Comscore Tracker

15 Kutipan Jack Ma yang Dijamin 'Nampol' Abis!

#GoodLife Masih mau jadi pribadi yang gini-gini aja?

Apa yang kamu pikirkan saat mendengar nama Jack Ma? Ya, seorang berkebangsaan China yang sukses besar dalam bisnis e-commerce nya dan menyandang gelar sebagai orang terkaya di China, sebagai salah satu orang terkaya didunia, sebagai salah satu pemimpin terbaik dunia dan banyak gelar-gelar lainnya. 

Lebih sering dikenal sebagai tokoh bisnis terkemuka, Jack Ma juga ulung dengan perannya sebagai motivator. Banyak kutipan-kutipannya yang sangat dalam merasuk di kalbu dan cukup membuat semua merasa ‘tertampar keras’ setelah mengetahui petuah-petuah hebatnya. Berikut ini adalah beberapa kutipan Jack Ma yang sangat membekas dan cukup buat kita berpikir keras merenungi nasib.

1. Jika kamu tak mau berusaha, bagaimana kamu bisa tahu jika disitu ada peluang?

15 Kutipan Jack Ma yang Dijamin 'Nampol' Abis!Pexels/João Jesus

Kalau ada kemauan di situ ada jalan. Orang yang tak berusaha, mana bisa melihat peluang

2. Jika kita adalah tim yang baik dan tahu apa yang akan dilakukan, maka satu orang saja dari kita bisa mengalahkan sepuluh kompetitor kita

15 Kutipan Jack Ma yang Dijamin 'Nampol' Abis!Unsplash/Dylan Gillis

Kuasai potensi dan utamakan kualitas diri. Buat apa banyak kuantitas tapi nihil kualitas. Quality over quantity

3. Sepintar apapun Anda, jika tak tahu bagaimana caranya bekerja dengan orang lain, mimpi itu akan tetap menjadi mimpi

15 Kutipan Jack Ma yang Dijamin 'Nampol' Abis!Unsplash/Andreas Wagner

Manusia adalah makhluk sosial dan saling membutuhkan satu sama lain. Perlu adanya peran orang lain untuk membantu mewujudkan mimpimu. Bekerjasama lah dengan orang lain untuk membantu mewujudkan mimpi. Apa gunanya mimpi jika tak ada realisasi.

4. Kamu wajib belajar dari kompetitormu, tapi jangan pernah menjiplak. Jika kamu menjiplak, kamu akan 'mati'

15 Kutipan Jack Ma yang Dijamin 'Nampol' Abis!solusisehatku.com

Cukup pelajari caranya, olah dan kembangkan secara kreatif, jangan pernah menduplikat ‘produk’ yang sudah ada. Menjiplak tanda tak kreatif.

5. Hari ini kejam, esok semakin kejam, tapi lusa akan menjadi indah. Tapi sayang, kebanyakan orang menyerah saat esok petang, sehingga tak mendapat kesempatan untuk melihat matahari terbit saat lusa

15 Kutipan Jack Ma yang Dijamin 'Nampol' Abis!Pexels/Startup Stock Photos

Banyak dari kita mengalami serangkaian kegagalan dalam hidup, seakan rasanya kegagalan itu tak berujung dan kita tak kunjung bertemu dengan kesuksesan, lalu dengan mudahnya mereka berhenti ditengah jalan. Jika ingin menyerah, cobalah ingat kembali seberapa besar perjuanganmu saat memulai usahamu, seberapa jauh langkah yang telah kau tempuh, dan berpikirlah bahwa selangkah lagi kesuksesan akan menanti untuk diraih.

Jangan nyerah gitu aja dong, nanggung kan kalo setengah-setengah? Tanggungjawablah terhadap komitmen awal.

6. Jika kamu ingin mengubah dunia, maka ubahlah dulu dirimu sendiri

15 Kutipan Jack Ma yang Dijamin 'Nampol' Abis!Unsplash/Noah Buscher

Jangan hanya menuntut perubahan jika diri pribadi belum tergerak untuk berubah

7. Orang miskin gagal karena seluruh hidupnya hanya untuk 'menunggu'

15 Kutipan Jack Ma yang Dijamin 'Nampol' Abis!ambau.id

Menunggu adalah menanti sesuatu yang belum terjamin kepastiannya. Mulailah bergerak, jadilah penggerak.

Baca Juga: Di Kala Sedih, 7 Quotes Tokoh Inspiratif Ini Bisa Menyemangatimu Lagi

8. Secerdas apapun kamu, pasti akan tetap melakukan kesalahan dan tak bisa menghindarinya, maka belajarlah untuk menghadapinya

15 Kutipan Jack Ma yang Dijamin 'Nampol' Abis!indonesiaone.org

Hidupmu tak berjalan mulus? Sama, semua orang juga begitu. Saat mengalami kesalahan, jangan menghindar, sebuah kesalahan butuh perbaikan, sebuah masalah butuh diselesaikan. Tak ada jalan lain selain menghadapinya. Belajarlah menghadapi masalah.

9. Dunia berubah setiap hari dan tak akan mau menunggu Anda

15 Kutipan Jack Ma yang Dijamin 'Nampol' Abis!Pexels/Bruce Mars

Dunia tak pernah berhenti ber-rotasi, ide dan inovasi juga tak pernah berhenti ingin direalisasi. Jika hidupmu gitu-gitu aja, maka akan datang masanya kamu bukan lagi apa-apa dan bukan lagi siapa-siapa dimata siapa saja.

10. Tidak masalah saya jika gagal, setidaknya saya mewariskan konsepnya ke orang lain. Bahkan jika saya gagal, seseorang akan sukses

15 Kutipan Jack Ma yang Dijamin 'Nampol' Abis!Pexels/rawpixel

Sebaik-baiknya orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Seperti layaknya seorang guru, yang akan lebih senang jika muridnya lebih ‘sukses’ daripadanya. Percayalah, jika kita terlibat dalam proses kesuksesan orang lain, rasanya akan sangat menyenangkan.

11. Jangan pernah berkompetisi pada harga, tapi bersainglah untuk pelayanan dan inovasi

15 Kutipan Jack Ma yang Dijamin 'Nampol' Abis!digitama.co.id

Jika kamu seorang pengusaha, jangan coba memukau konsumen dengan harga super miring tapi kualitas minim. Optimalkan pada sebuah inovasi demi mengembangkan kualitas produk, karena kualitas produk yang baik akan dapat menarik konsumen dengan sendirinya. Sebagai konsumen, sudah tentu akan berprioritas pada produk dengan kualitas terbaik bukan? Konsumen yang bijak tidak akan mudah silau dengan harga murah kualitas rendah.

12. Kedermawanan menjadikan kita lebih baik, jika semua orang mau berpartisipasi, kita dapat membuat dunia menjadi lebih baik

15 Kutipan Jack Ma yang Dijamin 'Nampol' Abis!metrotvnews.com

Menjadi dermawan adalah cara efektif bagi Jack Ma untuk menghabiskan kekayaannya. Memberi adalah hal sederhana namun sarat manfaat. Bayangkan saja jika seluruh manusia di dunia ini memiliki sifat dermawan, tak akan ada lagi orang miskin, tak akan ada kriminalitas seperti pencurian. Namun kata 'mencuri' disini beda persepsi untuk masalah konglomerat yang ngiler uang rakyat.

13. Tidak seorang pun yang sempurna, jadilah realistis

15 Kutipan Jack Ma yang Dijamin 'Nampol' Abis!waggaslifefm.com

Kesempurnaan hanyalah milik Tuhan Yang Maha Esa. Manusia tak ada yang sempurna, dan tak dapat menciptakan karya yang sempurna. Cukuplah dengan mengerahkan usaha terbaikmu, dan tak perlu menuntut karya yang sempurna, percuma.

14. Aku berkata pada anakku: “Kamu tak perlu masuk peringkat 3 teratas di kelas, memperoleh posisi tengah itu sudah cukup baik asalkan peringkatmu tak terlalu buruk. Hanya orang yang menduduki posisi tengahlah yang akan memiliki cukup waktu luang untuk belajar hal lain”

15 Kutipan Jack Ma yang Dijamin 'Nampol' Abis!Pexels/Startup Stock Photos

Bukan berarti kita harus me-nomorsekian-kan prioritas akademik. Tetap jalankan peran baik sebagai seorang pelajar, namun jangan sampai kewajiban akademikmu menghalangimu untuk berkembang. Kita juga butuh nilai yang baik, tapi kita juga butuh skill lain untuk bisa survive mengarungi hidup. Seseorang punya kapasitas dan potensi masing-masing, tetap manfaatkan sebaik mungkin.

15. Seberapapun sulitnya hidup, kamu harus tetap memelihara mimpi, hal itu akan membuatmu termotivasi dan menjagamu dari pikiran yang lemah

15 Kutipan Jack Ma yang Dijamin 'Nampol' Abis!thegood.co

Orang tanpa mimpi dan harapan itu layaknya orang mati. Jangan takut punya mimpi tinggi, biarkan saja orang lain tertawa dengan mimpimu, tapi imbangi juga mimpimu dengan usaha ekstra. Jika mimpimu luar biasa, maka usahanya juga harus luar biasa.

Gimana? Nge-jleb gak?

Baca Juga: 7 Quotes Selena Gomez yang Bikin Kamu Lebih Termotivasi Jalani Hidup!

Hanny Ammaria Photo Writer Hanny Ammaria

hannyamma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya