Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Genap Berusia 17 Tahun!

Paling simple ya yang nomor 3!

Berusia 17 tahun atau yang sering dikatakan sweet seventeen merupakan momen yang dinanti-nanti oleh para remaja. Momen di mana terdapat titik balik dan banyak perubahan yang terjadi di dalam hidup.

Usia transformasi dari remaja menjadi dewasa. Tapi tahukah kamu? Berusia 17 tahun tidak semata-mata membuat pesta ulang tahun saja, lho. Ada 5 hal penting yang harus kamu lakukan saat sudah berusia 17 tahun. Apa saja? Yuk simak artikel berikut!

1. Buat KTP alias Kartu Tanda Penduduk

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Genap Berusia 17 Tahun!(Ilustrasi eKTP) ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Wah ini sih sudah pasti wajib kamu lakukan ya, guys. Kepemilikan KTP ini diwajibkan oleh aturan hukum yang berlaku di Indonesia dan baru bisa dibuat ketika sudah berusia 17 tahun. KTP alias Kartu Tanda Penduduk sendiri merupakan kartu tanda pengenal yang merupakan persyaratan utama dalam mengurus banyak hal.

KTP bahkan bisa digunakan sebagai kartu pemilih saat Pemilu, lho! Jadi jika kamu sudah berusia 17 tahun, segera urus KTP-mu ya!

2. Yuk segera buat SIM!

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Genap Berusia 17 Tahun!IDN Times/Ilustrasi SIM (Axel Jo Harianja)

Sudah punya kendaraan sendiri? Sudah jago menggunakannya? Jika iya, maka kamu perlu mengurus SIM segera. Syarat utama dalam mengurus SIM adalah memiliki KTP alias sudah berusia 17 tahun.

Gak cuma untuk menghindari tilang, surat mengemudi ini sangat penting untuk membuktikan bahwa kamu sudah layak mengoperasikan kendaraan dan memahami tata aturan lalu lintas.

3. Buka rekening tabungan untuk rencana masa depan!

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Genap Berusia 17 Tahun!instagram.com/haznadeva

Usia 17 tahun juga di percaya sebagai usia transformasi dari remaja beranjak dewasa. Sudah seharusnya kamu memiliki rencana jangka panjang yang memerlukan tabungan sebagai pendukungnya.

“Aduh capek banget udah ngurus sim, ktp, susah izin di jam sekolah.” Wah gak perlu khawatir, kamu gak perlu izin ke sekolah atau jauh-jauh pergi ke bank. Kamu bisa buka tabungan di BCA Mobile. Buka tabungan #Dibikinsimpel aja lewat smartphone.

“Aduh walaupun gak ke bank, kalau jam sekolah tetap aja malas. Pulang sekolah udah kecapekan!” Lagi-lagi kamu gak perlu khawatir, karena Buka Tabungan di BCA mobile bisa di mana saja dan tanggal merah sekali pun! Jadi kamu tetap bisa buka tabungan waktu lagi bersantai di hari libur. Keren banget gak tuh?

Nah biar kamu gak bingung, berikut cara simpel untuk Buka Tabungan di BCA mobile.

  1. Kamu tinggal unduh BCA mobile dan pilih fitur Buka Rekening Baru.
  2. Tinggal pilih jenis tabungan yang kamu butuhkan.
  3. Lengkapi dokumen yang diperlukan dengan klik simbol kamera.
  4. Lakukan pengisian data diri
  5. Pilih fasilitas produk
  6. Verifikasi data melalui video call
  7. Aktivasi mobile banking dengan membuat PIN baru.

Voila! Kamu sudah memiliki rekening baru tanpa perlu repot-repot ke bank. Kamu bisa melakukan setoran awal melalui transfer dari BCA dan bank lain atau setor tunai tanpa kartu di ATM terdekat.

Udah gak usah pikir panjang, yuk #JoinGenerasiSimpel #JoinGenerasiSimpelIDN.

4. Menyusun rencana pendidikan selanjutnya

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Genap Berusia 17 Tahun!nypost.com

Di usia 17 tahun, biasanya siswa sedang duduk dipengujung SMA alias mau lulus. Selepas dari SMA, mau lanjut pendidikan ke Universitas mana nih? Jurusan apa yang menjadi incaranmu? Bagaimana proses seleksinya dan apa saja yang harus kamu persiapkan?

Wah, ada banyak sekali pertanyaan yang harus kamu jawab dengan rajin mencari informasi mengenai kampus tujuanmu. Oleh karena itu kamu harus mulai menyusun rencana pendidikanmu untuk ke depan sejak sekarang ya!

5. Solo traveling

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Genap Berusia 17 Tahun!byrslf.co

Traveling merupakan salah satu hal penting yang bisa merilekskan pikiran dan tentunya menambah pengalaman. Berusia 17 tahun sering kali dianggap sebagai titik perubahan dalam hidup. Kamu bisa mencari pengalaman baru dengan melakukan solo travelling.

Gak melulu soal jalan-jalan ke tempat wisata, kamu juga bisa menjadi volunteer sambil traveling. Hal ini tentunya akan membuat kamu lebih belajar banyak hal saat traveling. Eits, tapi sebelum itu, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan lho.

Kamu perlu mencari tahu destinasi mana yang ingin kamu kunjungi, apa kegiatan positif yang bisa kamu lakukan di sana. Seberapa aman wilayah tersebut? Berapa budget yang perlu dipersiapkan? Serta berbagai informasi pendukung lainnya untuk menyukseskan solo travelingmu.

Semakin bertambahnya usia seseorang maka semakin bertambah pula tanggung jawab orang tersebut. Gak heran ada beberapa hal yang harus kamu lakukan saat sudah genap berusia 17 tahun. Hayo sudah lakukan nomor berapa saja nih?

Baca Juga: Heboh! Begini Keseruan Millennial Saat Buka Tabungan Tanpa ke Bank

Hazna Deva Photo Verified Writer Hazna Deva

Menulislah ketika kamu tak mampu menyuarakan isi fikiranmu. haznadeva.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya