Comscore Tracker

5 Alasan Anak Muda Perlu Melawan Keraguan agar Dapat Berkembang 

Kalau belum mencoba, siapa yang tahu kita bisa atau enggak 

Masa muda merupakan masa yang tepat untuk mencari beragam pengalaman hidup. Selain sebagai bekal di masa mendatang, masa muda yang digunakan dengan positif dan semaksimal mungkin dapat membuatnya semakin berkembang menjadi pribadi yang berkualitas.

Namun semua itu tidak selalu berjalan mulus. Terkadang keraguan menghampiri dan menahan anak muda untuk meneruskan langkahnya. Perlu dilakukan agar dapat berkembang, inilah lima alasan untuk melawan keraguan di hidupmu. 

1. Menghabiskan jatah gagal selagi muda perlu dilakukan

5 Alasan Anak Muda Perlu Melawan Keraguan agar Dapat Berkembang pexels/ninauhlikova

Terkadang masa muda menentukan betapa berkualitasnya diri sendiri. Bagaimana dia menghadapi kegagalan yang menimpanya bertubi-tubi. Hanya ada dua pilihan ketika berada di situasi ini. 

Pertama, memilih bangkit untuk melakukan yang terbaik  dan mencoba beragam cara untuk mewujudkan tujuannya. Atau pilihan yang kedua yakni menyerah dengan keadaan dan menjadi pribadi yang mudah putus asa. 

Padahal jika mindset diubah bahwa kegagalan di masa muda adalah proses yang menakjubkan, nantinya ia akan menjadi pribadi yang tangguh menghadapi kegagalan. Namun apabila tidak mampu bangkit menghadapinya, dia juga akan mudah putus asa akan masalah di kemudian hari. 

2. Punya energi lebih untuk bangkit di kala terjatuh, jadi buat apa ragu?

5 Alasan Anak Muda Perlu Melawan Keraguan agar Dapat Berkembang pexels/bongkarnthanyakij

Masa muda tak perlu ragu untuk melakukan berbagai hal yang ingin dicoba. Entah itu bisnis, mengasah kemampuan bahasa baru, menambah skill, menekuni hobi, lakukanlah sebaik mungkin. Meskipun di balik proses mencapainya penuh tantangan, setidaknya ketika masa muda, energi untuk bangkit di kala terjatuh masih memiliki energi yang besar. 

Baca Juga: Pelajaran Hidup dari Didi Kempot yang Bisa Jadi Panutan Anak Muda

3. Kamu perlu untuk berani mengambil risiko demi menantang keraguan

5 Alasan Anak Muda Perlu Melawan Keraguan agar Dapat Berkembang instagram/maudyayunda

Saat masa muda pasti sebagian besar pernah mengalami quarter life crisis. Masa yang cukup menyulitkan terkadang membuat yang mengalaminya merasakan jalan buntu dan tanpa arah harus ke mana langkah menuju.

Kini saatnya menanyakan terhadap diri sendiri apa yang menjadi keinginannya. Semangat membara untuk berani mengambil risiko apa yang akan dipilihnya membuatnya merasa bergairah untuk menjalani hidup kembali. 

4. Menantang keterbatasan diri menjadi suatu kemungkinan 

5 Alasan Anak Muda Perlu Melawan Keraguan agar Dapat Berkembang unplash/allefvinicius

Setiap orang memiliki kelemahannya masing-masing. Namun ada kelemahan yang bisa dinetralisir maupun ditutup dengan kemampuan lainnya. Hal ini tentunya membuat seseorang mampu menantang keterbatasannya untuk melakukan hal yang mustahil menjadi suatu kemungkinan baginya. Jadi hilangkan keraguan untuk menunjukkan kemampuanmu, ya!

5. Keraguan harus dilawan karena hanya jadi penghambat rasa keingintahuan 

5 Alasan Anak Muda Perlu Melawan Keraguan agar Dapat Berkembang Pexels/AndreaPiacquadio

Keraguan hanyalah penghalang kita untuk melangkah dan menghambat untuk memenuhi rasa keingintahuan. Kita harus meyakinkan diri bahwa semua akan baik-baik saja di samping merasakan keresahan diri. Keraguan harus dilawan agar bisa kita kendalikan sehingga rasa penasaran melakukan beragam hal dapat sirna. 

Kamu anak muda kan? Ayo lawan keraguan yang menghampirimu! 

Baca Juga: 5 Alasan Tak Masalah Jika Kamu Menangis Saat Dihadapkan Kegagalan

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya