Comscore Tracker

#GreenBeauty 10 Ide Brilian Daur Ulang Sampah Wadah Produk Kecantikan 

Peduli lingkungan dengan cara kreatif

Para beauty junkie di mana pun berada setidaknya memiliki satu kesamaan, yakni punya banyak sampah wadah produk kecantikan. Jika kamu seorang penggila makeup dan skincare, maka mudah saja mengumpulkan pot bedak tabur, cushion, hingga botol toner dan pelembap dalam waktu sekejap.

Dibuang sayang, kamu bisa mengubah botol atau wadah kosong bekas skincare dan kosmetik menjadi barang baru untuk kembali digunakan sehari-hari. Sekali dayung dua pulau terlampaui, daur ulang sampah ini dapat meneruskan kebermanfaatan barang sekaligus menghemat pengeluaran.

Sejalan dengan nilai yang diusung #GarnierxIDNTimes, yuk daur ulang sampah wadah produk kecantikan supaya dapat mengurangi kerusakan lingkungan hidup yang hari-hari ini kian memprihatinkan. Hal ini bisa menjadi #OneGreenStep, langkah kecil agar bumi tetap lestari dan nyaman huni. Gak perlu bingung, kamu bisa mulai dengan cara-cara kreatif berikut ini.

1. Pakai botol parfum untuk vas bunga

#GreenBeauty 10 Ide Brilian Daur Ulang Sampah Wadah Produk Kecantikan Vas bunga dari botol parfum (instagram.com/cooden_renovation_)

Orang-orang cenderung suka mengumpulkan botol parfum kosong karena kemasannya terlalu indah dan mewah untuk dibuang. Daripada sekadar disimpan, ubah fungsi botol parfum tersebut menjadi menjadi vas bunga. Dengan cara ini, nilai gunanya bisa meningkat jadi dekorasi rumah yang elegan.

2. Ubah wadah skincare jadi pot tanaman

#GreenBeauty 10 Ide Brilian Daur Ulang Sampah Wadah Produk Kecantikan Pot tanaman dari sampah wadah skincare (instagram.com/rubylou71)

Berkebun di rumah menjadi pilihan banyak orang untuk mengisi waktu selama pandemi. Kegiatan ini nyata membawa ketenangan jiwa di masa yang serba tak pasti seperti sekarang. Selain itu, rumah juga terlihat lebih hidup dan segar. Hobi ini bisa didukung dengan berbagai pot atau stoples kecil bekas skincare. Misalnya, wadah gel liner atau cream mask, bisa digunakan sebagai pot tanaman kecil seperti succulent, viola, hingga forget-me-not.

3. Gunakan jar skincare untuk menyimpan pernak-pernik kecil

#GreenBeauty 10 Ide Brilian Daur Ulang Sampah Wadah Produk Kecantikan Ide storage jar dari sampah wadah skincare (Pexels.com/Jess Bailey Designs)

Jar skincare dan kosmetik yang kosong juga bisa dialihfungsikan jadi tempat barang pernak-pernik kecil. Meletakkan peniti, bros, jepit rambut, hingga paper clip ke dalam wadah ini akan membuat meja lebih rapi. Selain itu, barang-barang kecil yang rawan terselip juga akan lebih mudah dicari saat dibutuhkan.

4. Simpan jarum pentul dalam lip balm tube 

#GreenBeauty 10 Ide Brilian Daur Ulang Sampah Wadah Produk Kecantikan Ide pin case dari lipstick tube (instagram.com/pins.in.tins)

Kalau lip balm atau lipstik sudah habis, jangan buru-buru dibuang. Tube produk kecantikan ini bisa dimanfaatkan kembali untuk menyimpan jarum pentul dan jarum lain yang serupa.

5. Ubah botol skincare ukuran besar jadi tempat kuas makeup

#GreenBeauty 10 Ide Brilian Daur Ulang Sampah Wadah Produk Kecantikan Makeup brush (Pexels.com/Dids)

Produk hair care dan body care biasanya dikemas dalam ukuran besar. Jika produknya tersedia dalam bentuk refill, botol ini bisa digunakan untuk wadah isi ulang. Namun, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk tempat kuas makeup, kuas lukis, pensil alis, atau peralatan tulis menulis yang ada di rumah. Cukup potong tutup botolnya lalu hias badan botol jika mau.

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Tips untuk Mendorong Kebiasaan Daur Ulang Sampah

6. Gunakan wadah skincare dan kosmetik ukuran besar untuk tempat alat jahit

#GreenBeauty 10 Ide Brilian Daur Ulang Sampah Wadah Produk Kecantikan Peralatan menjahit dan merajut (Pexels.com/Teona Swift)

Pot body butter dan lulur ukuran besar akan jadi tempat yang pas untuk meletakkan peralatan menjahit. Mulai dari jarum, benang, gunting kecil, hingga kancing baju, benda-benda esensial untuk proyek DIY ini akan lebih tertata rapi dalam satu wadah.

7. Jadikan wadah skincare travel size

#GreenBeauty 10 Ide Brilian Daur Ulang Sampah Wadah Produk Kecantikan Pot cream (Pexels.com/Vie Studio)

Alih-alih beli produk baru ukuran travel size buat dibawa bepergian ke luar kota, kamu bisa berhemat dengan memanfaatkan wadah kosmetik dan skincare yang sudah kosong. Pilih wadah ukuran kecil lalu isi dengan produk perawatan yang ingin kamu bawa. Pot kecil bedak tabur dapat menampung tiga ons pelembap, lho.

8. Manfaatkan cushion untuk tempat aksesori dan perhiasan

#GreenBeauty 10 Ide Brilian Daur Ulang Sampah Wadah Produk Kecantikan Jewelry case (Pexels.com/Wendy Wei)

Cushion atau compact powder yang kosong bisa dimanfaatkan kembali untuk tempat penyimpanan aksesori seperti karet rambut, gelang, cincin, anting-anting, serta perhiasan lainnya. Ukurannya kecil, wadah ini tak akan makan tempat di dalam tas kesayanganmu.

9. Pakai untuk wadah produk perawatan buatan sendiri

#GreenBeauty 10 Ide Brilian Daur Ulang Sampah Wadah Produk Kecantikan Makeup (Unsplash.com/Annie Spratt)

Apakah kamu suka membuat DIY masker? Face wash? Face oil? Toner cuka apel? Atau homemade skincare yang lain? Jika iya, pendam dulu keinginan buat beli wadah baru nan mewah yang bisa menguras kantong. Sebaliknya, pertimbangkan untuk menggunakan wadah skincare dan kosmetik yang sudah kosong sebagai tempat produk perawatan buatanmu sendiri.

10. Serahkan ke tempat pengolahan sampah

#GreenBeauty 10 Ide Brilian Daur Ulang Sampah Wadah Produk Kecantikan Garnier x eRecycle (instagram.com/garnierindonesia)

Kalau kamu tidak punya waktu atau berat membuat ragam kreasi yang telah disebutkan di atas, coba serahkan sampah-sampah tersebut ke ahlinya. Pilah sampah skincare dan kosmetik yang ada di rumah, lalu bawa ke tempat pengolahan sampah terdekat supaya didaur ulang oleh pekerja profesional di bidang ini.

Kabar baiknya, Garnier Green Beauty dan eRecycle terus berkomitmen untuk mendukung gerakan daur ulang sampah seperti ini. Buat kamu yang tinggal di wilayah Jadetabek, aplikasi eRecycle menawarkan penjemputan sampah untuk kemudian didaur ulang. Menariknya, kamu akan memperoleh poin dari pengumpulan sampah tersebut dan bisa menukarnya dengan uang tunai atau donasi. Nah, untuk tahu lebih banyak tentang #GarnierGreenBeauty kamu bisa kunjungi https://www.garnier.co.id/green-beauty.

Mata telanjang manusia mungkin memang tidak melihat langsung dampak buruk dari sampah botol plastik skincare dan kosmetik, namun limbah ini bisa membahayakan ikan, kura-kura, burung laut, dan spesies lain jika dibuang sembarangan. Pada akhirnya, manusia pula yang akan terkena dampaknya di kemudian hari. Karena itu, yuk lebih bijak lagi dalam mengolah sampah sehari-hari, termasuk sampah wadah skincare dan kosmetik.

Baca Juga: #GreenBeauty Zero Waste Beauty: Cara Bijak Gunakan Skincare Tiap Hari

Henny Alifah Photo Verified Writer Henny Alifah

anak kucing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya