Comscore Tracker

Disayangkan, 5 Tanda Kamu Individualis dan Merasa Bisa Hidup Sendiri!

Perlahan, kamu akan menyesal saat kehilangan orang terdekat

Pada dasarnya setiap manusia tidak dapat hidup sendiri, namun masih ada yang memberanikan diri menjadi individualis yang identik dengan egois. Mereka merasa sudah dapat memenuhi kehidupannya sendiri dengan materi yang dimiliki. Sangat disayangkan, berikut lima tanda jika kamu individualis dan merasa bisa hidup sendiri.  

1. Fokus pada kehidupan pribadi

Disayangkan, 5 Tanda Kamu Individualis dan Merasa Bisa Hidup Sendiri!Unsplash/darius bashar

Memang fokus terhadap kehidupan pribadi menjadi kunci agar tidak mudah membandingkan diri dengan orang lain. Namun bukan berarti, kamu menjadi enggan untuk peduli dengan sekitar. Misalnya kamu hanya peduli dengan permasalahanmu dan menghiraukan anggota kelurga yang sedang butuh bantuan menghadapi masalahnya. Hal inilah yang akan mengikis rasa empatimu.

2. Membatasi diri untuk terlibat dalam sosial

Disayangkan, 5 Tanda Kamu Individualis dan Merasa Bisa Hidup Sendiri!Unsplash/Vladimir Kudinov

Kamu merasa nyaman dengan kehidupan individualis dimana pekerjaan maupun penghasilan yang cukup untuk mewujudkan kehidupan yang kamu inginkan. Tanpa sadar, kamu menjadi membatasi diri untuk terlibat dalam hubungan sosial, seperti menjalin silaturahmi dengan tetangga maupun turut ikut serta dalam kegiatan masyarakat. 

3. Merasa bisa lakukan semuanya sendiri

Disayangkan, 5 Tanda Kamu Individualis dan Merasa Bisa Hidup Sendiri!Pexels/Ahmed Satti

Kamu yang merasa bisa melakukan semuanya sendiri, pada kenyataannya kurang memiliki life skill yang mumpuni. Hidup individualis tentu akan minim kemampuan dalam bersosial seperti bahu membahu menghadapi tantangan. Kamu akan kerepotan dan lelah sendiri ketika ada hal yang tidak kamu bisa namun kamu paksakan, padahal bisa meminta bantuan orang lain. 

Baca Juga: 5 Zodiak yang Terkenal Individualis, Meski Sudah Memiliki Pasangan 

4. Tidak suka berbagi kebahagiaan

Disayangkan, 5 Tanda Kamu Individualis dan Merasa Bisa Hidup Sendiri!Unsplash/Freestocks

Karena terlalu fokus pada kebahagiaan sendiri, jadi tidak terlintas untuk berbagi dengan orang lain. Bagimu, kebahagiaan adalah tugas masing-masing individu, sehingga tidak perlu untuk repot membantu orang lain. Jadi kebahagiaanmu ya seputar kamu dapat memenuhi kebutuhanmu. Padahal jika berbagi akan membuat kebahagiaanmu semakin bertambah.

5. Sulit menerima kritik dan menghargai orang lain

Disayangkan, 5 Tanda Kamu Individualis dan Merasa Bisa Hidup Sendiri!Pexels/Tirachard Kumtanom

Orang yang individualis merasa sudah benar atas prinsip yang diyakininya. Kamu akan enggan untuk menerima kritik yang ditujukan padamu dan menganggapnya sebagai angin lalu. Hal ini membuatmu menjadi kurang menghargai orang lain karena terbiasa merasa bisa hidup sendiri dan tidak open minded

Hidup individualis tidaklah disarankan, lebih baik jika kamu hidup mandiri dimana masih ada empati. Semua orang tidak dapat hidup sendiri, semuanya berdampingan dan saling bahu membahu dengan orang lain. 

Baca Juga: Gak Selalu Buruk, Ini 7 Hal Baik yang Dimiliki Seorang Individualis

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya