan perasaan kita menjadi lebih baik yang ujungnya akan membuat lebih mudah mengambil keputusan yang tepat.

5. "Aku lebih kuat dari apa yang aku pikirkan"

6 Afirmasi Positif yang Bisa Dilakukan Saat Merasa CemasPixabay/EliasSch

Kapan pun afirmasi ini dapat kita gunakan saat kita tengah menghadapi hal yang sulit atau membuat kita kurang percaya diri dengan kekuatan dan kemampuan kita. Dengan mengucapkan dan mencoba meyakininya maka kita seolah akan diberi kekuatan dari dalam diri kita sendiri sehingga kita jadi jauh lebih kuat.

6. "Aku sebelumnya berhasil dan kali ini aku pun akan berhasil"

6 Afirmasi Positif yang Bisa Dilakukan Saat Merasa CemasUnsplash.com/Paulette wooten

Berbagai jalan sudah kita coba dan gagal. Gagal berkali-kali tentu bukan hal yang mudah. Kita pasti akan merasa rapuh namun menyerah dan pasrah bukanlah jawaban. Kita mungkin hanya perlu mencoba sekali lagi untuk berhasil.

Namun, energi rasanya sudah habis. Untuk itu, agar energi kita recharge kembali maka afirmasi ini bisa kita lakukan agar kita bisa menyelesaikan apa yang telah kita mulai hingga garis akhir.

Melakukan afirmasi kepada diri sendiri bukan berarti kita meniadakan keberadaan Tuhan dan hanya mengandalkan diri sendiri. Namun, afirmasi sebagai cara kita untuk berbicara kepada diri sendiri agar kita mempunyai kekuatan yang lebih dari dalam diri kita sendiri.

Cobain yuk, semoga berguna, ya!

Baca Juga: 7 Tanda Bahwa Kamu Sebenarnya Mengidap Gangguan Kecemasan

Hairiah Hairiah Photo Writer Hairiah Hairiah

Setengah terbang, setengah membumi, menulis untuk menyampaikan isi hati, apakah seekor merpati?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya