Comscore Tracker

6 Alasan 'Gak Bermutu' yang Bikin Orang Tak Kunjung Memulai Langkah

Just do it! No excuses

Untuk memulai langkah pertama memang sulit, untuk itulah banyak orang yang merasa ketakukan dan mulai deh memiliki banyak excuse yang membuatnya tak kunjung melangkah.

Tidak heran mengapa jika ada quotes yang menyebut bahwa segala sesuatu itu seperti tidak mungkin sampai sesuatu itu benar-benar terjadi. Untuk terjadi, tentu langkah awal harus dimulai. Ini enam excuse yang biasa membuat seseorang tak kunjung melangkah.

1. Keterbatasan waktu

6 Alasan 'Gak Bermutu' yang Bikin Orang Tak Kunjung Memulai LangkahPixabay/pixel2013

Begitu banyak orang yang biasanya selalu beranggapan kalau dia tidak bisa mencapai apa yang orang lain lakukan dengan alasan keterbatasan waktu. Tapi mengapa orang lain bisa? Bukankah waktunya sama juga 24 jam.

2. Minim peluang

6 Alasan 'Gak Bermutu' yang Bikin Orang Tak Kunjung Memulai LangkahPixabay/Elisa Riva

Alasan tidak memiliki peluang yang besar untuk mencapai sesuatu memang merupakan alasan yang sering dilontarkan oleh pecundang. Jika ingin memiliki mental sebagai seorang pemenang tentu alasan tidak adanya peluang harus kita buang jauh-jauh karena biasanya selalu ada peluang dan kesempatan namun kapasitas kita saja yang terlalu kecil sehingga peluang tersebut seperti bukan untuk kita.

3. Kecil kemampuan

6 Alasan 'Gak Bermutu' yang Bikin Orang Tak Kunjung Memulai LangkahPixabay/Alexas_Fotos

Jika sering ngerasa selalu tidak pas untuk setiap kesempatan yang datang, coba deh kita cek lagi, apa karena kemampuan kita yang kecil sehingga selalu membuat kita ragu untuk memulai dan cenderung merasa tidak pantas.

Tetapi, untuk menjadi berkualitas dan pantas kita harus memperbesar kemampuan kita, salah satunya ya mulailah belajar dan ambil setiap peluang yang datang sekecil apapun. Meskipun masih ngerasa kurang berkualitas, tapi bukankah seorang profesional juga dulunya kemampuannya kecil dan dimulai dari menjadi seorang amatir.

Baca Juga: 6 Indikasi Nyata Kamu Sudah Mulai Berubah dan Tak Selalu Buruk

4. Merasa bukan jalannya

6 Alasan 'Gak Bermutu' yang Bikin Orang Tak Kunjung Memulai LangkahPixabay/EliasSch

Kalau memang apa yang kita impikan itu belum berhasil dan seringkali kita gagal dan hampir menyerah namun bukan berarti itu bukan jalan kita. Siapa tahu, kita hanya perlu coba sekali lagi untuk mencapai titik impian yang kita cita-citakan.

Jadi, alasan ngerasa bukan jalannya lalu kenapa kita memimpikan itu sebelumnya?

5. Melihat kondisi sekarang

6 Alasan 'Gak Bermutu' yang Bikin Orang Tak Kunjung Memulai LangkahPixabay/Free-Photos

Saat berada di zona yang kita impikan atau saat berkumpul dengan orang-orang yang telah berhasil mencapai apa yang kita inginkan seringkali perasaan minder dan meragukan diri sendiri begitu saja muncul kedalam diri kita.

Kita jadi merasa kecil jika melihat kondisi kita sekarang. Namun, dengan hanya berdiam diri dalam tempurung, berkurung dan menutup diri akhirnya pun akan membuat kita malahan hanya begitu-begitu saja tidak berkembang.

Awalnya memang sulit dan minder, namun yakinlah bahwa suatu saat kita pun akan ada di posisi seperti yang kita impikan tersebut.

6. Terlalu perfeksionis

6 Alasan 'Gak Bermutu' yang Bikin Orang Tak Kunjung Memulai LangkahPixabay/kaboompics

Melakukan pekerjaan secara baik dan detail memang sangat baik namun jika hal itu membuat kita terlalu perfeksionis dan akhirnya tidak kunjung memulai maka hal itu akan menghambat kemajuan kita. Tidak ada sesuatu yang sempurna dan dimulai dengan sempurna. Semuanya pasti dimulai dari hal yang kecil dan tidak sempurna. Seiring waktu berjalanlah yang membuatnya menjadi tertempa dan sempurna.

Daripada terus-menerus memikirkan untuk memulai dan cenderung takut duluan. Yuk guys, kita mulai aja dulu apa yang ingin kita lakukan, seiring jalan baru sedikit demi sedikit kita lakukan perbaikan.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Mengapa Orang Baik Bisa Berubah Jadi Orang Jahat

Hairiah Hairiah Photo Writer Hairiah Hairiah

Setengah terbang, setengah membumi, menulis untuk menyampaikan isi hati, apakah seekor merpati?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya